Jumat, 14 Desember 2018

Cara Buat Manisan Rambutan Yang Nikmat Dengan Mudah

Loading...
loading...
Indonesia memang kaya dengan sajian kuliner nya yang sangat beraneka ragam. Hampir setiap bahan makanan bisa dibuat menjadi menu kuliner yang menarik dengan cita rasa yang kaya akan bumbu. Di saat cuaca panas seperti sekarang ini, banyak juga menu yang menyegarkan dan nikmat untuk disantap guna memberikan kesegaran pada tenggorokan dan tubuh, salah satunya adalah manisan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai cara buat manisan rambutan yang sangat terkenal di Banjarmasin dan menjadi kuliner yang menjadi legenda di Indonesia.

Sebagaimana kita tahu, tentu saja cukup banyak terdapat menu manisan di Indonesia yang dibuat dengan bahan yang berbeda pula. Namun manisan rambutan dapat diandalkan karena rasanya yang manis. Pada dasarnya, rambutan memang memiliki rasa yang manis dan enak. Terlebih, dagingnya yang putih dan tebal membuat seseorang menjadi lebih berselera untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Lalu, bagaimana cara untuk membuat manisan dari rambutan? Nah, kita akan membahasnya di bawah ini. Selamat membaca.
 Indonesia memang kaya dengan sajian kuliner nya yang sangat beraneka ragam Cara Buat Manisan Rambutan Yang Nikmat Dengan Mudah

Membuat Manisan Rambutan dengan Mudah

Untuk membuat manisan rambutan, ada beberapa langkah di mana harus anda lakukan. Adapun beberapa langkah buat manisan rambutan akan dijelaskan melalui beberapa bagian. Pada langkah pertama, anda harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Beberapa bahan di mana harus disiapkan adalah sebagai berikut:

· 2 ikat rambutan atau setara dengan 1 kg rambutan

· 10 buah cabai rawit merah

· 3 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya

· 2 buah jeruk nipis, iris tipis

· 2 sendok makan gula pasir atau sesuai keinginan

· 1 sendok makan garam

Jika dilihat, beberapa bahan di atas tentu saja sangat sederhana dan mudah sekali didapatkan di sekitar anda. Jika beberapa bahan tersebut sudah disiapkan dengan baik dan lengkap, maka kita beralih pada cara buat manisan rambutan. Adapun beberapa langkah di mana harus dilakukan dalam proses pembuatan adalah sebagai berikut:

· Kupas rambutan dan pisahkan daging dengan bijinya

· Jika sudah, masukkan ke dalam wadah yang cukup besar

· Masukkan rambutan

· Siapkan cabai lalu iris kecil-kecil atau anda juga bisa menumbuknya

· Jika sudah, masukkan cabai dan campur dengan rambutan

· Masukkan pula jeruk nipis irisan dan tuang air perasan jeruk

· Aduk hingga rata

· Tambahkan gula sesuai keinginan lalu aduk kembali

· Jika sudah, langkah buat manisan rambutan selanjutnya adalah tambahkan garam dan koreksi rasa

· Rasa manisan harus asam, asin, pedas dan manis

· Jangan campur air pada adonan manisan

· Diamkan selama 4 jam di dalam lemari es

· Sajikan

Nah, dari beberapa penjelasan di atas, tentu kita bisa menyimpulkan bahwa cara pembuatan manisan dari rambutan tergolong cukup mudah dan sangat simple. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manisan rambutan terasa nikmat. Salah satu yang paling penting adalah pemilihan rambutan. Usahakan untuk memilih rambutan ace yang memiliki daging tebal. Jangan memilih rambutan lain terlebih rambutan yang terlalu matang karena daging biasanya akan hancur.

Selain itu, dalam pemilihan cabai, usahakan memilih cabai yang segar dan tidak terlalu masak. Cabai yang segar tentu akan mengeluarkan rasa pedas yang lebih maksimal dari cabai yang terlalu matang. Nah, asinan ini bisa disajikan pada saat hawa panas menyengat. Dengan paduan rasa yang unik, asinan bisa menjadi panganan alternative untuk menemani siang hari anda. Jika anda tidak terlalu suka pedas, maka kurangi saja jumlah cabai yang anda gunakan. Demikian pembahasan mengenai cara buat manisan rambutan yang mudah. Semoga bermanfaat.