Pengertian Qiyas dan Contohnya Untuk Anda

Pengertian qiyas dan contohnya bisa Anda ketahui dengan menyimak pembahasan mengenai qiyas kali ini. Anda yang merupakan seorang Muslim pastilah sedikit mengerti mengenai hal ini. Bahkan apabila Anda adalah seorang ahli agama pastilah sudah tidak asing lagi mengenai qiyas ini. Anda mungkin justru akan sering menggunakannya di dalam kehidupan sehari-hari. Sudah bukan rahasia lagi bahwa di dalam Islam terdapat hukum yang mengaturnya.

Sudah diketahui juga bahwa di dalam Al Quran terdapat berbagai macam perintah dan larangan yang mengatur manusia dalam menjalankan kehidupannya di dunia ini. Namun, tahukah Anda bahwa aturan dalam hukum Islam tidaklah hanya berasal dari Al Quran saja. Melainkan juga dari beberapa sumber lainnya termasuk qiyas.

Dari penjelasan di atas Anda pastilah sudah sedikit demi sedikit mengetahui apa sebenarnya pengertian qiyas dan contohnya bukan. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi bahwa qiyas ini sangat berkaitan erat dengan hukum Islam yang berlaku untuk manusia dalam menjalankan kehidupannya di muka bumi ini. Sudah diketahui bahwa di dalam Islam terdapat beberapa sumber yang bisa digunakan sebagai hukum Islam yang mana di dalamnya merupakan sebuah aturan mengenai perintah dan juga larangan yang harus dikerjakan oleh umat manusia di muka bumi ini. 

Seperti Al Quran, as sunnah, dan ijma merupakan beberapa sumber yang telah di tetapkan sebagai hukum Islam yang mana di dalamnya merupakan terdapat berbagai macam larangan dan juga perintah yang harus di kerjakan oleh manusia. Pengertian qiyas dan contohnya sangat berkaitan erat dengan hukum Islam ini. Sebab qiyas merupakan sumber hukum Islam keempat yang ditetapkan untuk dapat sebagai pegangan hidup manusia di muka bumi ini. 

Secara bahasa pengertian qiyas dan contohnya ini adalah menyamakan atau membandingkan sesuatu dengan hal yang lain. Hal ini maksudnya adalah seperti menyamakan atau membandingkan suatu kasus yang belum ada ketetapan hukum Islam nya dengan kasus hukum Islam yang hampir sama dengan kasus tersebut. Tentunya untuk dapat melakukan hal ini terdapat beberapa syarat dan juga ketentuan yang berlaku. Anda tidak bisa dengan semudah itu menggunakan atas nama qiyas untuk membenarkan suatu kasus yang padahal belum ada ketetapan hukum yang sah. 

Di dalam pengertian qiyas dan contohnya terdapat rukun dan juga syarat yang bisa memberlakukan adanya qiyas ini. Di bawah ini terdapat beberapa rukun dan syarat secara singkat untuk bisa Anda pahami. Asal, maksudnya di sini adalah dasar dimana masalah tersebut dapat disamakan dengan hal yang sudah berlandaskan hukum yang kuat. Yang artinya tidak berubah-ubah. Asal serta hukumnya telah ada ketentuannya, di dalam Islam menurut Al Quran dan juga hadist yang telah ditetapkan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top