Sabtu, 01 Desember 2018

Praktek Cara Membersihkan Dispenser Agar Selalu Higienis

Loading...
loading...
Cara membersihkan dispenser - Meningkatnya jumlah pabrik dan perusahaan besar yang menghasilkan limbah, memberi dampak yang kurang baik untuk kualitas lingkungan hidup salah satunya air yang menjadi sumber utama kehidupan makhluk hidup. Untuk menanggulangi konsumsi air yang kurang baik jika digunakan memasak dan minum, kebanyakan ibu rumah tangga beralih menggunakan air isi ulang dalam galon dibanding dengan air PDAM. Tentunya air isi ulang telah mengalami proses pengolahan lebih layak minum dibanding dengan air PDAM yang biasanya kita masak sendiri untuk dikonsumsi. Namun kelemahan dari air isi ulang adalah dikemas dalam ukuran galon sehingga menyusahkan kita ketika akan minum karena harus menuang dari galon yang ukurannya cukup besar dan berat.

Namun untuk mengatasi permasalahan menuang air isi ulang dari galon, saat ini tersedia dispenser yang dapat memudahkan kita menuang air isi ulang. Dispenser merupakan barang elektronik yang sangat membantu pekerjaan kita terutama ibu rumah tangga untuk menuangkan air dari galon untuk dikonsumsi secara langsung dengan mudah. Karena kita menggunakan dispenser secara terus menerus, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kebersihan dispenser agar selalu higienis ketika digunakan. Pada kesempatan kali ini, penulis akan melakukan pembahasan mengenai cara membersihkan dispenser dengan benar agar tetap bersih dan higienis.
Meningkatnya jumlah pabrik dan perusahaan besar yang menghasilkan limbah Praktek Cara Membersihkan Dispenser Agar Selalu Higienis

Langkah-langkah Cara Membersihkan Dispenser


Dispenser berfungsi sebagai tempat menyimpan air dari galon yang dipasangkan pada mesin tersebut, dan dapat menyediakan air panas dan dingin dengan mudah dan cepat. Jika Anda memiliki dispenser di rumah, bersihkan dispenser setidaknya setiap 4 atau 6 minggu sekali agar kebersihan dan kehigienisan air minum tetap terjaga. Sebelum membersihkan sebaiknya tunggu hingga air dalam galon habis atau kosong terlebih dahulu, agar Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengangkat galon jika masih ada isinya karena bisa mengakibatkan air tumpah. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan dispenser dengan benar untuk menjaga kualitas air yang Anda konsumsi sehari-hari.

1. Pastikan kabel atau stop kontak dari dispenser yang terhubung dengan aliran listrik telah Anda cabut agar tidak terjadi konsleting listrik.

2. Angkat galon yang sudah dikosongkan dan habiskan, karena biasanya masih terdapat sisa air dalam dispenser, maka pindahkan air yang tersisa dengan membuka kran untuk dipindahkan ke wadah lain.

3. Campurkan air perasan jeruk dengan air hangat dan tuangkan ke dalam dispenser untuk membunuh kuman atau bakteri yang menempel. Anda bisa mengganti perasan jeruk dengan sabun cair untuk cuci piring, cuka apel atau campuran pemutih dan perasan lemon.

4. Sembari mendiamkan cairan yang dimasukkan ke dalam dispenser selama beberapa menit, Anda bisa membersihkan cover atau bagian luar dispenser dengan cara mengelap menggunakan kain bersih.

5. Setelah itu bilas dispenser dengan air matang sebanyak 3 atau 4 kali hingga bersih dan pastikan tidak ada sabun yang menempel pada mesin tersebut.

6. Bersihkan galon yang telah berisi air isi ulang terutama bagian atas dan leher dengan tissu basah atau kain bersih kemudian pasang kembali galon ke dalam dispenser agar dapat Anda gunakan seperti biasanya.

Anda perlu memperhatikan cara membersihkan dispenser agar mesin sebagai tempat menyimpan konsumsi air minum untuk sementara waktu tetap bersih dan tidak menimbulkan penyakit. Pastikan mesin dispenser dan galon air isi ulang agar tetap bersih untuk menjaga kualitas air yang Anda konsumsi.