Ada Yang Belum Tahu Pengertian Lari Estafet, Disini Jawabannya

Pengertian Lari Estafet - Lari merupakan nama aktivitas manusia dengan cara melangkahkan kaki lebih cepat sekitar empat sampai lima kali jika dibandingkan dari berjalan. Dengan kata lain, lari adalah percepatan dari berjalan. Sedangkan estafet adalah kegiatan yang dilakukan secara beregu atau berkelompok dengan cara membagi jarak tempuh, biasanya dalam setiap finish seseorang dan ditandai dengan menyerahkan benda kepada orang lain yang akan meneruskan jarak berikutnya, dan begitu seterusnya. Itulah masing-masing pengertian lari estafet, yang berasal dari dua kata, yakni kata lari dan kata estafet.
Namun kedua istilah, yakni kata lari dan kata estafet biasanya dirangkai atau digabung menjadi satu kesatuan, yakni lari estafet. Biasanya kata tersebut digunakan dalam istilah olahraga. Tanda dari olahraga ini selain terletak pada pembagian jarak tempuh, juga ditandai dengan adanya sesuatu yang dibawa oleh pelari, biasanya benda tersebut berupa tongkat maupun bendera. Setelah pemegang tongkat atau bendera sudah sampai pada garis finish, maka tongkat atau bendera yang dibawanya diserahkan kepada seseorang yang berada dalam satu kelompok.

Setelah mendapat bendera atau tongkat dari kawan yang masih dalam satu regu, adalah pertanda bahwa orang yang mendapat tongkat atau bendera sedang memulai garis start lari, dan secepatnya seseorang yang mendapat tongkat atau bendera tadi memulai lari. Dan setelah menyentuh garis finish, kemudian tongkat atau bendera yang dibawanya itu diserahkan kepada pelari selanjutnya, dan tongkat atau bendera itu akan selalu dibawa dan diserahkan kepada pelari berikutnya hingga pelari paling akhir membawa sampai pada garis finish. Begitulah pengertian lari estafet.

Lari estafet ini merupakan ajang atau kompetisi olah raga yang sudah cukup mashur diberbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia. Olah raga biasanya menjadi kegiatan rutin mulai dari salah satu olahraga untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, salah satu kegiatan olah raga para siswa siswi sekolah, kompetisi antar sekolah. Bahkan saking mashurnya, lari estafet juga menjadi ajang olah raga internasional yang dilakukan secara berkelompok untuk memperebutkan medali emas. Hebat bukan?

Berikut adalah tata cara dan hal-hal yang perlu diperlukan dalam lari estafet:

1. Untuk memainkan lari estafet, paling sedikit harus terdiri dari 6 orang, yakni 3 orang untuk regu pertama dan tiga orang untuk regu kedua. Mengapa harus 3 orang dalam satu regu? Ya, karena jika dalam satu regu hanya terdiri dari dua orang, kiranya terlalu sedikit untuk sebuah permainan lari estafet, karena setelah satu pelari dari satu regu menyerahkan tongkat atau bendera kepada kawan dari regu yang sama, maka permainan seolah sudah akan berakhir, sehingga Nampak kurang meriah.

2. Tongkat atau bendera kecil. Mengapa harus bendera kecil? Karena jika bendera berukuran besar, maka hal tersebut akan semakin menyulitkan pelari untuk membawa bendera. Karena bendera dengan ukuran sesungguhnya beserta tiangnya terlalu berat untuk pelari, sehingga kecepatan lari pun tidak dapat dilakukan secara maksimal. Selain itu, bendera dengan ukuran lumrahnya juga membutuhkan ruang yang cukup. Ceritanya berbeda jika bendera yang digunakan berukuran mini, yang akan mudah dibawa lari oleh pelari, karena selain tidak memberatkan, juga tidak membutuhkan ruang yang cukup luas.

3. Jarak tempuh harus jelas. Untuk ukuran jarak tempuh ini biasanya diukur secara merata. Artinya, jika pelari pertama mendapatkan jarak tempuh sejauh 100 meter, maka pemain pelari kedua juga mendapatkan jatah jarak tempuh sejauh 100 meter, dan begitu seterusnya.

Begitulah sedikit ulasan tentang pengertian lari estafet beserta aturan main dan syarat, syarat yang harus dipenuhi dalam lomba lari estafet.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top