Pengertian 3D Max, Kelebihan dan Fitur-Fiturnya

Pengertian 3d max merupakan perangkat lunak atau software dari grafik vektor program 3 dimensi maupun animasi, yang ditulis Autodesk Media & Entertainment. Adapun software yang satu ini dikembangkan berdasarkan pendahulunya yakni 3D Studio FO DOS, namun untuk platform dengan program Win32. Adapun versi terbaru dari 3Ds Max di bulan Juli 2005 yakni 7. Adapun untuk program 3Ds Max Autodesk 8 sendiri diperkirakan tersedia di akhir tahun 2005. Dimana hal ini sudah diumumkan pihak Discreet yang ada di Siggraph pada tahun 2005.

Pengertian 3d max yaitu sebuah paket software paling luas yang digunakan saat ini, sebab ada beberapa alasan yakni penggunaan dari platform Ms. Windows, arsitektur plugin banyak dan kemampuan untuk mengedit yang paling serba bisa. Ada sebanyak 5 metode dari pemodelan dasar, diantaranya NURBS, pemodelan Polygon, surface tool, NURMS dan Permodelan primitif. Permodelan primitif sendiri termasuk metode dasar, yang mana seseorang telah membentuk model memakai banyak silinder, kotak, cone dan objek yang sudah tersedia. 

Di samping permodelan primitif ada Metal Ray. Dimana, metal ray sendiri adalah render engine dalam program 3D Max, di samping render standar Maz seperti Default Scanline. Adapun Mental Ray sendiri terintegrasi oleh 3D Max dengan begitu tak perlu melakukan instal dengan terpisah. Adapun kelebihan dari Metal Ray sendiri yaitu bisa mengkalkulasikan efek. 

Kelebihan 3D Max
Ada beberapa keunggulan serta fitur-fitur yang dimiliki oleh program 3D Max, diantaranya:

  • Memberikan Rangka Objek 3D
Keunggulan dari fitur 3D Max yang pertama adalah memberikan rangka objek dari karakter 3D yang sudah dibuat, dengan begitu karakter 3D pun bisa bergerak layaknya pada manusia. Dalam hal ini terdapat 2 teknik yang bisa dilakukan seperti teknik Biped dan teknik Bone. Teknik Biped untuk membuat sebuah tulang yang terintegrasi ke dalam sebuah kesatuan rangka utuh. Sementara teknik bone yaitu membuat tulang dengan satu persatu lalu dilakukan link untuk antar tulang yang berkaitan satu sama lain.

  • Membuat Model Unorganic dan Organic
Model un-organik sendiri biasanya dibuat memakai teknik Compound Spline Modelling dan Compound Modelling. Teknik Compound Modelling merupakan sebuah teknik untuk membuat model melalui penggabungan atau pengkombinasian atau bentuk dari objek geometri. Sementara Spline Modelling sendiri teknik pembuatan model membentuk objek dari 2dnya lebih dulu lalu ditransfer ke dalam bentuk 3D. Model organic bisa berupa karakter dari model nyata makhluk hidup contohnya hewan dan manusia. 

  • Membuat Texture Cartoon dan Texture Real
Objek berbentuk 3D bisa diberikan sebuah texture realistic agar terlihat nyata yakni berbentuk texture cartoon. Sementara texture real sendiri memberikan texture sebenarnya berdasarkan karakteristik dan sifatnya.

Itulah kelebihan menggunakan 3D Max beserta pengertian 3d max, sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang ada dalam 3D Max selain fitur diatas. Adapun salah satunya adalah Animasi Dynamics yang diaplikasikan agar membuat animasi dengan objek-o0bjek saling bertabrakan atau bertubrukan. Kelebihan lainnya adalah bisa membuat cahaya secara realistic.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top