Sabtu, 12 Agustus 2017

Pengertian Jaringan Meristem Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian jaringan meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang memiliki wujud sekumpulan sel-sel penyusun yang bersifat embrional yang artinya mampu untuk membelah diri secara terus-menerus untuk menambah jumlah sel. Jaringan ini mudah ditemukan pada titik-titik tumbuhan pada batang maupun akar. 
Pada bagian akar atau batang ini disebut sebagai meristem primer yang membentuk kambium. Dimana pada batang tumbuhan, kambiu, ini memiliki dua jenis yakni kambium vaskular dan kambium gabus dimana keduanya memiliki tugas untuk melakukan pertumbuhan sekunder yang dialami oleh tumbuhan dan disebut meristem sekunder. Ciri-ciri meristem ini antara lain banyak mengandung protoplasma, vakuola kecil, inti besar, plastid belum matang serta memiliki dinding tipis.

Jenis-Jenis Jaringan Meristem

Pengertian jaringan meristem ini memiliki berbagai jenis yang berasal dari asalnya maupun tata letaknya. Berdasarkan asalnya, jaringan meristem ini terbagi dalam 3 bagian yaitu promeristem, meristem primer dan mersitem sekunder. Promeristem merupakan jaringan yang sudah ada pada saat tumbuhan masih berada dalam fase embrio. Meristem primer merupakan jaringan yang dapat ditemukan pada tumbuhan dewasa yang sel-selnya mampu terbelah yang terdapat di bagian ujung akar serta pada bagian ujung batang sehingga mampu membuat tumbuh dengan tinggi. 

Sedangkan meristem sekunder merupakan jaringan yang berasal dari meristem primer dan hasil dari perkembangan meristem primer. Berdasarkan tata letaknya, terdapat 3 jenis mersitem yaitu meristem epikel, meristem interkalar dan meristem lateral. Meristem epikel merupakan meristem yang ada pada ujung batang dan ujung akar yang membuat jalinan di dalam tanah untuk mendapatkan air yang dibutuhkan oleh tumbuhan. 

Meristem interkalar disebut juga meristem antara karena ada diantara jaringan-jaringan dewasa dan meristem primer. Lalu yang terakhir adalah meristem lateral merupakan meristem yang membuat pertumbuhan pada meristem sekunder. Pengertian jaringan meristem ini berdasarkan asal dan tata letaknya cukup mudah dimengerti. 

Pengertian jaringan meristem ini digunakan sebagai salah satu pembahasan dalam pelajaran biologi. Dengan mengenal jaringan meristem ini tentu akan mempermudah bagaimana cara merawat tumbuhan agar mampu tumbuh dengan baik. Secara umum, tumbuhan itu dapat dibedakan dengan mampu membagi atau menghasilkan sel-sel dari tipe yang berbeda. Itu sebabnya pembelahan sel dalam jaringan meristem ini sangat diperlukan untuk membantu menyediakan kebutuhan tumbuhan tersebut. 

Pengertian jaringan meristem ini mungkin untuk sebagian orang terdengar asing namun memang mengetahui jaringan meristem ini tentu akan membantu Anda yang suka dengan tumbuhan dan ingin tumbuhan Anda dapat melakukan pertumbuhan. Dengan mengetahui jenis-jenis meristem ini tentu akan mampu memudahkan Anda bagaimana cara merawat tumbuhan tersebut. Fungsi dari jaringan meristem ini tentu sangat penting untuk tumbuhan itu sebabnya apabila jaringan ini mengalami kerusakan tentu pertumbuhan dari tumbuhan itu tidak maksimal.