Kamis, 02 Januari 2020

Cara Tarik Peserta Didik Pada Dapodik Terbaru Versi 2020

Momod ads.id
Cara Tarik Peserta Didik Pada Dapodik Terbaru Versi 2020 - Pada tahun ajaran 2019/2020 ini dapodik benar-benar bernuansa baru semua. Mulai dari aplikasi dapodik yang bernuansa sampai dengan situs data dapodik yang berubah tampilan menjadi kehijau-hijauan. Sistus data dapodik sepertinya tidak hanya berubah menjadi hijau, tapi menu-menu juga berubah.

Perubahan pada situs data dapodik ini mebawa perubahan juga pada tata cara kerja operator sekolah dalam mengelola data dapodik. Hal yang paling mendasar adalah cara tarik peserta didik dan tarik PTK yang mengalami perubahan.

Cara tarik peserta didik dapodik terbaru, kali ini saya hanya akan fokus pada cata tarik peserta didik. Tarik peserta didik menjadi salah satu rutinitas operator sekolah baik diawal semester maupun dipertenganhan semester.

Kita tahu, untuk memasukkan peserta didik pindahan ke aplikasi dapodik tidak bisa dengan menggunakan menu tambah peserta didik pada aplikasi dapodik, melainkan harus melalui proses tarik peserta didik.

Cara tarik peserta didik terbaru 2019/2020 benar-benar mengalami perubahan. Nah daripada panjang lebar ngobrolnya, yuk langsung aja praktik untuk tarik peserta didik.

Pertama, silakan anda buka alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Silakan masukkan email dan password dapodik anda kemudian klik KELOLA DATA SEKOLAH.

Cara Tarik Peserta Didik Pada Dapodik Terbaru Versi  Cara Tarik Peserta Didik Pada Dapodik Terbaru Versi 2020
Login Data Dapodik Terbaru


Kedua, setelah berhasil login silakan lanjut dengan klik KELOLA DATA POKOK.


Ketiga, pilih atau klik menu PESERTA DIDIK kemudian klik TAMBAH PESERTA DIDIK.
Cara Tarik Peserta Didik Pada Dapodik Terbaru Versi  Cara Tarik Peserta Didik Pada Dapodik Terbaru Versi 2020
Kelola Peserta Didik Dapodik Terbaru

Keempat, klik PINDAH/MUTASI pilih provinsi asal siswa, kabupaten asal siswa, kecamatan asal siswa, dan sekolah asal siswa yang akan ditarik dan klik TAMPILKAN.

Kelima, sistem akan menampilkan semua peserta didik yang sudah dimutasikan dari aplikasi dapodik sekolah asal. Jika muncul banyak dan bingung mencarinya, silakan gunakan Search dengan mengetik nama siswa yang dimaksud. Setelah muncul silakan ceklis atau centang dan klik SIMPAN. Siswa yang ditarik akan masuk ke data dapodik sekolah anda.

PERHATIKAN!!!
ROMBEL TUJUAN HARUS DITENTUKAN PADA SAAT MENARIK PESERTA DIDIK

Untuk memasukkan ke aplikasi dapodik silakan lakukan sinkronisasi. Jika peserta didik yang dicari tidak ditemukan, ada kemungkinan siswa tersebut belum dimutasikan, silakan hubungi operator sekolah dari sekolah asal siswa tersebut.

Demikian panduan cara tarik peserta didik dapodik terbaru versi 2020 yang ternyata mengalami perubahan secara total dari versi dapodik sebelumnya. Selain itu tampilan yang sekarang juga terkesan menyejukan karena di penuhi warna hijau yang menyegarkan mata.


 
close