Perbedaan Xpander Vs Avanza

Mitsubishi Xpander siap menantang kelas LMPV di jalanan Indonesia. Salah satu lawannya, Honda Mobilio. Seperti apa perbandingan persenjataan fitur Xpander melawan Mobilio? Supaya adil, varian tertinggi yang kita bandingkan di sini, Xpander Ultimate dan Mobilio RS CVT.

Ulasan Mengenai Perbedaan Xpander Vs Avanza

Soal desain, memang keduanya berbeda. Xpander menawarkan desain dengan dimensi lebih tinggi, mirip Avanza-Xenia dan Ertiga. Mobilio satu kelompok dengan Nissan Grand Livina. Tak ada masalah di sini, semuanya sesuai selera masing-masing. Namun Xpander menawarkan wajah yang sedikit di luar kebiasaan saat ini. Boleh suka atau tidak. Yang pasti, ada sedikit aura SUV dari Xpander dengan pahatan bodi tegas. Pelek Xpander juga berukuran lebih besar, 16 inci. Sementara Mobilio 15 inci.

Secara dimensi bodi, Xpander mengungguli semua aspek dari Mobilio. Mulai dari panjang, lebar, tinggi, sampai jarak sumbu roda, Xpander lebih dari Mobilio. Jarak sumbu roda yang paling penting karena berpengaruh pada kelapangan kabin. Mobilio menawarkan 2.650 mm jarak antarporos roda, sedang Xpander 2.775 mm. Begitu pula ground clearance yang dimenangkan Xpander, dengan jarak 205 mm dari permukaan jalan. Sedang Mobilio memiliki ground clearance 189 mm.

Mesin dengan kode 4A91 bernaung di balik kap Xpander. Mesinnya 1.5L MIVEC DOHC dengan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya otomatis konvensional 4-speed. Honda Mobilio membawa mesin 1.5L i-VTEC SOHC dengan daya 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm yang disalurkan melalui transmisi CVT. Dari situ jelas, output mesin Mobilio lebih besar, baik tenaga dan torsinya. Keduanya menjanjikan tenaga dan efisiensi yang cukup. Tergantung penggunaan dan kondisi jalan, output lebih besar mungkin menjadi preferensi masing-masing.

Supaya tampil lebih sporty interior Mobilio RS mengambil tema serba hitam. Xpander berbeda, dengan dua warna dan warna krem beige mendominasi. Dengan itu, kenyamanan Xpander juga berusaha ditingkatkan dengan bangku baris kedua yang bisa dimaju-mundurkan bagian dudukan dan sandarannya (sliding dan reclining). Masih ada lagi, sejumlah kompartemen penyimpanan tersebar di penjuru kabin Xpander dan colokan listrik tersedia di setiap baris. Pengemudi juga dimanjakan dengan pengaturan lingkar kemudi tilt dan telescopic.

Meski bangku kedua dan ketiga bisa dilipat untuk meningkatkan daya bagasi, Xpander masih kalah dengan Mobilio. Kita tahu Honda punya konfigurasi pelipatan bangku yang sangat fleksibel. Dari sektor hiburan, Xpander didukung infotainment layar sentuh yang bisa menampilkan kamera mundur. Begitu juga dengan Mobilio. Keduanya menawarkan beragam konektivitas untuk memainkan musik. Tapi punya Mobilio bisa memainkan cakram CD/DVD/MP3. Kontrol audio juga bisa diakses melalui tombol pada lingkar kemudi Xpander maupun Mobilio. Keyless entry dan tombol start/stop mesin juga sudah ditawarkan keduanya.

Selain itu, dari sisi keselamatan, keduanya menawarkan fitur serupa. Kantung udara dua di depan, rem dengan ABS. EBD dan BA, hill start assist dan vehicle stability assist serta kamera parkir mundur. Soal harga ternyata beda tipis. Harga Mitsubishi Xpander Ultimate AT Rp 245,35 juta. Honda Mobilio RS CVT Rp 243,5 juta. Karena harga dan fitur keduanya mirip, tinggal pilih sesuai selera dari desain dan rasa berkendara. Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan semoga selalu memberikan banyak mandaat untuk kalian semua penggemar otomotif.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top