Belajar Berorganisasi dengan Memulai dari Mengenal Pengertian P O A C

Pengertian P O A C kaitannya dalam sebuah organisasi sangat penting untuk diketahui. Bukan hanya diketahui saja, tetapi juga dipahami dan dipraktikkan dalam kerja organisasi yang bersangkutan. Setiap individu dalam organisasi tersebut akan melakukan tugas, pokok, dan fungsi seperti apa yang telah digariskan. Sebuah organisasi dapat dioptimalkan kinerjanya jika semua anggota di dalamnya dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Inilah yang harus dipahami oleh mereka yang berorganisasi.

Pengertian P O A C,s p o k,arti s o p,poac dalam kewirausahaan,poac menurut george r terry,poac menurut para ahli,poac dan contohnya,poac dalam manajemen pendidikan,fungsi motivating,pengertian,
Baca juga : Pengertian Zoon Politicon
Ternyata, bukan hanya organisasi dalam arti sosial saja yang dapat mengaplikasikan P O A C. Organisasi dalam arti bisnis atau usaha untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya juga dapat mempraktikkan P O A C. Hal itu dikarenakan P O A C memang cangkupannya luas bukan hanya untuk satu individu saja. Namun, semua orang yang masuk dalam organisasi yang bersangkutan dapat mempelajari sekaligus mempraktikkan P O A C. Tujuan utamanya adalah mereka bisa bekerja lebih efektif dengan hasil maksimal.

P O A C merupakan singkatan dari empat kata, yaitu planning, organizing, actuating dan controlling. Setiap kata tentu memiliki arti dan makna yang berbeda. Namun kesamaannya, keempat kata itu akan membuat Anda sekalian lebih baik. Dalam arti, setiap aktivitas kerja yang dilakukan berdampak positif pada dirinya sendiri dan semua orang di sekitarnya atau organisasi di mana dia bernaung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempelajari P O A C terlebih dulu secara mendetail.

Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari pengertian P O A C lebih dulu. Anda bisa mempelajari kata per kata dari P O A C seperti yang diuraikan sebagai berikut.

1. Planning
Planning atau diartikan perencanaan merupakan sebuah tahapan proses yang perlu dilakukan oleh Anda yang berorganisasi. Ada beberapa kegiatan dalam tahap planning, misalnya, mencatat semua kebutuhan yang diperlukan dalam sebuah tugas organisasi. Selain itu, semua dampak dalam aktivitas kerja juga bisa diprediksi, sehingga kelebihan dan kekurangannya dapat diketahui.

2. Organizing
Organizing dapat diartikan sebagai cara mengorganisasi sebuah aktivitas kerja dalam sebuah organisasi. Cara mengorganisasinya juga banyak untuk diaplikasikan. Dengan begitu, setiap individu di sebuah organisasi dapat memilih cara yang cocok dan sesuai untuk dipraktikkan. Misalnya, mengorganisasi dalam sebuah teamwork yang disesuaikan dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan tiap individu.

3. Actuating
Actuating diartikan sebagai langkah konkret atau nyata dalam sebuah praktik di organisasi. Tentu saja, langkah yang dilakukan sesuai dengan perencanaan dan mengorganisasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Selanjutnya, tinggal diaplikasikan dalam sebuah langkah nyata untuk membuat organisasi yang lebih baik.

4. Controlling
Controlling atau pengawasan menjadi sebuah tahap penting dalam sebuah organisasi. Pasalnya, setiap organisasi harus memiliki daya kontrol yang tepat sasaran. Dalam arti, di dalam organisasi tersebut terdapat sistem pengawasan secara terpadu yang mengawasi semua kinerja di dalam organisasi. Dengan begitu, kinerja yang masih salah akan diperbaiki, sementara yang sudah baik akan selalu dipertahankan.

Demikianlah pengertian P O A C yang bisa kami rangkumkan untuk pembaca. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.
Labels: arti s o p, fungsi motivating, pengertian, Pengertian P O A C, poac dalam kewirausahaan, poac dalam manajemen pendidikan, poac dan contohnya, poac menurut george r terry, poac menurut para ahli, s p o k

Thanks for reading Belajar Berorganisasi dengan Memulai dari Mengenal Pengertian P O A C. Please share...!