Rabu, 01 Januari 2020

Cara Seting LAN Windows 7 dan Windows 8 Untuk Berbagi File dan Printer

Momod ads.id
Cara Seting LAN Windows 7 dan Windows 8 Untuk Berbagi File dan Printer | Menghubungkan dua komputer atau lebih pada sebuah jaringan lokal atau sering disebut dengan jaringan LAN (Local Area Network). Pada sebuah kondisi tertentu, menghubungkan dua laptop agar sangat diperlukan, bahkan dalam sebuah instansi yang terdiri dari banyak komputer dan laptop, jaringan LAN mutlak diperlukan untuk berbagai kemudahan.

Ada banyak kemudahan atau manfaat yang didapat dengan membuat jaringan LAN. Ketika antar komputer atau laptop bisa saling terhubung, maka komunikasi antara komputer juga bisa terjadi. Misal bisa berabgai file tanpa harus menggunakan device removable seprti flashisk, eksternal hardisk atupun dengan CD. Selain itu juga bisa berbagai perangkat lainnya, misal bisa berbagai pakai printer. Jadi, satu printer bisa digunakn oleh banyak komputer tanpa harus memindah-mindahkan kabel koneksi (kabel USB) printer. Bahkan dalam sebuah perusahaan besar, kmunikasi antar karyawanpun bisa berlangsung melalui sebuah jaringan LAN.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237

Bagaimana cara menghubungkan dua laptop dengan system operasi windows 7 dan windows 8?
Pertanyaan ini pernah diajukan oleh seorang teman operator sekolah kepada saya. Biasa dalam lingkungan sekolah skala kecil seperti sekolah dasar terkadang, jaringan LAN dalam bentuk sederhana sekali waktu dibutuhkan. Misal untuk mentransfer data dalam jumlah besar dari laptop satu ke laptop lainnya. Tau untuk sekedar berbagai pakai printer dalam kantor.

Untuk bisa menghubungkan dua komputer dengan jaringan LAN tidaklah sulit. Yang penting kedua komputer atau laptop sudah memiliki ethernet card (LAN Card) laptop keluaran tebaru sudah memiliki smua, dan pastkan drivernya sudah terinstal. Kemudian ada kabel LAN (RJ 45) untuk menghubungkan ke dua komputer tersebut.

Setelah kedua komputer atau laptop dihubungkan dengan kabel LAN UTP RJ 45, sekarang langkah selanjutnya adalah melakukan setting pada kedua laptop.

Baca Juga : Printer Berkualitas dan Hebat Tinta

Cara Setting LAN Menghubungkan 2 Komputer atau Laptop
1. Masuk ke Control Panel
2. Pilih Network and Sharing Center
3. Klik pada Change Advance Sharing Setting
 

4. Pastikan settingannya seperti gambar di bawah ini


5.Kembali ke Network and Sharing Center kemudian pilih Choose homegroup and sharing option

6. Klik pada Start home group trouble shooter

Pada tahap ini selesaikan dengan klik tombol Next sampai Finish. Sampai pada tahap ini, komputer atau laptop anda sudah bisa terhubung pada jaringan LAN. Tapi kedua komputer belum bisa berbagi file secara bebas, setiap akan mencoba mengakses drive dari laptop lainnya, maka akan dimintar verifikasi. Agar ini tidak terjadi maka harus lakukan setting sebagai berikut


Cara Berbagai File Pada Jaringan LAN Windows 7 dan Windows 8

1. Klik Kanan pada Drive yang akan di sharing, misal Drive D, kemudian pilih Properties
2. Pilih Tab Sharing, kemudian klik Advance Sharing
3. Ceklis pada Share this Folder dan klik Apply
4. Klik OK
5. Sekaran pilih Tab Security dan klik Edit
6. Klik Add
7. Klik Advance
8. Klik Find Now
9. Pada hasil pencarian di bawah Pilih NETWORK, klik OK

Selesai!!!
Sampai tahap ini Cara Seting LAN Windows 7 dan Windows 8 Untuk Berbagi File dan Printer sudah selesai dan laptop siap berbagi file dan printer. Silakan anda coba dan lakukan ini pada laptop anda di sekolah anda untuk mempermudah pekerjaan anda.


 
close