Kamis, 27 Februari 2020

Arti Astagfirullah, Arti Bacaan Istigfar

Astagfirullah, Astagfirullahal Adzim, kata-kata tersebut seringkali kita dengar, misalnya ketika di depan mata kita maka jika kita beragama Islam di Sunnahkan mengucapkan Istighfar atau ucapan Astagfirullah namun tahukah kalian apa arti Astagfirullah itu? 

 misalnya ketika di depan mata kita maka jika kita beragama Islam di Sunnahkan mengucapkan Arti Astagfirullah, Arti Bacaan Istigfar

Pengertian dan Penjelasan Astagfirullah

Astagfirullah  artinya "aku memohon ampun kepada Allah" adalah ucapan Istighfar atau ucapan untuk meminta ampun kepada Allah SWT. Sedangkan menurut KBBI 3 Astagfirullah artinya adalah (1) semoga Allah mengampuni aku; (2) seruan untuk menyatakan rasa heran bercampur sedih; (3) seruan untuk menyatakan rasa pasrah (penyerahan diri) kpd Allah supaya diberi ampun

Secara harfiah Istighfar berarti meminta ampunan (maghfirah). Dalam bahasa Arab kata maghfirah  memiliki arti kata yang sama dengan mighfar, yaitu alat pelindung atau penutup kepala di zaman perang. Di antara keduanya terdapat unsur kesamaan  : yaitu saling menutupi sesuatu sehingga tidak terlihat atau nampak.

Jika seseorang mengharapkan agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya dan menutupi kesalahannya, tak terlihat oleh siapapun, tak berbekas, seakan akan ia tidak pernah berbuat dosa. maka beristighar. dan astagfirullah ataua kata Istighfar ini sering disandingkan dengan kata taubat. Istigfar ucapan astaghfirullah atau Astaghfirullahal Adzim adalah memohon ampun kepada Allah sedangkan taubat adalah memohon ampun kepada Allah dan tidak mengulangi perbuatan jelek atau dosa yang telah diperbuat.