Senin, 07 Agustus 2017

Pengertian Hepatitis B Beserta Pencegahannya

Pengertian hepatitis B beserta pencegahannya sangat perlu untuk Anda ketahui, mengingat akan efek buruk yang ditimbulkan jika terjangkit penyakit ini. Penyakit ini merupakan penyakit akibat virus dan perlu penanganan yang serius supaya tidak menjalar sampai berlanjut ke penyakit yang lebih fatal. Hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang lebih serius dibandingkan penyakit hepatitis lainnya. Untuk itulah, kami menulis artikel ini agar Anda lebih mengetahui dan memahami mengenai penyakit tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya.
Pengertian hepatitis B yaitu penyakit yang menyerang pada organ hati karena diakibatkan oleh VHB (Virus Hepatitis B). Penyakit ini dapat menimbulkan peradangan hati kronis yang jika tidak segera ditangani, bahkan kemungkinan akan berlanjut ke penyakit yang lebih kritis, yaitu kanker hati. Virus Hepatitis B ini tidak meluas melalui kontak biasa ataupun makanan, melainkan menyebar melalui cairan tubuh ataupun darah dari si penderita. Misalnya saja Anda berhubungan badan dengan orang yang mempunyai penyakit ini, seorang bayi dapat tertular karena ibunya mengidap hepatitis B, penggunaan jarum suntik secara berulang kali, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan orang jika telah terjangkit penyakit Hepatitis B, maka virus baik dalam tubuh yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh akan dengan cepat diserang oleh VHB, sehingga daya kekebalan tubuh si penderita menurun secara drastis. Oleh sebab itu, jika sudah terjangkit oleh penyakit ini biasanya akan terinfeksi seumur hidup. Terkadang gejala pada penyakit ini sama sekali tidak tampak, tetapi pada umumnya gejala yang sering terjadi adalah kerusakan fatal pada hati. Bila hati sudah kronis seperti itu, maka pada kulit dan mata akan terlihat berwarna kuning. Selain itu, kasus lain yang lebih berbahaya oleh penyakit Hepatitis B adalah kanker hati yang berujung pada nyawa.

Pencegahan Hepatitis B ialah dengan memberikan vaksin untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut sejak bayi. Pada umumnya, vaksin antibodi yang diberikan terdiri dari 3 dosis yang berbeda dalam jangka waktu beberapa bulan. Vaksinasi tersebut sangat dianjurkan pada saat kelahiran bayi dengan ibu yang terjangkit penyakit tersebut untuk mengurangi terinfeksinya bayi sekitar 85% sampai 98%. Perlindungan dari vaksin antibodi tersebut juga bersifat jangka panjang, jika usia sudah mencapai 40, maka antibodi tersebut akan turun menjadi 90% dan ketika berumur 60 tahun maka akan menjadi 75%.

Pengertian Hepatitis B beserta pencegahannya telah kami uraikan di atas untuk Anda. Sebagai catatan bahwa artikel yang kami tulis ini bukanlah sebuah nasihat medis ataupun pengganti dokter. Artikel kami ini hanya sekedar untuk menambah wawasan saja supaya pengetahuan mengenai penyakit Hepatitis B lebih luas dan mendalam. Jika memang terserang oleh penyakit ini dimohon segera menindak lanjuti ke pihak dokter yang benar-benar ahli sebelum terlambat. Demikian sedikit kata yang bisa kami sampaikan dan mohon maaf jika ada penulisan yang salah.