Jumat, 28 Februari 2020

Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 (Pilihan Ganda)

Berisikan materi yang sama dengan contoh soal essay bahasa Indonesia kelas XI Semester 1 dan jawabannya, yaitu tentang sambutan/khotbah, artikel/buku dan paragraf deduktif dan induktif, serta soal tentang menulis proposal. Soal Pilihan Ganda bahasa Indonesia tulisan ini, diharapkan dapat membantu siswa kelas XI dalam menghadapi uji kompetensi, ulangan harian, mid/uts, ujian sekolah, dan sebagainya.

Baca juga:
Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban
Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban

Berikut, contoh soal dan jawaban bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 (KTSP) beserta jawabannya.

1. Seorang ketua OSIS ditugaskan untuk memberi sambutan dalam acara perpisahan kelas XII. Kalimat pembuka yang tepat adalah ….
a. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saat ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.
b. Salam jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalam acara yang sama.
c. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul untuk melaksanakan acara perpisahan ini.
d. Inilah acara yang rutim kita lakukan dari tahun ke tahun. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa kesan dan pesan untuk kakak-kakak kita.
e. Terima kasih atas waktu dan tempat yang telah disedikan untuk saya menyampaikan sambutan dalam acara perpisahan ini.
Jawaban: c

2. Berikut ini cotoh pembuka sambutan dalam sebuah acara, kecuali ….
a. Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.
b. Bapak Kepala SMA 2,Bapak dan Ibu Guru wali siswa, rekan-rekan siswa SMA 2 yang berbahagia.
c. Selamat pagi teman-teman yang berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakan lomba lari.
d. Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.
e. Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali saya bisa berdiri di sini untuk memberikan sambutan.
Jawaban: d

3. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
Hadirin yang berbahagia,
Saat ini, intensitas curah hujan sangat tinggi. Sebagimana kita ketahuim sejak beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak pelak lagi, banjir pun datang tanpa permisi. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama sepekan ke depan.
Seiring datangnya bencana banjir, wabah penyakit pun biasanya akan muncul. Wabah penyakit yang dimaksud adalah leptospirosis dan diare. Leptospirosis  merupakan penyakit hewan yang dapat menjangkiti manusia. Penyebabnya adalah bakteri berbentuk spiral bernama leptospira. Sementara itu, diare akan muncul karena wilayah yang tergenang banjir menjadi kotor.
Jiak terjangkit penyakit leptospirosis, penderita akan mengalami demam tinggi, mual, muntah, sekujur tubuh badan akan terasa sakit, air kencing berwarna merah tua, dan timbul bercak kemerahan di bola mata karena pecahnya pembuluh darah.
Isi pokok naskah pidato tersebut adalah ….
a. Intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi.
b. Mewaspadai turunnya curah hujan yang sangat tinggi.
c. Bahaya yang timbul akibat curah hujan tinggi.
d. Perlunya kewaspadaan terhadap berbagai penyakit pada saat banjir.
e. Perlunya meningkatkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkala banjir datang.
Jawaban: e

4. Kalimat pesan yang terdapat dalam naskah pidato tersebut adalah ….
a. Berhati-hatilah terhadap curah hujan yang tinggi.
b. Perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai penyakit.
c. Perlunya memakai sepatu boot dan sarung tangan karet.
d. Jaga kebersihan lingkungan dengan menggalakan bersih-bersih lingkungan .
e. Meghindari bersih-bersih lingkungan jika terdapat bagian tubuh yang terluka.
Jawaban: d

5. Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya merokok (1). Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaan berbahaya (2). Namun, kalangan industri rokok dan pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise, bahwa merokok adalah pilihan pribadi dan risikonya ditanggung sendiri (3).
Alasan tersebut dibatah oleh kelompok anti merokok, bahwa alasan itu tidak ilmiah (4). Untuk mengatasi pertentangan pendapat tersebut hendaknya perokok menyadari tentang apa keuntungan merokok itu (5).
Kalimat yang menyatakan imbuhan dalam penggalan naskah pidato di atas terdapat pada nomor ….
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
e. lima
Jawaban: e

6. Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tiggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik barusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Untuk manjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c. Anak-anak seklian, pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.
e. Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama untuk menerima penjelasan tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi.
Jawaban: c

7. Salah satu program pemerintah dalam masa pembangunan adalah usaha penyabaran penduduk Jawa, Bali, dan Lombok (Jambal). Untuk lebih memperjelas keprihatinan disebutlah penyebaran itu dengan nama khusus, yaitu transmigrasi. Bahkan dalam kaitan itu, Bung Hatta berkata dalam kongres ahli-ahli ekonomi (Yogya, 3 Februari 1946). “Suatu masalah yang mahapenting dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini tidak dipecahkan, Indonesia tidak akan makmur.”
Gagasan utama paragraf di atas terdapat dala kalimat ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

8. Dari 13 sungai yang masuk ke wilayah DKI Jakarta, tiga sungai besar menyababkan banjir. Ketiga sungai tersebut berhulu di tempat yang berdekatan, yaitu di Puncak dan Bogor. Ketiga sungai besar itu sekarang sedang “sakit”. Untuk menentukan sebuah sungai sehat atau sakit, dipakai parameter perbedaan angka debit maksimum dan debit minimum sungai tersebut. Pikiran utama dalam paragraf di atas adalah kalimat ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

9. Setiap warga pedesaan dapat menjadi anggota KUD. Hal ini berarti anggota KUD terdiri atas berbagai golongan atau lapisan, seperti petani, pedagang, peternak, dan pengrajin. Untuk menjadi anggota KUD, orang harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh Anggaran Dasar (AD) dan perundangan koperasi.
Paragraf di atas termasuk ….
a. induktif
b. deduktif
c. naratif
d. deskriptif
e. induktif-deduktif
Jawaban: b

10. Hanya selang tiga pekan, banjir dan longsor kembali melanda Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (29/9), akibat hujan deras sejak Rabu malam. Banjir yang menggenang kelima desa Kecamatan Watulimo ini, tidak memakan korban jiwa. Namun, akibat tanah longsor hubungan darat dan transportasi antara Trenggalek dan Watulimo putus total.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ….
a. Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Tulungagung.
b. Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Trenggalek.
c. Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung dilanda banjir dan tanah longsor.
d. Hubungan darat antara Watulimo dan Trenggalek putus.
e. Banjir yang melanda Trenggalek tidak memakan korban.
Jawaban: c

Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 (Pilihan Ganda) Part-2


 
close