Pengertian Variabel Bebas, Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian

Pengertian Variabel Bebas, Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian
Pengertian Variabel Bebas, Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian
Pengertian variabel bebas dan beberapa variabel lainnya yang sering digunakan dalam penelitian akan menjadi bahasan utama pada artikel ini. Variabel atau sering pula disebut sebagai faktor penelitian mempunyai peranan penting dalam sebuah penelitian untuk pendidikan. Variabel merupakan segala hal yang akan dijadikan obyek pengamatan di dalam sebuah penelitian. Variabel inilah yang akan menentukan bagaimana proses penelitian tersebut akan dijalankan.
contoh variabel bebas dan variabel terikat,dan terikat dalam judul penelitian,variabel kontrol dalam penelitian,moderator,dalam matematika,pengertian variabel menurut para ahli,intervening,
baca juga : Pengertian O P E C

Ada beberapa variabel yang sering dimunculkan dalam sebuah desain penelitian. Namun kali ini, kami akan membahas mengenai tiga variabel terlebih dahulu, yaitu variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol. Tiga variabel ini merupakan variabel utama dalam desain penelitian. Berikut penjelasan mengenai tiga variabel tersebut beserta pengertian dan contoh penggunaannya dalam sebuah penelitian di bidang pendidikan. 

1. Variabel Bebas
Variabel bebas sering pula disebut sebagai variabel penyebab atau independent variables. Pengertian variabel bebas yaitu variabel yang mempengaruhi atau yang menyebabkan terjadinya perubahan. Dengan bahasa lain yang lebih mudah, variabel bebas yaitu faktor-faktor yang nantinya akan diukur, dipilih, dan dimanipulasi oleh peneliti untuk melihat hubungan di antara fenomena atau peristiwa yang diteliti atau diamati. 

2. Variabel Terikat
Variabel terikat sering pula disebut sebagai variabel tergantung atau dependent variables. Variabel terikat merupakan faktor-faktor yang diamati dan diukur oleh peneliti dalam sebuah penelitian, untuk menentukan ada tidaknya pengaruh dari variabel bebas. Dalam sebuah desain penelitian, seorang peneliti harus mengetahui secara pasti, apakah ada faktor yang muncul, ataukah tidak muncul, atau berubah seperti yang diperkirakan oleh peneliti. 

3. Variabel Kontrol
Variabel kontrol disebut pula sebagai variabel kendali. Variabel ini merupakan variabel yang diupayakan untuk dinetralisasi oleh sang peneliti dalam penelitiannya tersebut. Variabel inilah yang menyebabkan hubungan di antara variabel bebas dan juga variabel terikat bisa tetap konstan. Variabel inilah yang mengeliminasi atau menggugurkan dampak yang bisa diakibatkan oleh adanya variabel-variabel moderasi.

Berikut contoh dari penerapan ketiga variabel tersebut dalam sebuah penelitian. Apabila seorang peneliti ingin meneliti hubungan diantara dua variabel, misalnya variabel waktu yang diperlukan untuk belajar dan prestasi belajarnya, maka masalah yang diajukan untuk diteliti adalah: “Bagaimanakah hasil prestasi belajar yang akan dicapai jika waktu yang digunakan untuk belajar dibuat lebih sedikit atau lebih banyak?”

Waktu belajar yang digunakan merupakan variabel bebas, sedangkan prestasi belajarnya adalah variabel terikat. Variabel bebas (waktu belajar) diubah atau dimanipulasi untuk menyebabkan timbulnya perubahan pada variabel terikat (prestasi belajar). Di samping waktu, peneliti juga mempertimbangkan umur dari obyek penelitian, maka faktor umur dianggap menjadi variabel kontrol. Demikianlah ulasan mengenai pengertian variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol dalam sebuah penelitian pendidikan. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda.
Pengertian Variabel Bebas, Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian Rating: 4.5 Posted by: Novri Hp