Bacaan Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Bacaan Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha Latin dan Terjemah - Sholat Dhuha adalah Sholat Sunah yang dikerjakan pada waktu Dhuha (waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu sebelum zhuhur (kira-kira sekitar jam 11). Sholat Dhuha disebut juga dengan Sholat Awwabin.

Bacaan Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha Latin dan Terjemah Bacaan Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Tata cara Sholat Dhuha sama saja dengan sholat lainnya, yang membedakan hanya niat dan raka'atnya saja. Jumlah rakaat Shalat Dhuha minimal 2 raka'at dan maksimalnya 12 raka'at dan dilakukan dalam 2 raka'at sekali salam. untuk memperkuat dan memperjelas berikut dibawah ini hadits-hadits tentang anjuran melaksanakan sholat dhuha :

Hadits-hadits tentang anjuran mengerjakan sholat dhuha dan keutamaanya

1. Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha 12 raka'at
"Barangsiapa sholat dhuha 12 raka'at, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga"(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majjah)

2. Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha 8 raka'at
"Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah s.a.w. sholat dhuha 8 raka'at dan betsalam tiap 2 raka'at."(HR. Abu Dawud)

3. Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha 4 raka'at
"Rasulullah s.a.w. bersabda didalam hadits Qudsi, Allah s.w.t. berfirman, Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 raka'at sholat dhuha, karena dengan sholat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya."(HR. Hakim dan Thabrani)

 4. Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha secara Istiqamah
"Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan istiqomah, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dasa itu sebanyak buih di lautan."

Sebenarnya masih banyak hadits-hadits lainnya yang menjelaskan tentang anjuran mengerjakan sholat dhuha, namun admin hanya bisa menuliskan 4 hadits saja, itu juga hanya artinya saja. Mohon maaf atas kekurangannya. Untuk Bacaan Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha berikut dibawah ini :


1. Bacaan Niat Sholat Dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATADH DHUHAA RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
"Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah Ta'ala"

2. Surah yang paling baik dibaca pada sholat dhuha


Dalam pelaksaanya, pada raka'at pertama disunahkan membaca Surah Asy Syams kemudian pada raka'at kedua disunahkan membaca Surah Adh Dhuha. Kemudia pada raka'at selanjutnya membaca surah Al Kafirun lalu Surah Al Ikhlash. Setelah selesai Sholat Dhuha Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita doa Sholat Dhuha berikut dibawah ini :

3. Doa Sholat Dhuha Latin dan Terjemahan

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WA INKAANA HARAAMAN FATHAHHIR-HU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIB-HU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIN(A).

Artinya : 
"Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Alloh, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh".

Video Doa Sholat Dhuha


Mengerjakan Sholat Dhuha antara 2 sampai 12 raka'at kemudian di akhiri dengan membaca doa sangat besar sekali manfaatnya, sholat Dhuha adalah salah satu sholat yang di dalam doanya terdapat doa agar memperlancar rezeki kita.