Jumat, 28 Februari 2020

Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dalam Bahasa Natural Dan Flowchart

Algoritma yakni urutan langkah-langkah logis untuk menuntaskan suatu problem yang disusun secara sistematis dan logis. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma alasannya yakni langkah-langkah dalam Algoritma harus bersifat logis (nyata) dan harus sanggup ditentukan bernilai salah atau benar.

Proses semacam algoritma bersama-sama banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. menyerupai salah satu Contohnya saat Anda membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, Anda juga akan melihat mekanisme atau urutan langkah-langkah untuk menciptakan masakan tersebut.

Prosedur dalam resep menyerupai itu bersama-sama menyatakan semacam algoritma. Prosedur itu merupakan suatu urutan yang memandu orang untuk melaksanakan suatu proses.

Dalam kehidupan sehari-hari ada berbagai proses-proses yang mewakili proses algoritma, baik algoritma bahasa natural, algoritma flowchart atau algoritma pseudocode.

Di artikel kali ini aku akan coba uraikan algoritma dalam kehidupan sehari-hari yang akan disajikan dalam bahasa natural dan flowchart.

Tapi sebelum pada pola perkara aku akan coba jelaskan kembali apa itu algoritma bahasa natural dan algoritma flowchart. Mengenai penulisan algoritma ini bersama-sama sudah dibahas di artikel sebelumnya perihal 3 cara penyajian algoritma.

Pengertian algoritma bahasa natural  ?

Algoritma bahasa natural merupakan cara penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling gampang untuk dimengerti. Algoritma ditulis dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari (bahasa indonesia), atau bahasa apapun yang dipahami.

Ketika menyajikan algoritma dalam bahasa natural, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,  urutan langkah-langkah harus dimulai dengan kata mulai / Start dan diakhiri dengan kata selesai / stop, atau anda juga sanggup memakai istilah dengan bahasa lainnya yang serupa, Start dituliskan sebagai ‘inisialisasi’ atau ‘Mulai’, sedangkan End sendiri dituliskan sebagai ‘selesai’ dan dituliskan pada simpulan algoritma.

Pengertian Algoritma Flowchart ?

Flowchart adalah  suatu denah dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan relasi antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Ternyata langkah-langkah untuk menuntaskan problem dalam algoritma selain sanggup memakai bahasa natural, anda juga sanggup memakai flowchart,  namun untuk memakai flowchart anda setidaknya harus memahami simbol-simbol yang dipakai oleh flowchart.

Contoh Algoritma Bahasa natural dan flowchart dalam kehidupan sehari-hari ?

Berikut yakni beberapa pola algoritma bahasa natural dan flowchart dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengirim Surat ke kantor Pos

a. Algoritma bahasa natural:
1. Mulai
2. Siapkan kertas dan kartu ucapak
3. Siapkan amplop
4. Siapkan alat tulis
5. Mulai menulis ucapan
6. memasukan kertas ke dalam amplop
7. Lem amplop
8. Tulis alamat tujuan di belakang amplop
9. Apakah ada perangko, jikalau ada temple perangko, jikalau tidak ada beli dulu
10. Tempel perangko
11. pergi ke kantor pos
12. Poskan surat tersebut
13. selesai

B. Algoritma Flowchart mengirim surat



2. Makan

Contoh perkara algoritma ke 2 dalam kehidupan sehari-hari yakni acara makan, berikut yakni penyajian algoritma flowchart untuk perkara makan:

A. Algoritma Bahasa Natural
1. Mulai
2. Cuci Tangan
3, Ambil Alat makan (sendok, garpu, piring)
4. Ambil nasi dan taruh di atas piring
5. Ambil lauk, taruh lauk di atas nasi
6.Ambil Air minum di gelas
7. Baca doa sebelum makan
8. Makan
9. Sesudah makan baca doa sesuah makan
10.Cuci piring
11 Selesai.

B. Algoritma Flowchart

3. Tidur
Aktivitas berikutnya yang sanggup dipecahkan dalam algoritma yakni proses tidur, algoritma flowchartnya yakni sebagai berikut:

A. Algoritma Bahasa Natural
1. Mulai
2. Membersihkan diri (mandi, basuh muka, kaki dan tangan)
3. Ganti baju tidur
4. Pergi ke kamar
5. Naik ke daerah tidur
6. Membaca Doa sebelum tidur
7. Tidur
8. Selesai

B. Algoritma Flowchart

4. Memasak Mie instant

Berikut yakni penyajian algoritma flowchart untuk permasalahan dalam kehidupan sehari-hari memasak mie:

A. Algoritma bahasa natural
Sama dengan deskripsi pada gambar

B. Algoritma Flowchart
5. Menanak Nasi
Algoritma flowchart menanak nasi yakni sebagai berikut:

Kesimpulan

Ada berbagai pola permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang sanggup dipecahkan memakai algoritma flowchart.

Untuk menciptakan algoritma flowchart intinya harus dimulai dengan simbol terminator dengan goresan pena Mulai / start atau selesai / end / finish.

Simbul lainnya yang dipakai harus sesuai dengan perkara yang ingin dipecahkan, sehingga alur proses yang terjadi  gampang untuk dipahami.

Demikian mengenai 5 Contoh Algoritma flowchart dalam kehidupan sehari-hari, biar bermanfaat.