Gaji Pegawai Samsat

Mendengar kata samsat, yang ada di pikiran Anda sekalian mungkin adalah hal-hal yang negatif. Mengingat sering sekali saat pembuatan surat izin mengemudi, banyak pihak yang melakukan kecurangan. Sementara itu hampir di seluruh kantor samsat memiliki permasalahan yang sama. Selain pengurusan surat izin mengemudi, dalam mengurus surat kendaraan atau juga stnk, juga seringkali terjadi permasalahan. Biasanya ada pembengkakan biaya yang harus dibayarkan, padahal biaya yang tertera dalam stnk sekian, namun pemilik motor harus membayar petugas dengan nominal yang lebih banyak. Misalkan saja dalam surat tanda nomor kendaraan tertera 215.000 rupiah, sementara petugas mengucapkan biaya yang harus dibayarkan sebesar 250.000. Biaya tersebut bertambah dengan alasan ada biaya administrasi, ada biaya penggantian materai atau biaya-biaya lain yang ditambahkan. Sebagai orang awam, tentu banyak masyarakat yang mengiyakan begitu saja adanya tambahan biaya tersebut.
penghasilan pegawai samsat,daftar gaji samsat,daftar gaji pegawai samsat,gaji karyawan samsat,gaji honorer samsat,tunjangan pegawai samsat,gaji kerja di samsat,gaji pegawai jasa raharja,

Terkait dengan gaji para pegawai yang ada di samsat, tidak banyak bocoran berapa gaji pokok yang biasa diterima oleh pegawai di lembaga ini. Ada yang bilang gajinya antara 1,5 juta sampai 5 juta bahkan lebih. Ada juga yang mengatakan bahwa gaji pokok yang diterima oleh petugas samsat antara 3 juta rupiah sampai 7 juta rupiah tiap bulan. Gaji pokok tersebut sebagaimana tingkat posisi dan golongan yang diterima. Jadi masing-masing pegawai juga berbeda. Namun banyak masyarakat yang mengira bahwa jika honor yang dikeluarkan untuk menebus surat tanda nomor kendaraan tersebut meningkat, maka gaji para pegawai yang bertugas di samsat juga otomatis meningkat. Perkiraan ini sejalan dengan maraknya praktik-praktik tidak benar atau curang, yang dilakukan oleh beberapa petugas yang ada di samsat.

Samsat atau sistem administrasi manunggal satu atap memang diproyeksikan dapat membantu masyarakat dalam melancarkan kegiatannya. Tujuan dibentuknya lembaga ini adalah agar pelayanan pemerintah kepada masyarakat bisa lebih cepat dan lebih lancar. Bentuk kerja sama antara polisi republik Indonesia dengan Jasa Raharja dan Dinas pendapatan provinsi ini juga bertujuan untuk menambah pemasukan dana ke kas negara dengan satu jalan. Jadi ada beberapa kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dalam satu kantor samsat, yakni penerbitan surat tanda nomor kendaraan (stnk), kemudian pengelolaan sumbangan wajib dana kecelakaan yang dikelola oleh jasa raharja, dan pengelolaan biaya atau pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan yang langsung dikelola dan ditetapkan oleh pihak dinas pendapatan provinsi. Namun tidak semua kegiatan tersebut bisa selesai dalam satu waktu. Ada yang bisa selesai satu hari, tapi beberapa butuh beberapa hari bahkan satu minggu lebih untuk menuntaskannya.

Pada tahun 2017 yang lalu, ada beberapa kenaikan biaya administrasi. Seperti misalnya pada biaya pembuatan atau perpanjangan surat tanda nomor kendaraan. Pada mulanya pembuatan dan perpanjangan stnk tersebut hanya membutuhkan biaya sebesar 50.000. tapi kemudian pada 2017 naik dua kali lipat menjadi 100.000 rupiah. Belum lagi untuk roda empat, yang awalnya hanya 75 ribu rupiah, naik menjadi 200 ribu rupiah. Selain itu, kenaikan biaya juga terjadi pada penerbitan tanda nomor kendaraan roda dua dan tiga yakni dari yang awalnya 30 ribu menjadi 60 ribu rupiah. Sedangkan untuk roda empat, dari 50 ribu naik menjadi 100 ribu rupiah. Belum lagi untuk penerbitan bpkb yang pada kendaraan roda dua dan tiga naik drastic dari 80 ribu menjadi 225 ribu rupiah. Sementara untuk kendaraan roda empat dari yang awalnya hanya 100 ribu naik menjadi sebesar 375 ribu rupiah. Hal ini tentunya berpengaruh pada gaji pegawai samsat, yang melayani para pemilik kendaraan. Mengingat harga tersebut seringkali juga lebih banyak dari yang sudah ditentukan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top