Pengertian 3R dan Bagaimana Mengaplikasikannya

Pengertian 3R dan Bagaimana Mengaplikasikannya
Pengertian 3R dan Bagaimana Mengaplikasikannya
Pengertian 3R adalah reuse, reduce and recycle. Tiga kata tersebut merujuk pada penggunaan barang-barang dan sampah. Reuse berarti kita disarankan memilih barang-barang untuk sehari-hari yang tidak hanya digunakan sekali pakai, jadi ketika barang tersebut sudah selesai digunakan bisa digunakan untuk hal lainnya, atau bermanfaat untuk hal lainnya. Kemudian reduce berarti menghindari sampah. Setelah kita menggunakan suatu barang, maka barang tersebut tidak langsung menjadi sampah, atau dalam artian, meskipun menjadi sampah tapi hanya sebagian atau sedikit saja.
Kemudian recycle adalah mengolah kembali atau mendaur ulang. Barang-barang yang sudah kita pakai akan lebih baik di daur ulang sehingga tidak memperbanyak sampah di kehidupan. Dengan begini, berarti sebelum memutuskan membeli barang tertentu harus dipikirkan apakah barang tersebut setelah habis masa pakainya nanti dapat didaur ulang. Untuk itu, Anda harus selektif dalam memilih barang untuk keperluan sehari-hari. Jika tidak demikian, maka akan semakin banyak sampah yang ada di dunia ini yang disebabkan karena perilaku kita dalam memperlakukan sampah itu sendiri, karena toh pada dasarnya tidak semua sampah merugikan, sampah bisa bermanfaat jika kita cerdas.
Pemahaman Dari Pengertian 3R

Nah, setelah memahami pengertian 3R secara singkat yaitu reuse, reduce, dan recycle, akan diuraikan mengenai ketiga kata tersebut sehingga lebih memudahkan Anda dalam penerapannya sehari-hari.

• Reuse
Jika membeli produk kemasan, maka setelah habis masa pakainya jangan terburu-buru dibuang dulu, misalnya membeli minuman berbotol, maka botolnya bisa digunakan kembali untuk tempat sabun cuci tangan, tempat minyak goreng, atau lainnya. Jika membeli sirup dengan botol kaca maka botolnya bisa digunakan kembali untuk tempat minum di kulkas. Jika memungkinkan, dalam berkirim surat hendaknya menggunakan e-mail. Kemudian lebih memilih menggunakan kain lap dibandingkan dengan tissue, karena kain lap bisa dicuci dan digunakan kembali, sedangkan tissue dibuang dan menjadi sampah.

• Reduce
Menggunakan prinsip yang kedua yaitu reduce memungkinkan kita untuk memilih produk yang dapat meminimalisir adanya sampah, dicirikan dengan lebih memilih produk yang bisa diisi ulang dibandingkan langsung dibuang setelah habis masa pakai. Memilih produk yang bisa dijadikan daur ulang juga salah satunya yaitu mengurangi penggunakan barang yang hanya sekali pakai. 

• Recycle
Seperti judulnya yaitu recycle yang berarti mendaur ulang. Jadi disini masyarakat diharapkan dapat mendaur ulang tentang barang bekas yang ada disekitarnya. Sampah kertas bisa didaur ulang menjadi kertas kembali atau karton. Sampah-sampah organic bisa dijadikan pupuk organic, begitu pula sampah-sampah botol plastik bisa dibuat menjadi hiasan dan sebagainya.

Pada dasarnya, setiap orang bisa melakukan 3R, siapa saja, dan dimana saja. Ini hanya soal kemauan, waktu dan kepedulian. Berarti setiap orang hanya diminta menyisihkan waktu dan peduli akan barang-barang bekas dan sampah sehingga sampah bisa diolah sedemikian rupa agar bermanfaat kembali. Semoga pengertian 3R dan penjelasannya bisa Anda pahami.
Pengertian 3R dan Bagaimana Mengaplikasikannya Rating: 4.5 Posted by: Novri Hp