Arti Al Wakil: Pengertian, Contoh, Manfaat

Apa sih arti dari Al Wakil (الوكيل) itu? Seperti itulah kira-kira bunyi pertanyaan dari netizen di forum pembelajaran online. Tampaknya, mereka belum mengetahui Al Wakil artinya apa atau mungkin juga termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini. Andaikan kamu tahu, Al Wakil bukanlah istilah atau sembarang kata, tetapi ia merupakan satu dari sekian banyak nama Allah Swt (Asmaul Husna) yang disifatkan kepada-Nya.
kira bunyi pertanyaan dari netizen di forum pembelajaran online Arti Al Wakil: Pengertian, Contoh, Manfaat
Sebagaimana yang diketahui, terdapat 99 nama Allah yang populer dikenal dengan sebutan Asmaul Husna. Segala sifat Allah "Yang Maha Segala Sesuatu" mendapat nama tertentu di dalam asmaul husna. Sebagai umat muslim, sudah sepantasnya menjadi kewajiban bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari seluruh nama-nama itu sebagai bagian dari usaha kita untuk mengenal Allah Swt.

Lantas, apa arti Al Wakil? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang arti Al Wakil, lengkap dengan contoh dan manfaat dari meneladani Asmaul Husna Al Wakil dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Arti Al Wakil (الوكيل)

Pembahasan tentang Al Wakil kali ini akan kami bagi menjadi tiga bagian, yaitu pengertian Al Wakil, contoh perilaku Al Wakil dalam kehidupan sehari-hari, dan manfaat dari meneladani Asmaul Husna Al Wakil. Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Pengertian Al Wakil

Al-Wakil (الوكيل) adalah satu dari 99 nama Allah Swt yang mengandung arti "Yang Maha Mewakili" atau "Yang Maha Mengurus". Hanya Allah yang pantas menyelesaikan segala persoalan kita. Allah Swt mengurus segala urusan makhluk-Nya. Allah dapat melaksanakan segala hal tanpa ada yang bisa menghalangi. Allah Yang Maha Mengurus adalah tumpuan hamba-hamba-Nya untuk menyelesaikan persoalan mereka.

Dalil tentang Al Wakil adalah Qur'an Surat Ali Imran Ayat 2:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.(QS: Ali Imran: 2)

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Asmaul Husna Al Wakil

Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna Al Wakil:
  1. Memberi makan hewan peliharaan agar bisa hidup dan berkembang biak.
  2. Melakukan penghijauan pada lahan-lahan gundul untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor
  3. Memberi makan fakir miskin dan anak-anak terlantar
  4. Melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan profesi

Manfaat Meneladani Asmaul Husna Al Wakil 

Adapun manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita meneladani Asmaul Husna Al Wakil, antara lain sebagai berikut:
Menambah rasa iman kita kepada Allah Swt
  1. Menambah kedekatan kita kepada Allah Swt karena Allah mencintai hamba yang mau mengurusi makhluk lainnya
  2. Allah Swt akan memudahkan segala urusan kita, baik di dunia, maupun di akhirat
  3. Insyaallah, rezeki akan selalu dilimpahkan oleh Allah Swt sebagai balasan bagi hamba yang mau memelihara makhluk lain
  4. Mendapatkan ketenangan jiwa karena selalu berbuat kebaikan
  5. Ketaatan kita akan bernilai ibadah di mata Allah Swt
Demikianlah penjelasan tentang Al Wakil (الوكيل). Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.