Pengertian Zaman Sejarah dan Pra Sejarah

Banyak pertanyaan mengenai pengertian zaman sejarah dan pra sejarah, apakah keduanya sama atau berbeda. Memang seringkali kita dibingungkan akan perbedaan keduanya. Keduanya berbeda, ada perbedaan peradaban yang membatasi keduanya. Meskipun begitu, sebenarnya keduanya tidak bisa dipisahkan begitu saja karena masa prasejarah pun merupakan sejarah karena pada hakekatnya sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lampau, begitu pula masa prasejarah terjadi di masa lampau.
1. Zaman prasejarah
Zaman prasejarah disebut juga masa pra aksara yaitu sebuah masa dalam peradaban manusia dimana mereka belum mengenal tulisan. Diperkirakan oleh para arkeolog, manusia purbalah yang menghuni peradaban ini. Kenapa masa ini disebut prasejarah meski terjadi pada masa lampau. Semua itu karena manusia saat ini sulit mengetahui sejarah yang benar-benar terjadi pada masa itu, serta kebudayaannya pada masa tersebut. 

Memang ada beberapa peninggalan pada masa itu seperti peralatan dari batu, tapi hal itu tidak cukup untuk meyakini sejarah yang benar-benar terjadi. Semua yang ada dalam pengetahuan masa itu hanya spekulasi dari bukti-bukti yang belum cukup. Zaman prasejarah di Indonesia dikenal dengan zaman batu yang mana dalam periode waktu tersebut alat-alat kehidupan manusia masih terbuat dari batu, ada beberapa terbuat dari tulang dan kayu. Namun peralatan batu mendominasi. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pengertian zaman sejarah, Anda perlu tahu bahwa zaman pra sejarah dibagi dalam beberapa periode, yaitu:
a. Paleolitikum atau zaman batu tua
Pada zaman ini peralatan manusia masih terbuat dari batu yang kasar, mereka belum menemukan teknik untuk menghaluskan batu.
b. Mesolitikum atau zaman batu Madya
Zaman ini adalah masa peralihan. Pada masa ini cara pembuatan peralatan sudah lebih halus.
c. Neolitikum atau zaman batu muda
Periode ini disebut zaman batu muda karena peralatan batu mereka sudah lebih halus dan memiliki bentuk yang lebih sempurna.

2. Zaman logam
Disinilah masa kemajuan terjadi dimana pada zaman tersebut, manusia sudah mampu membuat peralatan dari logam dan bertahan sampai saat ini. Sedangkan zaman sejarah yaitu masa ketika manusia sudah mengenal tulisan. Inilah perbedaannya. Dengan adanya tulisan pada masa ini, kehidupan sejarah dan budaya mereka bisa diteliti dengan pasti dan jelas. Zaman sejarah sendiri dibagi menjadi 3 periode, yaitu:
a. Zaman Kuno
Pada masa ini yang dibicarakan adalah masa-masa kerajaan tertua hingga abad keempat belas. Ketika itu kebudayaan Indonesia didominasi oleh pengaruh agama Budha dan Hindu.
b. Zaman Indonesia baru
Sejarah mulai berubah. Dari kebudayaan agama Hindu dan Budha yang dominan, mulai tergeser oleh pengaruh agama Islam. Hal tersebut ditandai dengan mulai runtuhnya kerajaan Hindu-Budha dan berjayanya kerajaan Islam dalam bentuk kesultanan. Masa ini dimulai pada abad ke-16.
c. Zaman Indonesia modern
Inilah zaman yang paling dikenang dan dikenal sejarahnya ketika Indonesia mulai dijajah pemerintah Hindia-Belanda hingga jepang dan akhirnya merdeka.

Sejarah memang selalu menarik. Inilah pengertian zaman sejarah dan prasejarah serta periodenya yang begitu panjang hingga menjadi masyarakat modern.