Jumat, 03 Januari 2020

5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf

5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf | Belajar sambil bermain, atau bermain untuk belajar. Ya, intinya belajar dengan cara menyenangkan. Metode pembelajaran seperti ini sangat efektif untuk sia pra sekolah atau untuk anak SD kelas 1.

Kita tahu bahwa tidak semua siswa kelas 1 sudah mengenal huruf apalagi membaca. Maka perlu treatment tersendiri agar anak tersebut bisa mengenal huruf dengan mudah dan menyenangkan. Seorang guru dituntut untuk kratif dalam menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.

Susana yang menyenangkan akan menstimulan otak anak sehingga bisa dengan mudah menyerap pelajaran yang disampaikan. Cara terbaiknya adalah belajar dengan media permainan. Bisa permainan tradisional atau permaian sederhana lainnya.

Permainan dalam kelas untuk mengenal huruf bisa diterapkan pada siswa pra sekolah atau bisa juga untuk anak kelas 1 SD. Nah, apa saja permainan yang bisa disajikan. Yuk, kita coba permainan-permainan di bawah ini di kelas Bapak/Ibu Guru.

Baca Juga : Apa yang dimaksud buku literasi?

 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf 5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf
permainan dalam kelas untuk mengenal huruf


5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengenal Huruf


1. Merangkai Huruf
Permainan ini bisa diterapkan untuk siswa yang belum mengenal huruf atau mengenal huruf tapi belum lengkap. Anda bisa membuat kartu huruf dari kertas kerton yang diberi lubang pada bagian kanan kirinya. Taruh huruf-huruf tersebut di dalam ember/baskom atau wadah apa saja.

Buat anak ke dalam beberapa kelompok. Kemudian berit masing-masing kelomk satu atau dua kata. Minta kelompok tersebut bekerjasama untuk merangkai kata-kata tersebut dari huruf yang ada dalam wadah. Bisa dirangkai dengan menggunakan tali rapia atau tali kenur.
Manfaat Permainan :
Melatih anak bekerjasama dan mengenal huruf. Dengan cara ini maka kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasa intelejensi (IQ) terasah secara bersamaan.

2. Cari dan Tunjukkan
Untuk bermain permainan ini guru harus menyiapkan beberapa kata yang ditaruh dalam sebuah wadah. Buat kata sebanyak mungkin agar tidak terlalu mudah bagi siswa untuk menemukannya. Kemudian buat sebuah permainan seperti perlombaan berlari, mengambil dan menunjukkan apa yang diambil.

Baca Juga : 3 Ciri-Ciri Orang Sukse Yang Bisa Anda Tiru

Taruh wadah di ujung kelas, kemudian buat ujung lainnya sebagai start. Tujuk 2 atau 3 anak untuk berlomba. Perintahkan pada anak tersebut untuk mengambil satu atau dua kata yang ada dalam wadah. Minta anak untuk berloma (cepat-cepatan) menemukan huruf dan kembali ke start untuk menunjukkan kata yang sudah diambil

3. Bermain Pohon Kata
Buat gambar sebuah pohon kata pada sebuah baner. Gambar pohon yang pada cabang-cabangnya ada tulisan nama-nama buah sebagi pengganti gambar buah yang menggantung. Siapkan kartu kata yang terdiri dari nama-nama buah. Tempelkan gambar (banger) pada papan tulis dan tarus kartu kata pada meja atau sebuah wadah.

Minta anak satu persatu untuk maju, dan minta anak tersbut untuk mencari sebuah nama buah dari kartu kata tersebut kemudian minta untuk menempepkan pada pohon kata. Tempelkan pada kata yang cocok yang ada pada gambar pohon kata.

4. Bermain Kartu Kata dan Gambar
Siapkan gambar-gambar, misal gambar buah atau gambar benda disekitar kita. Siapkan juga kata yang mewakili gambar-gambar tersebut. Taruh kartu huruf dan kartu gambar pada dua wadah yang berbeda.

Baca Juga : 6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri

Minta anak untuk mencari gambar dan kata yang cocok kemudian menunjukkan pada guru atau teman-teman.

5. Bermain Sambung Kata
Permainan ini sangat menarik untuk dimainkan lho. Cara bermainnya siapkan kartu kata pada sebuah wadah. Minta dua atau tiga anak bermain. Jika dua anak guru harus menyiapkan dua kata untuk dicari, jika tiga anak maka harus menyiapkan 3 kata yang nyambung. Misal guru meminta dua anak untuk mencari kata "BUAH ANGGUR". Minta dua anak untuk mencari dua kata tersebut, misal anak yang satu diminta kata BUAH, maka yang satunya mencari kata ANGGUR.

Demikian contoh 5 permainan dalam kelas untuk mengasah kemampuan anak mengenal huruf, dengan permainan-permainan seperti ini maka pembelajaran di daladm kelas menjadi lebih menyenangkan. Memang, guru harus kreatif dalam menyajikan pembelajaran.


 
close