Cara Mudah Memahami Pengertian Question Tag

Pengertian Question Tag - Jika Anda belajar Bahasa Inggris, yang konon sebagai Bahasa internasional karena kesuksesannya dalam melakoni revolusi industri, maka akan menemukan step atau tahap yang dinamakan dengan question tag. Question tag ini sangat berbeda dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya atau tidak. Sedangkan pengertian question tag adalah sebuah pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Kelihatannya memang aneh, karena question tag tergolong sebagai pertanyaan, namun tidak membutuhkan jawaban, baik jawaban ya atau tidak maupun jawaban penjelasan terkait pertanyaan yang dilontarkan.
Meskipun sejenak kelihatan aneh, namun ketika diucapkan, sebenarnya question tag adalah pertanyaan yang sudah lazim terjadi dan juga sering diucapkan dalam berbagai bahasa. Karena question tag pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban, melainkan pertanyaan yang justru menegaskan pertanyaan itu sendiri. Misal yang dapat kita jumpai dalam Bahasa Indonesia berbunyi “apakah dia cantik bukan?”. Kalimat tersebut tetap diakhiri dengan tanda baca tanya, karena kalimat tersebut memang serentetan kata yang membentuk kalimat tanya, sehingga juga harus diakhiri dengan tanda baca berupa tanda tanya.

Dalam bahasa Inggris, rumus dari question tag memang hampir sama dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya atau tidak. Jika pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya atau tidak memiliki rumus be+noun+verb, maka question tag memiliki rumus be+noun+verb+be+not+noun. Contoh kalimat tanya yang membutuhkan jawaban ya atau tidak adalah is sugar sweet? (apakah gula manis?). Pertanyaan tersebut tentunya hanya memiliki dua jawaban dari orang kedua atau orang yang diajak bicara, dan jawabannya adalah ya atau tidak.

Contoh pertanyaan di atas berbeda dengan question tag. Contoh pertanyaan yang menggunakan question tag adalah the sugar is sweet, is not it? Sebenarnya untuk mengartikan kalimat tersebut tidak harus “apakah gula itu manis, bukan?”. Namun kalimat tanya tersebut akan lebih asyik diucapkan jika diartikan “gula itu manis bukan?”. Kedua arti memang sama-sama mengandung kalimat tanya, namun kiranya arti kedua lebih enak untuk diucapkan oleh lidah Indonesia, karena tidak terlalu formal atau sesuai dengan ejaan bahasa.

Meskipun pengertian question tag berbeda dengan pengertian yes or no question, namun cara pengucapannya atau intonasi dalam pengucapannya dapat dikatakan sama, yakni sama-sama menggunakan intonasi tanya. Bedanya, jika yes or no question masih membutuhkan jawaban dari orang kedua, maka question tag tidak lagi membutuhkan lagi jawaban dari orang kedua. Karena orang pertama, yakni orang yang mengucapkan question tag sebenarnya sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan. Namun pertanyaan tetap diucapkan dengan tujuan mengukuhkan atau menguatkan inti dari pertanyaan itu sendiri.

Meskipun kalimat dalam bahasa inggris secara garis besar terbagi menjadi dua jenis kalimat, yakni kalimat verbal dan kalimat nominal, namun rumusnya tetap sama, sebagaimana rumus yang telah disebutkan di atas. Contoh question tag dalam kalimat nominal adalah seperti ini: you are busy, are not you (kamu sibuk bukan?). Nah, kalimat verbal ini ditandai dengan verb atau kata kerja yang berupa be, yang dalam contoh tersebut be-nya berupa are.

Tentunya contoh question tag antara yang berupa kalimat nominal dan kalimat verbal tentunya berbeda. Jika dalam kalimat nominal predikat atau kerja tidak berhubungan dengan fisik, atau tidak melakukan sesuatu secara fisik, maka dalam kalimat verbal, predikat atau kata kerja berupa fisik. Contohnya adalah: you’re drinking a glass of tea, aren’t you? (kamu minum segelas teh bukan?).

Perbedaannya, kata kerja dalam kalimat verbal berupa minum, yakni sebuah aktivitas fisik, sedangkan dalam kalimat nominal kata kerjanya tidak dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, karena menyatakan tentang sifat maupun keterangan. Itulah pengertian question tag beserta rumus dan contohnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top