Pengertian Zaman Aksara di Indonesia

Pengertian Zaman Aksara - Mungkin banyak orang yang belum mengetahui zaman aksara dan pengertian zaman aksara. Di dalam kehidupan masa lalu, manusia dibedakan menjadi 2 masa, yakni masa manusia belum mengenal aksara atau tulisan dan masa dimana manusia sudah mengenal aksara atau tulisan. Masa dimana manusia belum mengenal aksara atau tulis disebut juga dengan masa praaksara, sedangkan masa dimana manusia sudah mengenal tulis disebut dengan masa aksara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa zaman aksara yaitu zaman di mana manusia sudah mengenal tulisan. 
Aksara sendiri adalah sebuah sistem simbol visual yang ada pada kertas dan media lainnya seperti batu, kain, kayu dan lainnya untuk mengungkapkan unsur ekspresif di dalam suatu bahasa. Istilah lainnya untuk menyebutkan aksara merupakan sistem tulisan, alfabet dan abjad adalah istilah yang berbeda karena sebuah tipe aksara yang berdasarkan klarifikasi fungsinya. Terdapat unsur-unsur kecil yang terkandung di dalam suatu aksara yaitu huruf, diakritik, tanda baca, grafem dan lain sebagainya.
Secara etimologis aksara berasal dari bahasa Sanskerta yakni akar kata a-, tidak dan kshara, termusnahkan. Sehingga aksara dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang tidak termusnahkan. Dikatakan tidak termusnahkan karena peran aksara di dalam mendokumentasikan suatu peristiwa komunikasi di dalam bentuk tulis sangat memberikan pengaruh yang sangat besar. Contohnya melalui aksara yang ditatahkan diatas batu sampai ditulis di atas daun lontar serta lempeng tembaga merupakan bukti bahwa manusia sudah memasuki zaman aksara.

Tradisi dan sejarah masyarakat Indonesia berkembang juga di zaman aksara, yaitu ketika masyarakat Indonesia sudah banyak mengenal tulisan. Pada masa aksara ini, tradisi sejarah mulai direkam melalui tulisan sehingga muncullah rekaman tulis. Pengertian zaman aksara pada masa rekaman tertulis ini sebenarnya sama dengan tradisi pada zaman pra-aksara yakni ketika tumbuh dan berkembangnya melalui pewarisan di dalam masyarakat. 

Ketika masyarakat Indonesia memasuki zaman aksara, tentunya sangat membantu masyarakat Indonesia karena dengan tulisan dapat berpengaruhi di semua aspek seperti pemerintahan, sosial budaya dan lainnya. Itulah mengapa harusnya kita sebagai masyarakat Indonesia yang sudah hidup di zaman modern dan aksara semakin berkembang serta tidak kesusahan dalam mencari tinta, kita harus memanfaatkan anugerah itu semua menjadi yang lebih baik. 

Sejarah masyarakat Indonesia di masa aksara berkembang ketika terdapat kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunan menuju Nusantara dengan melewati jalan barat serta melewati jalur utara dan sampai di irian atau Papua. Ternyata kedatangan tersebut membawa pengaruh yang besar dalam berbagai bidang dan perkembangan sejarah kehidupan masyarakat Indonesia. Pada masa aksara ini perkembangan budaya hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia hingga saat ini. 

Demikian penjelasan mengenai pengertian zaman aksara yang sangat berpengaruhi di segala aspek di Indonesia saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari zaman aksara.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top