Jumat, 21 Desember 2018

5 Cara Agar Alpukat Cepat Matang Yang Perlu Dicoba

Alpukat adalah salah satu buah paling enak. Bukan hanya enak, alpukat juga penuh gizi. Namun, anda harus tahu bahwa gizi alpukat saat belum matang dengan sudah matang sangat berbeda. Meskipun begitu, umumnya alpukat dijual di pasaran dalam kondisi belum sepenuhnya matang. Tentu saja, hal ini menjadi masalah jika kalian ingin segera mengkonsumsinya. Lalu, bagaimana cara agar alpukat cepat matang?
Alpukat adalah salah satu buah paling enak 5 Cara Agar Alpukat Cepat Matang Yang Perlu Dicoba

Tips Membuat Buah Alpukat Cepat Matang

Alpukat bisa dimakan langsung ataupun dibuat jus untuk minuman. Bisa juga dicampur dengan bahan lain untuk membuat es buah, roti, dan lain sebagainya. Tentu saja, alpukat sebaiknya dikonsumsi jika sudah matang. Berikut adalah beberapa cara agar alpukat cepat masak:

1. Bungkus dengan Kantong Kertas

Dengan membungkus alpukat menggunakan kantong kertas, maka alpukat yang masih mentah akan matang dalam waktu kurang lebih 3 hingga 4 hari. Simpanlah pada suhu yang tidak panas misalnya di kamar. Ini adalah cara yang sangat mudah dan efektif tanpa ribet serta tidak memerlukan biaya karena bisa membuat kantong kertas sendiri.

2. Simpan di Dekat Buah yang Matang

Percaya atau tidak, menyimpan alpukat mentah di dekat buah lain yang telah masak akan membuat buah alpukat menjadi cepat matang. Caranya adalah dengan membungkus alpukat menggunakan kantong kertas bersama dengan buah lain yang sudah masak seperti tomat, apel, pisang, dll. Hal ini dikarenakan adanya gas etilen yang terlepas dari buah lain yang matang tersebut sehingga mempercepat pematangan.

3. Membenamkan Alpukat dalam Tepung

Cara agar alpukat cepat matang bisa juga dengan membenamkannya ke dalam tepung. Ini juga sangat efektif dan terbukti. Bukan hanya alpukat, cara ini juga bisa dipraktekkan untuk buah lain supaya cepat matang. Semakin banyak alpukat yang kalian ingin matangkan, semakin banyak pula tepung yang dibutuhkan. Kalian bisa menggunakan ember atau wadah lain.

4. Letakkan dekat Jendela

Salah satu cara agar buah alpukat cepat matang adalah dengan meletakkannya dekat jendela. Dengan begitu, alpukat akan matang dan siap dikonsumsi 2 hari kemudian. Cara ini lebih efektif daripada sekedar melatakkan di dapur. Ciri buah alpukat sudah matang adalah dengan menekan buahnya. Apabila warnanya berubah & daging terasa lembut, artinya alpukat sudah matang & siap dikonsumsi.

5. Gunakan Microwave

Satu lagi cara cepat agar alpukat matang ialah menggunakan microwave. Cara ini hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit untuk mematangkan alpukat. Meskipun cepat, namun cara ini hanya untuk cara darurat saja dan menjadi pilihan terakhir. Alasannya, rasa alpukat akan terasa beda.

Pertama-tama, tusuklah isi alpukat dengan garpu. Kemudian, alasi microwave menggunakan tisu atau kain lalu letakkan alpukat di atasnya. Setelah itu, gunakan panas yang sedang serta atur waktu 30 detik. Jika 30 detik kemudian belum matang, maka ulangi lagi cara tersebut selama 30 detik. Biasanya, cara ini cocok untuk campuran resep makanan / minuman, bukan dikonsumsi langsung.

Itulah beberapa cara agar alpukat cepat matang. Sebaliknya, jika kalian ingin membuat alpukat tidak cepat matang, maka simpanlah di dalam kulkas atau lemari es. Dengan menyimpannya di lemari es, maka alpukat akan dapat bertahan bahkan hingga seminggu lebih. Jadi, kalian tidak harus buru-buru mengkonsumsinya. Mudah-mudahan panduan dan tips ini bermanfaat.