Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web

Di artikel kali ini aku akan coba menjelaskan mengenai Profesi dalam pengembangan aplikasi web. Materi wacana profesi dalam pengembangan aplikasi web merupakan salah satu bahan dasar jadwal keahlian untuk kelas X jurusan TKJ yang memakai kurikulum 2013.

Sebelum aku uraikan secara panjang lebar mengenai profesi dalam pengembangan aplikasi web, aku akan ulas sedikit mengenai apa itu aplikasi web dan apa itu pengembangan aplikasi web?

Untuk anda yang sering berkecimpung di dunia teknologi informasi  tentu tidak absurd dengan istilah aplikasi web dan pengembangan aplikasi web ini!, namun untuk anda yang gres mencar ilmu kemungkinan akan sedikit bingung

Di artikel kali ini aku akan coba menjelaskan mengenai  Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web


Pengertian Aplikasi Web
 Aplikasi web yaitu perangkat lunak dengan teknologi jaringan komputer yang sanggup diakses memakai mediator web browser menyerupai mozila firefox, opera, internet explorer, google chrome dan browser lainnya.

Pengertian Pengembangan Aplikasi Web ?
Sedangkan pengertian dari pengembangan aplikasi web adalah, upaya sistematis untuk membuatkan sebuah aplikasi web sehingga sanggup berfungsi sesuai dengan tujuannya.

Apa saja pola dari aplikasi web ?
Agar anda mempunyai citra mengenai aplikasi web, aku akan berikan beberapa pola dari aplikasi web.

Contoh dari aplikasi web salah satunya yaitu facebook, twitter, pencarian google, yahoo dan semua halaman-halaman situs / website yang kita saluran melalui web browser.

Untuk membuat sebuah halaman web tidaklah gampang umumnya membutuhkan skil khusus yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi. dan pada prakteknya pengembangan aplikasi web membuatuhkan kerja team dimana orang yang terlibat dalam team, harus mempunyai kemampuan yang sanggup mendukung pengembangan aplikasi web tersebut.

Sehingga tidak heran dalam pengembangan aplikasi web ada profesi-profesi khusus dengan kiprah yang berbeda satu sama lain.

Profesi dalam Pengembangan aplikasi WEB

Profesi dalam pengembangan aplikasi web yaitu pekerjaan yang membutuhkan training dan penguasaan khusus terhadap pengetahuan teknologi isu yang berkaitan dengan pengembangan sebuah situs web.

Sebenarnya Ada banyak ragam dalam profesi di bidang Teknologi Informasi, termasuk untuk profesi yang berada dalam lingkungan pengembangan aplikasi web.

Berikut ini yaitu profesi-profesi yang eksklusif terkait dalam pengembangan aplikasi web, diantaranya :

A. Web Designer 

Seorang desainer Web yaitu orang yang bertanggung jawab untuk memilih tampilan sebuah website. Web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout atau tampilan dari website yang akan dikembangkan.

Seorang web desainer harus bisa memilih tampilan dan susunan layout website mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web desainer bertujuan untuk memperlihatkan harmonisasi dan membuat user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  selain itu desain web yang sudah dibentuk merupakan acuan untuk web programmer.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang web desiner selain kemampuan bahasa pemrograman yang berkaitan dengan desain tampilan juga harus mempunyai kemampuan seni mendesain tampilan web baik memakai script web maupun memakai software-software desain menyerupai Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

B. Web Programmer 

Web Programmer yaitu orang yang bertugas menulis sturktur isyarat jadwal web untuk merealisasikan desain layout yang dibentuk oleh web designer, tapi bukan hanya dari sisi tampilan saja, web programmer juga harus memperhatikan berfungsinya tombol, link, integrasi dengan basis data dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan antar muka tampilan dan interaksi pengguna.

Seorang web programmer harus menguasai bahasa pemrograman web server  dan juga script client seperti  menyerupai Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan jadwal Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya.

Apabila website yang tersebut final dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung sanggup mengaksesnya dengan baik.

C. Web Administrator 

Web Administrator yaitu sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi web yang memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi hingga dengan problem trobleshooting pada komputer server.

Web Administrator akan menjaga kelangsungan dan kelancaran dari server untuk tetap bisa menjalankan aplikasi web, sehingga jikalau terjadi problem/masalah pada server, web direktur harus siap untuk memperbaikinya.

Seorang web direktur harus menguasahi beberapa hal, diantaranya:

  1. OS NT - Seorang web direktur harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis windows, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  2. OS Unix (LInux, FreeBSD, dll) - Seorang web direktur harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis linux, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  3. Jaringan (LAN, WAN, Intranet) - Seorang web direktur harus mempunyai bekal pengetahuan bidang jaringan komputer
  4. Keamanan Server - Seorang web direktur harus paham wacana sistem sekurity dan keamanan pada server


D. Web Master 

Seoarang Web Master yaitu seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, jadwal dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web).

Seorang web master sanggup juga bekerja sebagai web designer, web programmer, atau web developer. Bila seorang web master tidak pernah berafiliasi dengan dunia digital, ia sanggup mencari jasa ketiga pekerjaan di atas untuk membangun website yang diinginkannya dengan baik.

Itulah beberapa profesi yang sering dilibatkan dalam pengembangkan aplikasi web. agar membantu.