Senin, 21 Agustus 2017

Pengertian Vlookup dan Hlookup Untuk Anda

Pengertian Vlookup dan Hlookup pasti setidaknya pernah Anda dengar, apabila Anda sudah akrab dengan komputer atau laptop dan juga dengan basic Microsoft Office. Hal ini disebabkan karena Vlookup dan Hlookup yang tertera di atas tersebut merupakan bagian dari komputer dan juga Microsoft Office yang mungkin pernah atau sering Anda operasikan. Namun apabila Anda memang masih asing dengan kedua jenis istilah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Sebab kali ini kita akan melakukan pembahasan mengenai Vlookup dan juga Hlookup yang bisa Anda pahami secara singkat di bawah ini. 

Berbicara mengenai komputer memang saat ini tidak ada kegiatan yang tidak menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk melancarkan segala kegiatan yang ada sehari-hari. Dapat di katakan untuk saat ini di zaman yang semakin modern yang mana segala sesuatunya harus serba cepat dan tepat, penggunaan komputer dan juga laptop seperti makanan sehari-hari saja. Tidak ada kegiatan yang tidak menggunakan komputer dan juga laptop sebagai alat bantu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tersebut. 

Anda pun pasti sudah akrab dengan komputer atau laptop ini bukan. Namun bagaimana dengan pengertian dari Vlookup dan Hlookup? Apakah Anda sudah akrab dengan kedua istilah ini? Apabila Anda sering kali menggunakan Microsoft Office yang ada di dalam komputer atau laptop Anda, pastilah Anda sedikit banyak sudah pernah mendengar mengenai istilah ini. Tepat sekali, pengertian Vlookup dan Hlookup ini merupakan beberapa istilah yang ada di dalam Microsoft Excel. Ini merupakan salah satu di antara sekian banyak Microsoft Office yang mungkin sering Anda gunakan dalam kegiatan Anda sehari-hari. 

Penggunaan Microsoft Excel ini biasanya untuk sebuah laporan keuangan atau yang masih berkaitan dengan angka atau keuangan. Apabila Anda berada di dalam sebuah lingkup kerja, pastilah Anda sering kali menggunakan ini untuk pengolahan data kerja Anda. Sebab di dalam Microsoft Excel ini terdapat beberapa rumus yang dapat memudahkan Anda untuk mengolah data dan meminimalisir adanya kesalahan dalam pemasukan data tersebut.

Pengertian Vlookup dan Hlookup akan bisa Anda ketahui ketika Anda sudah mulai akrab dengan Microsoft Excel yang ada di dalam komputer dan juga laptop Anda. Kedua istilah ini merupakan istilah yang bisa digunakan sebagai rumus yang bisa Anda gunakan dalam pengolahan data di dalam Microsoft Excel Anda tersebut. Vlookup bisa diartikan sebagai penghitungan data atau pencarian nilai yang mana di dalam tabel tersebut dihitung secara vertical atau dari atas ke bawah atau sebaliknya. 

Sedangkan Hlookup merupakan kebalikan dari Vlookup yang merupakan pencarian nilai atau penghitungan suatu data yang ada di dalam tabel, yang mana dilakukan secara mendatar atau horizontal. Itulah pengertian Vlookup dan Hlookup yang bisa Anda ketahui secara singkat dan dapat Anda praktikkan sendiri ketika Anda menggunakan kedua jenis istilah tersebut. Anda bisa menggunakan rumus dari kedua istilah tersebut untuk mempercepat pekerjaan Anda dalam mengolah data.