Jumat, 23 November 2018

Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian Dengan Mudah

Loading...
loading...
Sosial media Instagram saat ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu platform favorit bagi masyarakat untuk berekspresi. Hal ini tentunya memberikan dampak berupa berbagai tren yang merebak dari Instagram atau kerap juga disebut sebagai sesuatu yang kekinian. Nah baru-baru ini di Instagram sedang hangat mengenai makanan kekinian yaitu asinan rambutan. Seperti halnya asinan pada umumnya, asinan rambutan ini diolah dengan rempah atau bumbu tertentu sehingga menghasilkan cita rasa manis, pedas, segar dan juga masam. Rasa nano-nano inilah yang kemudian membuat masyarakat gandrung dan jatuh cinta dengan asinan rambutan sehingga dapat viral dan didapuk menjadi makanan kekinian. Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dan ingin mencicipi langsung cita rasa dari asinan rambutan simak tutorial cara membuat asinan rambutan kekinian di bawah ini ya!

Sebelum kita masuk pembahasan inti yaitu cara pembuatan asinan rambutan terlebih dahulu kamu harus tahu bahan-bahan dasar yang diperlukan. Untuk asinan rambutan sendiri, bahan-bahannya tidak begitu sulit. Semuanya dapat kamu temukan dengan mudah di pasar atau tempat-tempat perbelanjaan modern. Nah dengan panduan resep cara membuat asinan rambutan di bawah ini kamu juga dapat mengkreasikannya lho! Misalnya kamu dapat mencampur dengan bahan baku lain seperti halnya buah-buahan lain favorit kamu. Tetapi rambutan tetap menjadi bahan utamanya ya agar kamu tidak kehilangan cita rasanya. Selain itu kamu juga dapat menyesuaikan banyak sedikit takaran bahan dengan seleramu, untuk mendapat rasa seperti yang kamu inginkan. Tanpa berlama-lama berikut adalah tutorial membuat asinan rambutan dengan mudah.
 Sosial media Instagram saat ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu platform favori Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian Dengan Mudah

Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian Mudah dan Enak

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu sebagai berikut:

· 1 kilogram rambutan

· 5 hingga 7 buah jeruk limo

· 6 hingga 7 buah kiamboi/asinan plum kering (opsional)

· Gula secukupnya

· Garam secukupnya

· Cabe rawit secukupnya

2. Kupas buah rambutan, pisahkan dengan bijinya dan irislah menjadi dua bagian atau sesuai selera. Letakkan dalam wadah terpisah.

3. Campurkan air perasan jeruk limo pada buah rambutan.

4. Kemudian masukkan bahan atau rempah seperti halnya cabe rawit (yang sudah diiris halus), garam dan gula sesuai selera kemudian aduk rata.

5. Tambahkan potongan jeruk limo serta kiamboi, campurkan kembali.

6. Lalu, diamkanlah dalam lemari pendingin minimal satu jam atau selama beberapa jam untuk mendapatkan kuah yang lebih banyak.

7. Asinan rambutan siap dinikmati.

Nah jadi begitulah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat asinan rambutan kekinian, sangat mudah bukan? Sebagai catatan kamu dapat menyesuaikan jumlah rempah yang dimasukkan. Kamu dapat menyesuaikannya dengan selera kamu, untuk cita rasa yang lebih pedas kamu dapat menambah cabe rawit. Sedang untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih tentunya kamu dapat menambahkan garam, atau bagi kamu yang lebih menyukai dominan rasa manis dapat menambahkan gula. Jadi asinan rambutan yang kamu buat memiliki cita rasa pas yang sesuai dengan selera.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kamu sudah bisa membuat asinan rambutan kekinian sesuai cita rasa yang kamu inginkan. Bahkan kamu dapat memvariasikannya sesuai selera, jadi tak harus membeli sebab kamu juga bisa membuatnya sendiri. Tentunya akan lebih memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan. Lagipula step-stepnya juga mudah jadi tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Sekian tutorial cara membuat asinan rambutan kali ini, semoga dapat membantu dan selamat mencoba!