Pengertian O P E C, Tujuan dan Keanggotaannya

Pengertian O P E C, Tujuan dan Keanggotaannya
Pengertian O P E C, Tujuan dan Keanggotaannya
Pengertian O P E C yaitu organisasi atau perkumpulan dari negara-negara yang menjadi pengekspor minyak bumi di dunia. Organisasi ini berdiri dengan tujuan untuk menstabilkan harga minyak dunia demi kepentingan para anggotanya. O P E C bertugas untuk menegosiasikan masalah-masalah seperti tingkat produksi, harga, juga hak konsesi minyak dengan para pengusaha minyak dunia yang rata-rata memiliki perusahaan minyak raksasa. Beberapa di antaranya seringkali memainkan harga dan jumlah minyak yang beredar di pasar internasional. 
O P E C berdiri pada tanggal 14 September 1960 di Kota Bagdad, Irak sebagai hasil dari Konferensi Baghdad yang dihadiri lima negara penghasil minyak dunia yang selanjutnya menjadi anggota pertama. Pertama kali organisasi ini hanya beranggotakan lima negara pengekspor minyak mentah yang menghadiri konferensi Baghdad, yaitu Irak, Iran, Arab Saudi, Kuwait dan Venezuela. Markas besar O P E C semula berada di Jenewa (1961-1965), namun kemudian disepakati untuk dipindahkan ke Wina dengan berbagai pertimbangan. 

Saat ini, keanggotaan O P E C sudah berkembang cukup besar dengan masuknya beberapa negara penghasil dan pengekspor minyak mentah dari berbagai belahan bumi. Beberapa di antaranya, yaitu Qatar, Libya, Indonesia, Uni Emirat Arab, Aljazair, Nigeria dan juga Equador. Semua negara tersebut statusnya adalah anggota penuh O P E C. Pada tahun 1973, Gabon ikut bergabung dengan organisasi tersebut dengan berstatus menjadi associate member dari O P E C.

Untuk bergabung menjadi anggota O P E C, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah negara. Berikut beberapa persyaratan untuk menjadi anggota O P E C:
1. Negara tersebut adalah penghasil dan pengekspor minyak bumi.
2. Memahami tujuan O P E C sesuai dengan pengertian O P E C dan memiliki kepentingan yang sama dengan para anggota O P E C yang sudah bergabung sebelumnya.
3. Harus disetujui oleh mayoritas negara-negara anggota O P E C.
Tujuan utama O P E C yaitu mempertahankan harga minyak dari permainan perusahaan-perusahaan besar, seperti penurunan harga minyak yang dilakukan secara sepihak oleh beberapa perusahaan minyak besar dunia yang sering disebut sebagai The Seven Mayor, diantaranya perusahaan Exxon, Social, Texaco, Gulf, Shell dan British Petroleum. Perusahaan-perusahaan ini berasal dari negara-negara maju, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Jepang dan Jerman Barat. O P E C secara kolektif berusaha menentukan kebijakan dari harga dan juga jumlah produksi dari minyak bumi di pasar internasional.

Dalam perdagangan minyak internasional, O P E C saat ini menguasai hampir 55% minyak bumi. Oleh karena itu, O P E C secara nyata berhasil memegang peranan cukup penting dalam berbagai permasalahan minyak internasional, terutama pada hal krusial seperti kebijakan menaikkan atau menurunkan tingkat produksi minyak dan harga minyak dunia. Dengan share cukup tinggi tersebut, O P E C berhasil mencegah permainan para pemain besar. Demikianlah ulasan mengenai pengertian O P E C, beserta tujuan dan keanggotaanya. Semoga uraian di atas bisa membantu Anda memahami tujuan mulia berdirinya O P E C. Semoga bermanfaat.
Pengertian O P E C, Tujuan dan Keanggotaannya Rating: 4.5 Posted by: Novri Hp