Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif Untuk Anda Ketahui

Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif Untuk Anda Ketahui
Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif Untuk Anda Ketahui
Pengertian zona ekonomi eksklusif, sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal dengan istilah yang satu ini. Namun memang, tidak banyak orang yang kemudian memahami dan mengetahui istilah yang cukup asing di telinga ini. Bagi Anda yang sering kali terjun di dunia perekonomian mungkin sudah tidak asing lagi, namun bagi Anda yang masih belum memahaminya. Anda bisa menyimak pembahasan kita kali ini. Sebab kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan zona ekonomi eksklusif atau yang biasa juga di sebut dengan ZEE. Ketika membahas mengenai zona ekonomi eksklusif ini tidak hanya sebatas membahas mengenai ekonomi saja, melainkan juga membahas mengenai negara. 

Pengertian,landas kontinen,arti zona ekonomi,makalah zona ekonomi,zona bersebelahan,pengertian laut bebas,zona ekonomi eksklusif,hukum laut internasional,manfaat zona ekonomi,
Baca juga : Pengertian Jari-jari Atom Berdasarkan Jenis Pengukurnya
Mengapa seperti itu? Hal tersebut disebabkan karena zona ekonomi eksklusif sangat erat sekali kaitannya dengan suatu negara tertentu, misalkan saja Indonesia. Anda pun sudah mengetahui bahwa setiap negara yang ada di dunia ini memiliki hak dan kebebasannya sendiri selagi negara tersebut telah dinyatakan merdeka yang artinya bisa membangun kebijakannya sendiri tanpa diperintah oleh negara atau kelompok tertentu. Begitu pula yang terjadi dan yang berkaitan dengan pengertian zona ekonomi eksklusif ini. Di dalamnya terdapat hal-hal yang berkaitan dengan suatu negara dan juga kebijakan dan juga kebebasan yang berlaku di dalamnya. 

Pengertian zona ekonomi eksklusif sendiri merupakan sebuah zona yang mana 200 mil dari garis pantai suatu negara. Yang mana zona tersebut adalah hak milik dari suatu negara tersebut yang bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada di dalamnya apabila dalam keadaan yang mendesak. Selain itu, di dalam zona tersebut terdapat kebebasan kebijakan hukum suatu negara yang ada di dalamnya dan juga kebebasan lainnya yang sudah di sepakati oleh negara tersebut. Awal mula adanya ZEE ini didasari oleh adanya kebutuhan yang sangat mendesak, sehingga muncullah kebijakan mengenai hal ini. 

Seperti yang telah diketahui bahwa dengan adanya zona ekonomi eksklusif ini, segala yang berkaitan dengan jalur ini akan menjadi hal yang harus di dasari dengan badan hukum atau legal. Sehingga apabila ada suatu kegiatan yang melintasi wilayah ZEE ini tanpa ada izin yang resmi atau ilegal maka akan dikenakan sebagai suatu pelanggaran yang melibatkan negara yang berada di dalam wilayah zona ekonomi eksklusif tersebut. Pengertian zona ekonomi eksklusif kemudian menjadi hal yang sangat di kedepankan ketika berbicara mengenai hukum laut suatu negara. Sebab seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa zona ini berkaitan dengan 200 mil dari garis pantai suatu negara.

Itulah pengertian zona ekonomi eksklusif yang sekiranya bisa Anda ketahui secara singkat. Hal ini sangat berkaitan dengan kebijakan ekonomi dan juga sumber daya yang ada di dalam cakupan 200 mil dari garis pantai suatu negara tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah izin legal yang berdasarkan hukum laut untuk mengawasi lajurnya zona ekonomi eksklusif suatu negara tersebut.
Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif Untuk Anda Ketahui Rating: 4.5 Posted by: Novri Hp