Minggu, 02 Desember 2018

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak Via Online

Loading...
loading...
Jika anda memiliki kartu BPJS, salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakannya adalah melihat status kartu BPJS yang anda miliki. Karena jika status kartu tersebut tidak aktif maka anda tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan dimanapun dan sampai kapanpun. Memang sistem BPJS ini tidak mengenal pemberhentian dari kepesertaan BPJS karena sekali anda mendaftarkan diri maka selamanya anda akan menjadi peserta dan memiliki kewajiban membayar iuran kecuali peserta adalah penerima bantuan dari pemerintah. Oleh karena itu, jika anda merupakan peserta yang bukan dari bantuan pemerintah status didalam kepesertaan anda adalah aktif atau tidak aktif. Oleh karena itu, penting bagi kita mengecek keaktifan sebelum menggunakannya. Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan dengan cukup mudah karena anda tidak perlu datang ke rumah sakit terdekat. Hanya dengan akses internet, anda bisa melihat status keanggotaan anda.

Penyebab status keanggotaan non-aktif
 salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakannya adalah melihat status kartu BP Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak Via Online

Sebelum masuk pada pembahasan cara mengecek BPJS kesehatan aktif atau tidak, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa faktor mengapa kita tidak aktif. Beberapa faktor yang membuat tidak aktif diantaranya adalah peserta menunggak pembayaran iuran BPJS. Dalam aturan, 1 bulan saja anda menunggak, kartu langsung dinonaktif dan kartu tidak bisa digunakan untuk berobat. Selain itu, faktor lainnya adalah salah satu anggota keluarga di KK menunggak iuran BPJS. Dalam aturan, setiap anggota dalam KK diwajibkan ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS oleh karena itu, jika salah satu anggota ada yang menunggak, meskipun kita selalu setor maka kartu kita tidak bisa digunakan (diblokir).

3 Cara mudah mengecek BPJS kesehatan aktif atau tidak

Untuk kalian yang ingin mengecek keaktifan/ tidaknya kartu BPJS anda, berikut ini ada setidaknya 3 Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak yang bisa digunakan untuk pengecekan. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan.

1. Melalui SMS Gateway

Metode ini sangat mudah dan simpel karena anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan format khusus dalam pengecekan. Jika sudah melakukan hal tersebut, maka anda bisa mendapatkan informasi tentang keanggotaan. Berikut ini caranya:

· NOKA <spasi> NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

2. Melalui Call Center BPJS

Selain SMS, anda juga bisa menelpon langsung ke call center BPJS dimana bisa dihubungi di nomor telpon 1500400. Caranya pun cukup mudah karena anda hanya perlu menelpon langsung ke nomor call center tersebut kemudian anda bisa mengutarakan maksud anda. Cara ini tidak hanya digunakan untuk mengetahui keaktifan saja karena bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lainnya terkait BPJS.

3. Melalui fasilitas BPJS Online

Cara mengecek Keaktifakn BPJS kesehatan selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan akses internet (online). Cara ini cukup mudah karena anda bisa mengunjungi ke website resmi BPJS. Simaklah langkah-langkahnya:

· gunakan link bpjs checking

· anda diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS anda dan tanggal lahir anda

· anda akan mendapatkan informasi tentang keaktifan, tunggakan, dan lain sebagainya

Demikianlah Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak yang bisa kalian gunakan. Selain cara diatas, pada dasarnya anda juga bisa menggunakan aplikasi BPJS untuk mengetahui keaktifan anda. Penggunaan teknologi ini sangat memudahkan kita dalam pengecekan. Namun, anda juga tidak perlu melakukan pengecekan apabila anda rajin dan selalu melakukan iuran tiap bulannya atau tidak ada penunggakan iuran tiap bulan. Walaupun begitu, mencoba mengecek juga tidak ada salahnya.