Pengertian Quality Control, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Quality Control - Apakah Anda sedang mencari pengertian Quality Control? Istilah Quality Control tentu bukanlah istilah yang asing untuk Anda dengar. Biasanya setiap perusahaan memiliki Quality Control, tugasnya cukup penting dalam setiap perusahaan. Walaupun tidak semua jenis usaha membutuhkan Quality Control, namun sebagian besar perusahaan memiliki Quality Control. Hal ini membuktikan bahwa tugas Quality Control sangatlah penting. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Quality Control dan apa tugasnya? Jika Anda belum mengetahuinya, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.
  • Pengertian Quality Control (QC)
Quality Control atau biasa disingkat dengan QC artinya adalah pengendali mutu. QC sangatlah diperlukan dalam berbagai sektor industri, mulai dari manufaktur hingga produksi tangan. Tugas umum dari QC adalah memeriksa secara visual untuk menguji produk. Pemeriksaan produk dapat berlangsung sebelum, selama dan setelah proses produksi. Pengujian ini dilakukan secara manual, atau juga ada yang menggunakan bantuan teknologi. Tergantung sektor industri di mana QC tersebut bekerja, pada dasarnya QC melakukan pengecekan untuk menjamin mutu produk.

Pengertian Quality Control,quality control,tugas quality control,total quality management,quality assurance,school review,metode quality control,metode pengendalian kualitas,pengertian,
Tidak hanya melakukan pemeriksaan saja, QC juga memiliki tanggung jawab dalam memantau dan menjalankan peralatan inspeksi. Selain itu juga merekam dan lalu menganalisis data kualitas dari produk yang diproduksi. Untuk lebih detailnya, pengertian Quality Control yaitu orang yang tugasnya meneliti produk selama, sebelum dan sesudah proses produksi. Tujuannya untuk memperoleh standar kualitas produk-produk yang sesuai dengan harapan. Tugas dari QC meliputi Monitoring, kemudian uji tes dan juga melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. QC wajib memastikan bahwa standar kualitas sudah dipenuhi bagi setiap produk atau layanan dari perusahaan tersebut.

  • Tugas Quality Control (QC)
Setelah membaca uraian tersebut, Anda tentu sudah dapat membayangkan apa saja tugas dari QC. Namun secara spesifik, tugas QC tergantung pada industri mana orang tersebut bekerja. Dengan kata lain, QC satu dengan QC lain dapat memiliki tugas berbeda jika bidang industrinya berbeda. Namun secara garis besar, tugas QC adalah mengendalikan kualitas atau mutu serta menguji produk sesuai dengan standar kualitas perusahaan. QC memiliki kewenangan dalam menerima ataupun menolak produk perusahaan yang akan dipasarkan. Tidak peduli sesulit apapun pembuatan produk tersebut jika tidak memenuhi kelayakan maka QC dapat menolaknya.
Pengertian Quality Control,quality control,tugas quality control,total quality management,quality assurance,school review,metode quality control,metode pengendalian kualitas,pengertian,
Selain mengetahui mengenai pengertian Quality Control dan tugasnya, ketahui juga mengenai tanggung jawab seorang QC. Tanggung jawab dari QC diantaranya yaitu:
  • Memantau perkembangan seluruh produk yang diproduksi
  • Memantau, menganalisis, kemudian meneliti dan menguji seluruh produk
  • Melakukan verifikasi kualitas produk
  • Semonitoring proses dalam pembuatan produk
  • Memastikan barang yang diproduksi memiliki kualitas yang memenuhi standar perusahaan
  • Merekomendasikan untuk melakukan pengolahan ulang pada produk dengan kualitas rendah
  • Mendokumentasi inspeksi dan juga tes pada produk perusahaan
  • Membuat analisis atau catatan sejarah dan dokumentasi produk yang dapat digunakan untuk referensi mendatang
Untuk menjadi seorang QC, Anda harus memenuhi persyaratan sesuai dengan bidang industri tersebut. Seorang QC harus memiliki keahlian lebih dalam menganalisis, meneliti, menguji, memantau dan mengetahui proses produksi dengan benar. Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian Quality Control, tugas dan tanggung jawabnya.