Pengertian Zaman Megalitikum Masa Sejarah

Pengertian zaman megalitikum banyak dicari oleh kalangan siswa karena tuntutan pelajaran saat ini. Peradaban sudah berjalan begitu masa, beratus-ratus ribu tahun sebelumnya, banyak manusia yang sudah mendiami bumi ini. Mereka hidup dengan kemajuan teknologi di masing-masing peradaban. Memang, semakin hari peradaban manusia semakin maju dan berkembang, sudah pasti teknologi zaman dahulu tidak secanggih masa kini. Namun tidak layak membandingkan peradaban yang satu dengan yang lain karena peradaban modern saat ini yang ditandai dengan lahirnya industry besar di Inggris, tidak aka nada tanpa sejarah yang mendahuluinya.

Pengertian Zaman Megalitikum,sejarah zaman megalitikum,zaman neolitikum,peninggalan zaman,ciri ciri zaman megalitikum,zaman logam,manusia zaman megalitikum,zaman paleolitikum,zaman megalitikum,
Baca juga : Pengertian Yudisium Perguruan Tinggi
Sebelum manusia mengenal dan menciptakan berbagai alat-alat canggih, mereka membuat perabotan, rumah dan semua hal dari batu. Itulah peradaban batu dimana manusia mengandalkan batu untuk membuat barang-barang yang bisa membantu aktivitas sehari-hari. Contohnya rumah dari batu, kapak dari batu, tempat duduk dan lain-lain. Perlu Anda tahu, zaman batu dibagi menjadi 4 periode waktu berbeda yang mana setiap periode dibedakan berdasarkan barang-barang yang dihasilkan dan mata pencaharian saat ini.

Periode zaman batu yang pertama disebut zaman Paleolitikum yang merupakan zaman batu tertua. Berdasarkan perkiraan dan penelitian arkeolog, zaman paleolitikum ada pada 600.000 tahun yang lalu. Pada saat ini manusia hanya mampu menghasilkan peralatan dari batu, namun hasilnya masih sangat kasar, belum terpikirkan bagaimana membuat peralatan batu yang halus. Pada masa ini, manusia hidup dengan berpindah-pindah (nomaden) dan berburu serta menangkap ikan. Setelah periode paleolitikum, ada periode zaman megalitikum. Lantas, apa pengertian zaman megalitikum tersebut? 

Zaman megalitikum yaitu zaman batu besar karena manusia pada saat itu sudah mampu membuat peralatan dalam ukuran besar. Ketrampilan mereka sudah lebih maju. Penghuni zaman megalitikum sudah mengenal kepercayaan, meski kepercayaan itu masih terbatas karena mereka belum mengenal Tuhan, mereka percaya pada roh-roh nenek moyang yang sudah meninggal. Kebudayaan manusia zaman tersebut masih dapat dijumpai di Indonesia, yang masih membuat peralatan dari batu besar yaitu suku Nias. 

Mereka masih membuat meja untuk meletakkan sesaji dari batu besar atau kubur batu besar. Berbicara mengenai zaman megalitikum, memang begitu menarik karena peradaban ini tergolong maju dari zaman sebelumnya. Barang-barang atau peralatan yang dihasilkan pun sudah lebih variatif.
Adapun hasil kebudayaan zaman megalitikum antara lain:

1. Menhir
Menhir merupakan bangunan yang berbentuk tugu batu digunakan untuk upacara menghormati roh nenek moyang.

2. Punden Berundak
Punden berundak merupakan bangunan yang terbuat dari batu yang berbentuk undak-undakan (tangga) dan digunakan sebagai tempat pemujaan roh.

3. Dolmen
Dolmen yaitu meja dari batu besar yang digunakan untuk meletakkan sesaji pemujaan. Kadang kala pada bagian bawah dolmen, diletakkan mayat.

4. Waruga
Waruga merupakan peti kubur pada masa megalitikum yang merupakan buah karya orang Minahasa.

Demikian ulasan mengenai pengertian zaman megalitikum, semoga dapat menambah wawasan Anda dan membantu Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top