Rabu, 01 Januari 2020

Panduan Cara Ngetik Arab Berharokat Dengan Nonosoft

Momod ads.id

Panduan Cara Ngetik Arab Berharokat Dengan Nonosoft | Bagaimana cara menulis atau mengetik arab di komputer lengkap dengan harokatnya? Setelah beberapa kali even MAPSI dilaksanakan dengan menyertakan cabang TIK Islami, maka cara mengetik arab berharokat menjadi keyword yang lumayan sering digunakan oleh beberapa operator sekolah seperti saya. Untuk bisa mengetik huruf arab beraharokat sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah, asal kita memiliki aplikasi nonosoft.  Apa itu nonosoft?

Panduan Cara Ngetik Arab Berharokat Dengan Nonosoft Panduan Cara Ngetik Arab Berharokat Dengan Nonosoft
Nonosoft adalah aplikasi teks arabic yang sangat user friendly, artinya sangat mudah digunakan ole siapapun meskipun anda baru mengenal aplikasi ini. Untuk menggunakannya tidak memerlukan settingan bahasa dan settinga input keybord pada windows, tinggal instal kemudian jalankan maka anda sudah siap mengetik hurup arab lengkap dengan harokat, tanda waqof, tanda ayat dan waqof.

Baca Juga : Masalah Windows 10 dan Cara Memperbaikinya

Susunan huruf didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan kita saat mengetik. Misal untuk megnetik huruf  "alif" maka ketika huru "A", huruf "ba" dengan huru "B" dan seterusnya. Sedangkan untuk urusan harokat dimudahkan dengan tombol fungi (F1 - F12). Dengan desain seperti ini maka kita bisa dengan mudah menghafal letak huruf dan harokat yang diinginkan. Asal anda sebelumnya sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan sering ngetik, insya Allah tidak akan menemukan kesulitan bearti dalam menggunakan aplikasi teks editor nonosoft ini.

Bagi anda yang belum hafal betul dengan letak-letak huruf arab pada aplikasi nonosoft bisa melihat screen shoot di bawah ini :
Gambar di atas adalah screeh shoot dengan tanpa menekan tombol SHIFT, sedangkan ketika dikombinasikan dengan tombol SHIFT akan seperti berikut ini.

 

Bagaimana cara membuat harokatnya?
Mengetika huruf arab lengkap dengan harokatnya sangat mudah. Untuk membuat harokat, maka anda bisa menggunakan tombol F1 - F9, sedangkan F11 untuk tanda mati / sukun. Lengkapnya sebagai berikut :

 
Kesimpulan :
Cara mudah ngetik arab berharokat degan nonosoft memang sangat mudah dan cepat. Selatin itu hasilnya juga lebih rapih jika dibandingkan dengan menggunakan ms word. Jadi, sudah saatnya sekarang ini setiap sekolah memiliki aplikasi nonosoft untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk melatih anak yang akan mengikuti lomba TIK Islami dalam ajang MAPSI.


 
close