Rabu, 16 Agustus 2017

Tugas Pokok dan Pengertian Quality Assurance

Pengertian Quality Assurance dan tugasnya. Umumnya kita sering mendengar di sebuah perusahaan asuransi dimana ada yang namanya Quality Assurance dan Quality Control. Adapun kedua posisi ini tak banyak diketahui oleh banyak orang, termasuk bagaimana membedakan kedua posisi tersebut. Walaupun kesannya sama, namun keduanya mempunyai perbedaan mulai dari pengertian maupun dari fungsinya. Kedua posisi ini terletak di departemen yang serupa di sebuah perusahaan. Hanya saja berbeda dalam hal tugas meskipun keduanya ada di satu departemen yang sama. 


Pengertian Quality Assurance,quality assurance,quality management,quality control,hospitality quality assurance,tugas quality assurance,cara kerja quality assurance,pengertian qa/qc,pengertian,
Baca juga : Pengertian Xilem dan Floem Berikut Fungsinya
Pengertian Quality Assurance sendiri adalah kumpulan aktivitas dari asuransi dengan tujuan untuk memastikan apakah produk sudah sesuai dan berjalan dengan baik ataukah tidak. Lalu Quality sendiri merupakan sekumpulan dari aktivitas yang bertujuan dalam pemastian produk sebagai fokusnya yaitu hasil produksi dilihat berdasarkan ada tidaknya sesuai spesifikasi awal. Adapun tujuan dari Quality Assurance ini dalam rangka supaya proses pengembangan produk meningkat serta untuk menghindari kesalahan. Hal tersebut merujuk pada makna dan pengertian dari Quality Assurance. 

Sementara itu, Quality Control sendiri bertujuan untuk melihat kesalahan sesudah pengembangan produk. Umumnya di sebuah perusahaan asuransi, baik Quality Control maupun Quality Assurance sendiri terletak dalam 1 departemen atau divisi walaupun keduanya sendiri memiliki pengertian berbeda dengan tujuan dan fokus yang berbeda pula. Maka dari itu, wajib diketahui khususnya bagi masyarakat pelaksana asuransi yang masih belum bisa membedakan tugas dan pengertian dari keduanya. Walaupun hal ini tentunya bukan kewajiban para nasabah, namun setidaknya nasabah tak akan mengalami kebingungan maupun kesulitan saat mengkonfirmasi hal-hal yang berkaitan dengan premi. 

Quality Assurance memiliki jajaran lebih tinggi daripada Quality Control. Dengan begitu memiliki wewenang memberi arahan ataupun keputusan tentang apakah produk telah layak atau belum untuk diterbitkan. Inilah yang mendasari pengertian Quality Assurance, di samping itu hal yang menyangkut tugas Quality Control sendiri adalah sistem terintegrasi dan terkendali dalam sebuah proses yang memiliki manfaat supaya tak terkena kerusakan atau defect. Bila tak memahami tentang produktivitas, seringkali QC membuat sebuah organisasi asuransi tertentu pun menjadi menggelembung. 

Jadi, dalam hal ini Quality Assurance dapat disimpulkan sebagai analis yang bertugas membuat kualitas mutu produk lebih baik melalui perbaikan. Sementara Quality Control sendiri bertujuan mengendalikan mutu tadi dengan aktivitasnya ketika memantau perkembangan di perusahaan, serta mengevaluasi dan menindaklanjuti sesuai realita maupun pencapaian yang telah dimiliki.

  • Apa Saja Tugas Quality Assurance
Di samping itu, berdasarkan pengertian Quality Assurance tersebut bisa disimpulkan bahwa tugas pokok dari QA sendiri adalah untuk melakukan evaluasi hasil temuan audit serta menerapkan tindakan melalui koreksi secara tepat, memeriksa dan mengelola kegiatan dari manajemen resiko, menyelidiki setiap keluhan pelanggan, menyusun dan mengumpulkan data kualitas secara statistik, dan mempunyai tugas pokok perencanaan prosedur dari jaminan kualitas sebuah produk maupun sebuah jasa.