Pengertian Yaumul Hisab Yang Bisa Anda Ketahui

Pengertian yaumul hisab, bagi Anda yang merupakan seorang Muslim, pastilah Anda sudah sering kali mendengar mengenai istilah yang satu ini bukan. Namun apabila Anda merupakan seorang Muslim yang masih tengah belajar mengenal ajaran Islam dan juga belum begitu memahami mengenai arti dari istilah tersebut, Anda tidak perlu khawatir Anda bisa menyimak pembahasan kita kali ini. Sebab kali ini kita akan membahas mengenai yaumul hisab, pengertian dan juga hal yang masih berkaitan dengan istilah tersebut. 

Hal yang berkaitan dengan yaumul hisab adalah kematian dan juga hari kiamat. Anda pastinya sudah mengetahui bukan hari kiamat dan juga kematian. Hari kiamat dan juga kematian adalah takdir Allah SWT yang tidak bisa dihindari dan juga harus Anda percayai, sebab semuanya tersebut akan datang meski tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya kedua hal tersebut. Hari kiamat dalam Islam terdapat dua jenis, yaitu hari kiamat kecil dan juga besar atau akhir. 

Hari kiamat kecil di artikan sebagai hari dimana datangnya musibah atau bencana alam yang menimpa manusia atau suatu daerah tertentu. Sedangkan hari kiamat besar atau akhir adalah hari dimana seluruh alam semesta dan juga seisinya ini hancur tak bersisa. Lantas apa pengertian yaumul hisab? Anda akan mengetahuinya setelah membahas mengenai hari kiamat dan juga kematian.

Kematian merupakan sebuah takdir yang tidak dapat dipisahkan oleh manusia mana pun di muka bumi ini. Tidak hanya manusia, melainkan seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini pun turut memiliki kapan dan dimana takdir kematian tersebut menjemput. Ketika hari kiamat besar atau akhir tersebut tiba, maka hari kematian untuk seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini pun tiba. Tidak ada satu pun makhluk hidup akan tersisa ketika malaikat sudah meniupkan terompet sangkakalanya yang kedua. Ketika itulah seluruh makhluk hidup akan memasuki dunia yang berbeda dengan dunia yang dipijak saat ini termasuk pengertian yaumul hisab.

Pengertian yaumul hisab bisa diartikan sebagai hari dimana amal seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini dihitung dan diperlihatkan. Maksud dari makhluk hidup di sini tidak hanya sebatas manusia saja, melainkan juga hewan pun turut dihitung amal perbuatannya ketika berada di dunia. Ketika hewan-hewan tersebut dihisab oleh Allah SWT akan disaksikan pula oleh manusia yang kafir dan juga beriman, juga oleh malaikat dan utusan Allah SWT lainnya. Ketika ini Allah akan menegakkan hukum keadilan yang seadil-adilnya.

Hal ini juga berlaku pada manusia yang memasuki yaumul hisab bersama dengan makhluk hidup lainnya. Di sini Allah mempertanyakan seluruh amal dan perbuatan manusia saat berada di dunia. Mempertanyakan apakah mengakui segala dosa yang telah diperbuat ataukah tidak. Di sini Allah SWT benar-benar melakukan sesuatu yang sangat adil untuk semua umatnya. Itulah pengertian yaumul hisab yang bisa Anda ketahui secara singkat dan bisa Anda ambil pelajarannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top