Pengertian Zaman Logam Yang Merupakan Bagian Dari Sejarah

Pengertian zaman logam, sebagian dari Anda mungkin pernah mengenal mengenai istilah yang satu ini bukan. Tahukah Anda bahwa zaman logam merupakan salah satu bagian dari sejarah manusia di muka bumi ini termasuk di Indonesia. Jika berbicara mengenai sejarah, pastilah akan ada banyak sekali peristiwa yang mengingatkan kita mengenai hal yang sudah lampau terjadi di masa lalu. Namun dengan begitu, Anda akan bisa mengambil ilmu pengetahuan yang sebelumnya belum pernah diketahui. Begitu juga dengan zaman logam ini, Anda akan bisa mengetahui bagaimana kehidupan pada masa zaman logam tersebut dan juga hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan zaman logam.

Tahukah Anda bahwa dengan mempelajari pengertian zaman logam ini juga berarti Anda sedikit membahas mengenai ekonomi di zaman lampau tersebut. Memang benar sekali proses dagang dan juga bisnis yang dilakukan oleh masa tersebut jelas jauh berbeda dengan masa yang ada pada saat ini. Pada masa tersebut, masyarakat menggunakan logam dan juga besi yang mereka miliki untuk berdagang. Atau bisa dikatakan menggunakan logam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika saat ini menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sama halnya dengan logam pada masa tersebut yang berlaku sebagai uang.

Pengertian zaman logam ini pun di bagi menjadi 3 masa yang berbeda secara berurutan, yakni zaman tembaga, zaman perunggu dan zaman besi. Sehingga nilai yang dimiliki logam pada tiap-tiap zaman tersebut jelas berbeda-beda. Meski begitu pada ketiga zaman tersebut sama-sama menggunakan logam sebagai alat untuk perantara mereka berdagang. Pada zaman tembaga tentulah manusia belum menemukan bagaimana caranya membuat perunggu, begitu pula dengan zaman perunggu mereka belum mengetahui cara membuat besi. Seiring dengan berjalannya waktu semakin tahu alat yang digunakan untuk membuat logam yang bernilai lebih.

Peralihan dari masing-masing zaman ini ternyata berbeda-beda dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena ilmu pengetahuan dan juga alat yang tersedia untuk mereka membuat logam yang lebih kuat dari zaman tembaga tersebut jelas berbeda-beda. Inilah yang membuat keanekaragaman zaman logam tersebut di Indonesia. Meski begitu zaman logam pada masa tersebut sangat mempengaruhi sejarah keberadaan perekonomian di Indonesia ini. Pengertian zaman logam sudah bisa Anda ketahui kesimpulannya sendiri bukan, meski pun tidak secara gamblang diutarakan. 

Dapat disimpulkan bahwa pengertian zaman logam merupakan zaman di mana manusia pada saat itu menggunakan logam sebagai pengganti mata uang seperti halnya pada masa ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Selain itu, zaman logam pun di bagi menjadi 3 masa, yaitu masa zaman tembaga, masa zaman perunggu dan masa zaman besi. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan masa yang sangat mempengaruhi ilmu pengetahuan manusia pada zaman tersebut. Juga dengan ketersediaan alat yang semakin membuat manusia bisa membentuk logam dengan nilai jual yang semakin tinggi dan besi adalah logam tertinggi pada saat tersebut.
Labels: ciri ciri zaman logam, pembagian zaman logam, pengertian, pengertian zaman, Pengertian Zaman Logam, peninggalan zaman logam, sejarah zaman logam, zaman batu, zaman perunggu, zaman tembaga

Thanks for reading Pengertian Zaman Logam Yang Merupakan Bagian Dari Sejarah. Please share...!