Wajib Tahu, Pengertian Jurnal Penyesuaian Yang Sebenarnya

Pengertian Jurnal Penyesuaian - Dalam dunia pendidikan, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya jurnal. Apa itu jurnal? Jurnal adalah semisal majalah yang biasanya dibuat dalam renggang waktu tersendiri, dan biasanya juga berisi tentang artikel-artikel yang cukup berkualitas. Jadi, jurnal sebuah kumpulan tulisan yang cukup berkualitas dari orang-orang yang cukup piawai di bidangnya, dan biasanya terbit setiap waktu yang telah ditentukan. Ternyata jurnal tidak hanya dapat didapatkan dalam dunia pendidikan, karena dalam dunia perusahaan, terkhusus akuntansi, ada juga jurnal penyesuaian. Apa itu pengertian jurnal penyesuaian?
Jurnal penyesuaian adalah sebuah jurnal atau catatan dalam dunia perusahaan atau istilah dalam ilmu akuntansi yang bertujuan untuk menyesuaikan perubahan saldo, sehingga catatan saldo berada pada angka yang sesungguhnya dengan saldo yang nyata. Jurnal penyesuaian ini juga mempunyai peran yang cukup besar dalam dunia perusahaan, karena jurnal penyesuaian berbicara tentang sesuatu yang nyata atau sebagai data valid tentang keuangan perusahaan. Sehingga sebuah perusahaan tidak kehilangan data atau tidak kebingungan menghitung saldo setelah angka mengalami perubahan.

Begitulah pengertian jurnal penyesuaian. Sedangkan fungsi jurnal penyesuaian, selain menyesuaikan catatan saldo setelah mengalami perbedaan, juga masih memiliki beberapa fungsi yang akan sangat membantu crew perubahan dalam menyesuaikan saldo sebenarnya dengan data yang tertulis. 

Berikut adalah beberapa fungsi jurnal penyesuaian terhadap kelangsungan sebuah perusahaan:

1. Fungsi jurnal penyesuaian adalah mencocokkan atau menyesuaikan catatan saldo yang akan dijadikan sebagai dokumen dengan saldo yang sesungguhnya. Catatan tersebut kiranya sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena catatan atau data keuangan sebuah perusahaan merupakan hal yang harus benar-benar dijaga dan selalu disesuaikan dengan kenyataannya. Karena jika tidak, maka jika mengalami pergantian karyawan, maka karyawan selanjutnya akan kebingungan terkait keuangan perusahaan, sehingga laju perusahaan mudah terombang-ambing.

2. Selain itu, fungsi dari jurnal penyesuaian adalah menyesuaikan pendapatan lengkap beserta beban selama periode yang telah ditentukan. Periode tersebut dapat berdurasi selama sebulan enam bulan, maupun satu tahun. Yang pasti, setiap ada pendapatan masuk atau keuntungan, maka jurnal penyesuaian akan selalu berganti angka. Begitu juga jika perusahaan sedang mengeluarkan beban, entah itu beban listrik, beban gaji karyawan maupun beban lainnya. Jelasnya, setiap keuangan perusahaan mengalami perubahan, baik naik maupun turun, jurnal penyesuaian selalu berubah untuk menyesuaikan keuangan yang sesungguhnya.

Itulah garis besar dari fungsi jurnal penyesuaian. Dalam jurnal penyesuaian, terdapat beberapa akun yang biasanya selalu berganti setiap periode. Beberapa akun yang sering berganti setiap periode tersebut adalah disimak dalam ulasan di bawah ini:

1. Akun perlengkapan adalah hal yang paling sering berganti, karena perlengkapan sangat identic dengan kebutuhan. Sedangkan kebutuhan itu sendiri merupakan hal yang paling mendasar dalam sebuah perusahaan.

2. Selanjutnya adalah akun pendapatan. Akun pendapatan ini tidak kalah seringnya berubah sewaktu-waktu. Karena yang dicari sebuah perusahaan tidak lain lagi adalah adanya pendapatan. Semakin sering mendapat pendapatan, maka semakin baik pula keuangan sebuah perusahaan. Nah, karena itulah akun pendapatan selalu berubah dalam jurnal penyesuaian.

3. Begitu pula dengan akun beban yang harus dibayar awal, juga akan nampak selalu berganti dalam jurnal penyesuaian.

Pengertian jurnal penyesuaian ini sangatlah penting bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis, atau setidaknya menjalankan roda perekonomian lewat jalur perdagangan dalam skala kecil. Meskipun dalam skala kecil, jurnal penyesuaian ini juga sangat diperlukan dalam mencocokkan jumlah saldo, agar perkembangan perusahaan dapat terekam dengan baik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top