Kamis, 24 Agustus 2017

Pengertian Yaumul Mizan Pada Hari Kiamat

Pengertian Yaumul Mizan - Tahukah Anda pengertian Yaumul Mizan pada hari kiamat? Hari akhir atau sering disebut dengan hari kiamat mempunyai beberapa tahapan yang akan dilakukan manusia setelah manusia meninggal. Nama-nama hari akhir salah satunya ada Yaumul Mizan atau dinamakan juga dengan hari penimbangan amal setiap manusia. Peristiwa hari kiamat ini akan terjadi setelah malaikat Israfil meniup sangkakala yang pertama atas perintah dan kekuasaan Allah S.W.T. Setelah itu, seluruh makhluk hidup yang hidup di dunia akan mati dan dibangkitkan kembali serta dikumpulkan pada suatu tempat sangat luas untuk dihisab amalannya yang dilakukan di dunia. 

Amal setiap manusia akan dihitung dan akan diberi balasan yang setimpal dan mendapatkan sebuah kenikmatan di surga atau siksaan di neraka. Yaumul Mizan adalah hari penimbangan amal manusia yang dulunya tinggal di bumi. Pada Yaumul Mizan, bagi manusia yang mempunyai amal kebaikan yang banyak dari amal buruknya, maka manusia tersebut akan menerima catatan amal dengan tangan kanan. Golongan yang menerima catatan amal dengan tangan kanan maka akan mendapatkan kebahagiaan karena di tempatkan di surga. 

Namun sebaliknya, bagi manusia yang mempunyai amal kejahatan yang berat maka akan menerima amalannya dengan menggunakan tangan kiri dan golongan inilah yang akan mendapat siksa di neraka. Secara etimologi Mizan mempunyai arti alat atau neraca yang digunakan untuk mengukur segala sesuatu berdasarkan ringan dan berat. Sedangkan secara istilah terminologi, Mizan merupakan sesuatu yang Allah S.W.T letakkan di hari kiamat yang digunakan untuk menimbang amalan hamba-Nya ketika dia masih berada di dunia. 

Pengertian Yaumul Mizan adalah hari dimana diadakannya timbangan amal perbuatan manusia yang telah dilakukan oleh manusia selama manusia hidup di dunia. Pada hari tersebut tidak ada satu amal manusia yang akan terlewatkan, semuanya akan diberikan balasan yang setimpal sesuai apa yang telah dikerjakannya selama masih hidup.

Pada Yaumul Mizan nantinya tidak akan ada kecurangan sebagaimana peradilan yang banyak kita temui di dalam kehidupan di dunia. Di dunia orang yang pandai di dalam memutar balikkan fakta dan membuat perkara peradilan bisa memenangkan pihak kuat dan menindas kaum yang lemah. Kecurangan yang telah banyak dilakukan oleh manusia ketika di dunia, akan menjadi binasa ketika sudah ditegakkannya Al Mizan di akhirat nantinya. Hal ini karena kita ketahui bahwa hanya keadilan Allah adalah keadilan yang tidak dapat ditawar lagi sebagaimana sistem peradilan yang ada di dunia ini.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa pengertian Yaumul Mizan hari di mana amal manusia yang telah mereka perbuat di dunia akan di timbang dan Allah akan memberikan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya. Jika baik amalannya, maka manusia akan mendapatkan surga namun jika buruk maka neraka tempatnya.
Pengertian Yaumul Mizan Pada Hari Kiamat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp