Senin, 03 Desember 2018

Cara Mengetahui NIK Secara Online

Loading...
loading...
Semenjak diberlakukan registrasi kartu perdana dengan menggunakan NIK dan no kk. Banyak orang bingung mengetahui no niknya. Apalagi untuk anak yang masih dibawah umur dan belum memiliki KTP. Pasti bingung untuk mengetahui niknya. Terkadang kita juga lupa tidak membawa KTP. Saat ini ada cara mengetahui NIK secara online. Sehingga lebih mudah dan tak perlu membawa kartu KK kemana-mana.

NIK atau kartu induk kependudukan merupakan data penting yang harus dimiliki semua warga indonesia. Nomor ini yang digunakan untuk menyimpan data diri kita. Seperti alamat rumah, tanggal lahir, nama orang tua dan lainnya. Selain terdapat di KTP, NIK juga terdapat di kartu keluarga, anda harus merahasiakan, nomor nik supaya tidak disalahgunakan. Untuk registrasi kartu perdana orang lain. Satu nomor NIK bisa digunakan untuk 3 kartu saja.
Semenjak diberlakukan registrasi kartu perdana dengan menggunakan NIK dan no kk Cara Mengetahui NIK Secara Online

NIK berjumlah 16 digit dan setiap orang memiliki nomor yang berbeda. Saat ini di kartu kelahiran anak, terdapat NIK. Jadi tidak perlu menunggu memiliki KTP untuk mendapatkan NIK. Di kartu keluarga pun, setiap anggota keluarga memiliki NIK. Walaupun anak tersebut belum berumur 17 tahun. NIK itu bisa digunakan untuk registrasi kartu perdana. Jadi bagi anak-anak pun, akan lebih mudah proses pendaftarannya.

Pendaftaran kartu perdana dengan NIK wajib dilakukan. Bila tidak diregistrasikan, kartu akan diblokir. Memperbaiki nomor yang diblokir pun harus ke service center operatornya. Oleh karena itu, anda harus menyimpan dan mengetahui nomor nik dengan sebaik mungkin. Jangan sampai digunakan orang lain dan akhirnya anda tidak bisa mendaftarkan nomor telepon milik anda.

Langkah mengetahui NIK secara online

Cara mengetahui nik secara online sangat mudah. Karena nantinya pemerintah menerapkan sistem online, untuk semua informasi data diri. Anda bisa cek lewat website resmi dukcapil pusat atau provinsi masing-masing. Tetapi untuk website dukcapil provinsi, masih banyak daerah yang belum memilikinya. Terutama daerah yang berada di perdalaman. Cara pengecekannya bisa ikuti langkah berikut ini:

· Masuk ke website resmi dukcapil. Untuk website provinsi, bisa cek di dukcapil masing-masing

· Masukan nama depan, nama belakang dan nama ibu yang terdapat di kartu keluarga

· Centang verifikasinya dan klik cek

Tetapi sayangnya cara ini terkadang eror atau tidak bisa digunakan. Yang paling mudah tentunya, harus selalu membawa ktp atau kk. Kalau perlu catat nomor kependudukan di gadget anda. Berharap nantinya, pemerintah membuat aplikasi untuk cek nik online. Seperti aplikasi di kartu bpjs. Sehingga semua orang tak perlu membawa ktp kemana-kemana. Semuanya sudah tertulis lengkap di aplikasi tersebut. Karena nantinya masalah informasi ini sangat penting.

Di mulai dari pendaftaran kartu perdana, dengan memakai NIK. Supaya tidak ada lagi penyalahgunaan kartu perdana untuk penipuan. Pelacakan nomor pun lebih mudah. Mungkin nantinya, nik ini bisa digunakan untuk berbagai hal lainnya. Selain melakukan pengecekan nomor nik, anda juga bisa tahu status dari nomor tersebut. Sudah digunakan untuk mendaftar nomor telepon atau belum. Pengecekannya bisa masuk ke website dukcapil atau sms ke nomor operator yang anda gunakan. Nanti akan diinformasikan data dari nik tersebut. Bila nik digunakan orang lain, segera laporkan. Sehingga tidak di salah gunakan.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara mengetahui nik secara online. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.