Kamis, 27 Februari 2020

Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin dan Terjemah

Momod ads.id
Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin dan Terjemah -  Doa setelah sholat tahajud yang dianjurkan Rosululloh s.a.w. lumayan cukup panjang, jadi untuk menghafalnya anda harus sungguh-sungguh dan sabar. Berdo'a setelah melaksanakan sholat tahajud, besar sekali manfaat dan keutamaannya diantaranya berdoa setelah tahajud atau pada waktu sepertiga malam dikutip dari sabda Nabi, orang yang berdoa pada sepertiga malam atau setelah sholat tahajud dengan sungguh-sungguh akan dikabulkan. Hadits Nabi Muhammad s.a.w.  tentang mustajabnya berdo'a pada waktu sepertiga malam :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ
اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ : مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ،
مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya :
"Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari 1145, Muslim 758, Abu Daud 1315, dan yang lainnya).

Doa setelah sholat tahajud yang dianjurkan Rosululloh s Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin dan Terjemah
Ilustrasi doa setelah tahajud
Mengapa kemungkinan besar berdoa dengan khusu' setelah sholat tahajud atau pada waktu sepertiga malam akan dikabulkan oleh Allah s.w.t. Ini jelas sekali, karena pada waktu tersebut setelah bangun tidur pikiran kita masih bersih dari pikiran duniawi dan pikiran lainnya, sehingga kemungkinan besar do'a kita alan dikabulkan oleh Allah s.w.t.

Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin dan Terjemah

Setelah selesai sholat tahajud baiknya anda sebelum berberdo'a,  berdzikir dan mengucapkan Istighfar 33 sampai 100 kali, lebih banyak lebih bagus

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

ASTAGHFIRULLAHAL 'ADZHIIM(A) AL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QOYYUUMU WA ATUUBU ILAIH(I)

Kemudian dilanjutkan dengan membaca sholawat sebanyak-banyak nya atau paling sedikit 33 kali

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ

ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN

Setelah itu kita berdo'a sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah s.a.w Dalam kitab Shahih Bukhari nomor 582 Ibnu Abbas berkata : "Apabila Rasulullah bangun pada malam hari, beliau selalu bertahajud. Beliau berdo'a :


اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ
اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ
السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ
الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ
مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ
اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ
اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS (QAYYAMUS[1]) SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Keterangan : telah dikatan dari mujahid [2]: "Al Qayyuum artinya yang mengurusi segala sesuatu." dan Umar berkata[3] : "membaca Al Qayyaam", dan keduanya adalah benar.

Artinya :
"Wahai Allah, MilikMu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. MilikMu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. MilikMu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. MilikMu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar), janjiMu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataanMu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad s.a.w itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah, Hanya kepadaMu lah aku berserah diri, hanya kepadaMu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehganMu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Video Doa setelah sholat tahajud


Silahkan anda hafalkan Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin dan Terjemah ini dengan membaca berulang-ulang agar cepat untuk dihafal. Dan mudah-mudahan anda rajin melaksanakan sholat sunah tahajud karena manfaat bagi kesehatannya juga ada, ketika pada waktu sepertiga malam selain pikiran kita masih jernih juga udara yang kita hirup belum tercemar.

Sumber Referensi :
Kitab Shahih Bukhari


 
close