Kamis, 10 Agustus 2017

Pengertian Gunung Meletus, Material Yang Dikeluarkan dan Dampaknya

Pengertian gunung meletus adalah keluarnya material-material dari dalam bumi berupa endapan magma yang disemburkan keluar. Material-material tersebut bisa berupa materi padat dan cair. Jika letusannya dahsyat, material tersebut bisa melambung sejauh berkilo-kilo meter. Gunung meletus yang dahsyat bisa menimbulkan korban jiwa dan harta. Gunung yang dapat meletus tentulah gunung berapi yang masih aktif, dan hal ini sudah sering terjadi di Indonesia yang memang mempunyai jajaran gunung berapi yang banyak, dikarenakan letak geografis negara Indonesia. 

Material yang Keluar Saat Gunung Meletus

Adapun material-material yang dikeluarkan ketika gunung meletus diantaranya yaitu:

• Lava
Lava merupakan magma yang bentuknya cair dan suhunya sangat tinggi. Lava mengalir dari kawah gunung menuju permukaan, dan bisa ke daerah sekitar seperti hutan dan rumah-rumah penduduk. Lava yang cukup cair bisa mengalir sesuai dengan aliran sungai, kemudian yang padat akan membeku dan menjadi batuan.

• Lahar
Lahar merupakan lava yang sudah bercampur dengan material-material di sekitarnya seperti air, batuan, dan sebagainya. Jika demikian, lahar akan menjadi ancaman yang berbahaya bagi penduduk di sekitar gunung meletus. 

• Gas vulkanik
Gunung meletus bisa mengeluarkan gas-gas yang cukup beragam, diantaranya yaitu karbon dioksida (CO2), karbon mono-oksida (CO), nitrogen (NO2), hidrogen sulfida (H2S), dan sulfur oksida (SO2).

• Awan panas
Membahas mengenai pengertian gunung meletus tidak terlepas dari awan panas. Awan panas yang terkenal biasa dinamakan wedhus gembel. Sebenarnya awan panas ini adalah gas yang bergulung-gulung menyerupai awan. Pada awan panas juga sering berbahaya karena bisa ada batuan panas. Jika terkena awan panas, kulit bisa terkena luka bakar dan sesak nafas.

• Hujan abu
Satu lagi yang biasa ada ketika gunung meletus yaitu hujan abu. Hujan abu dapat terjadi sesaat sebelum gunungnya meletus, dan bertambah banyak ketika gunung sudah benar-benar meletus. Hujan abu bisa terjadi dengan radius jarak yang cukup jauh, misalnya dari Jawa Timur sampai Jawa Barat.

Dari uraian tersebut dapat diketahui pengertian gunung meletus beserta material yang dikeluarkan bisa jadi memberikan manfaat ataupun kerugian bagi manusia. Gunung meletus memang dapat membahayakan jiwa dan yang dekat dengan kejadian bisa kehilangan rumah, harta, tanaman, dan peliharaan. Tetapi di setiap yang negatif itu juga ada sisi positifnya, diantaranya yaitu tanah yang terkenal oleh letusan gunung berapi akan bersifat vulkanis sehingga lebih subur dan hal ini sangat bermanfaat bagi para petani. 

Pasir yang dihasilkan oleh letusan dapat memberikan manfaat yang cukup banyak untuk penduduk, bahkan bisa menjadi mata pencaharian baru bagi petani dalam mengumpulkan pasir ini karena mempunyai nilai ekonomis yang lumayan. Letusan gunung berapi juga bisa menjadi tenaga pembangkit listrik, batuan yang bisa untuk dijadikan bangunan, dan masih banyak yang lainnya. Demikianlah pengertian gunung meletus yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.