Rabu, 26 Februari 2020

Menghubungkan Mikrotik Dengan Jaringan Internet Memakai Virtualbox Dan Winbox

Momod ads.id
Untuk anda yang sering berkecimpung di dunia jaringan niscaya tidak absurd dengan mikrotik, sebuah sistem operasi server yang sanggup dipakai untuk mengelola jaringan komputer secara profesional.

Mikrotik sanggup dikatakan sebagai router yang sanggup menjembatani antara 2 jaringan yang berbeda, ibarat contohnya jaringan local (LAN) dengan jaringan internet (WAN).

Mikrotik dipakai ketika si pengguna menginginkan saluran komputer client (local computer) terhadap internet atau jaringan publik ingin dicontrol dengan baik, ibarat contohnya ingin membatasi bandwith untuk setiap client biar sumber daya tidak terpakai sepenuhnya oleh hanya 1 komputer, untuk memblokir situs-situs tertentu dan lain sebagainya.



Ada berbagai fungsi mikrotik, namun di artikel kali ini saya hanya ingin menguraikan bagaimana cara menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet memakai virtualbox.

Saya disini memakai virtualbox sebagai alternatif untuk anda yang tidak mempunyai sarana yang memadai untuk berlatih konfigurasi mikrotik, cukup dengan virtual box yang terinstal di komputer anda, maka anda sudah bisa berlatih konfigurasi mikrotik tanpa harus mempunyai routerboard mikrotik atau komputer server.

di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet memakai virtualbox biar mikrotik bisa mengakses internet.

Tentu saja konfigurasi mikrotik biar terhubung ke internet bekerjsama sangat mudah, apalagi anda memakai routerboard mikrotik, namun ketika mikrotik di instal di virtualbox berbagai pengguna yang kesulitan melakukannya, umumnya dikarenakan pengaturan virtual box untuk mesin mikrotik salah.

Menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet memakai virtualbox

Untuk menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet, namun mikrotik yang terinstal kita jalankan melalui virtualbox bekerjsama sangatlah mudah, jikalau konfigurasi virtual box sudah anda settings dengan benar.

Kali ini saya akan coba mengkonfigurasi mikrotik yang terinstal di mesin virtualbox memakai aplikasi winbox.

Langkah-langkah menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet di virtualbox ialah sebagai berikut:

1. Pastikan mesin virutal untuk menginstal mikrotik di virtualbox sudah diseting dengan benar.

Mesin virtual harus mempunyai 2 network adapter, 1 terhubung ke jaringan lock (dalam hal ini ialah komputer yang kita gunakan), dan network adapter ke2 terhubung ke jaringan internet.

Seting harus dilakukan dengan benar biar konfigurasi mikrotik untuk dihubungkan ke internet bisa berjalan dengan baik.

Cara settings virtualbox untuk mikrotik tidak akan saya bahas disini, anda bisa membacanya di artikel berikut:
Seting / pengaturan virtualbox untuk konfigurasi mikrotik di mesin virutal

2. Jalankan mesin virtual mikrotik

Jika konfigurasi sudah anda lakukan, silahkan jalankan mesin virtual mikrotik di virtualbox
Carany:
Double- Klik pada nama mesin virtual yang sudah terinstal mikrotik, tunggu sampai mikrotik menampilkan halaman yang meminta anda untuk login:

3. Aktifkan Winbox

Pastikan anda memakai winbox versi terbaru, jikalau anda belum punya silahkan download winbox versi terbaru terlebih dahulu.

Ketika dijalankan winbox akan bisa mendeteksi mikrotik, pilih tab neighboard kemudian silahkan refresh, maka akan muncul daftar ip ibarat tampilan di bawah ini:


Untuk login ke mikrotik yang gres diinstal dan belum dikonfigurasi, kita harus mengunakan MAC Address untuk login, silahkan klik pada baris kolom macaddress yang IP addressnya memakai code ibarat tampilan diatas.

Lalu tekan tombol Connect untuk login, jikalau berhasil anda akan masuk ke halaman utama winbox untuk konfigurasi mikrotik.


3. Reset Mikrotik melalui winbox

Sebelum konfigurasi untuk pertama kali, silahkan reset dulu mikrotiknya melalui winbox caranya, pilih sajian System > Reset Configurations,


kemudian centang opsi No Default Configuration, kemudian tekan tombol Reset Configuration

Tunggu beberapa saat, maka Mesin Mikrotik akan direset, dan anda akan keluar dari winbox, Selanjutnya sesudah keluar, silahkan lakukan login ulang dengan menekan tombol Reconect.

4. Konfigurasi Mikrotik biar terhubung ke internet

Untuk mengkonfigurasi mikrotik biar terhubung ke internet melalui virtualbox ada 2 cara, bisa secara manual atau cara otomatis.

Yang paling gampang ialah cara otomatis, langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Ubah nama interface
Interface mewakili network adapter, secara default biasanya namanya ether (ether1, ethet3..... dst)

Di winbox, silahkan Pilih sajian Interfaces


Ganti Ether 1 dengan LAN, caranya double klik saja pada baris ether1, kemudian kasih nama LAN, biarkan yang lainnya, kemudian klik OK



Ganti ether 2 dengan nama WAN, ether2 mewakili adapter2 di virtual box yang kita gunakan untuk terhubung ke internet, caranya sama dengan di atas.

Jika final maka akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Merubah nama interfaces bekerjsama opsional, namun untuk memudahkan konfigurasi di tingkat lanjut, sebaiknya diubah namanya.

b. Aktifkan DHCP Client untuk Interface WAN
DHCP Client dipakai biar mikrotik mendapat IP public atau ip address yang satu segmen dengan ip internet dari ISP.

Teknik ini dipilih jikalau anda tidak mempunyai data IP address dari ISP atau ip public dari isp selalu berubah,ubah.

dalam hal ini interface yang dipakai ialah interface WAN yang terhubung ke internet.

Caranya, pilih sajian IP > DHCP Client, kemudian Tekan tombol biru, kemudian pada windows New DHCP Client, pada opsi Interface: pilih WAN, biarkan yang lainnya, kemudian tekan OK.



Sampai tahap ini, anda sudah menawarkan ip address otomatis ke interface WAN dan sekaligus menghubungkan mikrotik ke Internet, akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Itu artinya mikrotik sudah mendapakan ip public dan sudah terhubung ke internet.

c. Cek koneksi internet
Selanjutnya cek koneksi internet untuk memastikan mikrotik sudah terhubung ke internet.
Caranya, pada winbox pilih sajian New Terminal, kemudian sesudah muncul, tekan enter 1 kali, kemudian ketikan ping yahoo.com  atau ping google.com kemudian enter.


Jika muncul ibarat gambar di atas, itu artinya mikrotik yang terinstal di virtualbox sudah terhubung dengan internet.

Itulah cara Menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet memakai virtualbox dan winbox. selamat mencoba dan semoga berhasil.



 
close