Minggu, 01 Maret 2020

Asmaul Husna (99) Artinya, Keutamaan dan Khasiat serta tulisan arab dan latin

Momod ads.id
Asmaul Husna (99) [Artinya, Keutamaan dan Khasiat serta tulisan arab dan latin] - Asmaul Husna adalah 99 nama Allah SWT yang indah dan begitu agung yang sering kita baca dan kita juga dapat menemui lafadz Asmaul Husna pada jilid kitab suci Al Quran. Dalam agama Islam Tuhan (pencipta) di sebut dengan nama Allah. Kita sebagai salah satu ciptaanya dari sang pencipta yang Maha Kuasa tersebut maka sepatutnya kita bersyukur dan mengagungkan Allah dengan sebutan atau gelar yang baik dan Asmaul Husna adalah 99 nama Allah SWT yang terbaik. Admin akan menyampaikan materi pada artikel ini diantaranya :

  1. Pengertian Asmaul Husna
  2. Keutamaan Dan Khasiat Asmaul Husna
  3. Lafadz Arab Asmaul Husna Disertai Latin Dan Artinya

 Keutamaan dan Khasiat serta tulisan arab dan latin Asmaul Husna (99) Artinya, Keutamaan dan Khasiat serta tulisan arab dan latin

Baca Juga :

Bacaan Dzikir Asmaul Husna Latin dan Terjemahan (Nadhom)

Pengetian Asmaul Husna menurut Bahasa dan Istilah

Asmaul Husna Artinya nama-nama Allah Yang Baik, dalam bahasa arab yaitu الْأَسْمَآءُ الْحُسْنَى.  yang diambil dari kata dasar اسم ( nama ) dan حسن ( baik ). 
Secara harfiah atau istilah Asmaul husna adalah nama Allah SWT yang baik dan mulia, yang merujuk kepada gelar atau nama baik dan indah yang sesuai dengan sifat-Nya. Nama-nama mulia dan Agung ini sebagai tanda kebesaran-Nya dan dan sebagai simbol dari sifat Allah SWT sebagai pencipta alam semesta ini.

Pada kehidupan sehari-hari kita sebagai orang Islam dianjurkan untuk berdzikir menyebut Asmaul Husna. Contohnya ketika kita sedang diberi kenikmatan dan kesenagan hidup selain mengucapkan Al-hamdulillah anda juga bisa menyebut Ya Rahman, Ya Rahim. Sehinnga orang muslim yang di kasihi dan disayangi terus mengingat Allah SWT. Seperti yang dikemukakan Allah SWT dalam Firman-Nya :

"Katakanlah ( olehmu Wahai Muhammad ): serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al-Asmaa'ul Husna ( nama-nama yang terbaik )..."( Q.S Al-Israa' : 110 )

Sejak dahulu dikalangan para ulama timbul perbedaan pendapat tentang jumlah nama-nama Allah SWT (Asmaul Husna), ada yang menyebutkan 99, 100, 132, 200, 1000 dan bahkan ada sebagian ulama yang menyebutkan ada 4000 nama. Namun para ulama bersepakat, yang terpenting adalah hakikat Dzat-Nya untuk dipahami dan dimengerti oleh orang muslim yang beriman. Tapi sebagai orang muslim yang baik, kita mengikuti para ulama yang sudah termasyhur dan mengikuti hadits Rasulullah yang diriwayatkan secara Shahih. Maka dari itu ada sebuah hadits Shahih yang menerangkan tentang 99 nama Allah SWT yang berbunyi :

عن ابي هريرة رضي الله عنه قال : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – قَال : إِنَّ لِلَّهِ

 تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Dari Abi Khurairah R.A. Bahwasannya Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam telah bersabda: “Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, yaitu seratus kurang satu, siapa saja yang menghitungnya ( menghafal seluruhnya ), niscaya ia masuk Surga.”
(HR. Al-Bukhari)

Dan ada lagi sebuah Hadits yang memperkuat bahwa nama Allah itu ada 99 yang diriwayatkan oleh Bukhori-Muslim.

إِنَّ اللهَ وِتْرٌ بُحِبُّ الْوِتْرَ

Sesungguhnya Allah itu Witir (ganjil), Dia menyukai yang ganjil (HR al-Bukhari dan Muslim)
Al-Witir artinya adalah ganjil, esa, tidak memiliki sekutu, tidak ada bandingnya, tidak ada yang dapat menyerupai-Nya dan tidak ada yang setara dengan-Nya.

Nama-nama Allah yang indah ini mempunyai khasiat dan keutamaan untuk berdzikir dan berdo'a kepada-Nya, agar kehidupan kita menjadi terasa damai dan tentram. Lalu apa saja khasiat dan keutamaan-Nya itu? saya sebutkan satu persatu dari keutamaan dan khasiat Asmaul Husna dengan bersumber dari Kitab Fiqih Imam Syafi'i sebagai berikut :

Keutamaan dan Khasiat 99 Asmaul Husna dalam Dzikir

<=> الله ( Ya Allah ) : Apabila berdzikir dengan menyebut nama Allah sebanyak 500 kali setiap malam, apalagi setelah melakukan salah sunat 2 rakaat atau tahajud, memiliki pengaruh yang besar untuk mencapai segala sesuatu yang diniatkan.
  1. الرحمن ( Ya Rahman ) : Apabila kita mengucapkan Ya Rahman sebanyak 100 kali setiap selesai mengerjakan shalat wajib yang 5 waktu. Maka dengan izin Allah kita akan memiliki ingatan yang kuat, sehingga kita mempunyai pengetahuan yang luas serta terhindar dari hati yang keras. Wallahu'alam
  2. الرحيم ( Ya Rahim ) : Siapa saja yang membaca Ya Rahim 100 kali setelah melaksanakan shalat Shubuh, dengan izin Allah, setiap orang akan bersahabat dengan baik terhadapnya. Dan apabila dibaca 7x maka dirinya akan berada dalam naungan Allah SWT. Serta jika dibaca 100 kali setiap selesai melaksanakan salat wajib, maka Allah akan mengasihinya. Wallahu'alam
  3. الملك ( Ya Malik ) : Dengan memperbanyak dzikir dengan menyebut nama Yaa Maalik, maka dengan izin Allah kita akan deiberi kekuatan, kebesaran dan kekuasaan serta kepemilikan terhadap segala sesuatu. Sehingga orang-orang memperlakukan kita dengan hormat. Wallahu'alam
  4. القدوس ( Ya Qudduus ) : Jika dibaca 100 kali setiap hari, dengan izin Allah maka barangsiapa yang membacanya akan terbebas dari persaan resah dan gundah yang ada dihatinya. Sehingga mempunyai kejernihan hati yang sempurna. Wallahu'alam
  5. السلام ( Ya Salam ) : Jika Yaa Salaam dibaca untuk orang yang sakit sebanyak 160 kali, maka dengan izin Allah orang sakit tersebut akan segera disembuhkan dari penyakit yang dideritanya. Dan juga akan mendatangkan cinta serta keselamatan dan keamanan dari segala macam bencana bagi siapa saja yang sering membacanya. Wallahu'alam
  6. المؤمن ( Ya Mu'min ) : Siapa saja yang sering membaca Yaa Mu'miin, dengan izin Allah akan terbebas dari segala macam gangguan yang mingkin menghadangnya. Wallahu'alam
  7. المهيمن ( Ya Muhaimin ) : Siapa saja yang membaca Yaa Muhaimin dalam keadaan suci ( memiliki wudhu/suci dari hadas kecil ), dengan seizin Allah batinnya akan memancarkan cahaya. Dan siapa saja yang membaca-Nya sebanyak 125 kali, Insya Allah hatinya akan menjadi jernih sehingga ia akan mudah menemukan rahasia dan hakikat pada setiap kejadian.
  8. العزيز ( Ya 'Aziz ) : Barang siapa yang membaca dan mengamalkan Yaa 'Aziiz setiap selesai melaksanakan shalat Shubuh selama 40 hari secara berturutp-turut, dengan izin Allah dirinya tidak akan bergantung kepada orang lain. Dan siapa saja yang mengucapkannya sebanyak 94 kali setiap harinya setelah terbiynya Fajar, maka Insya Allah akan dianugerahi kewibawaan.
  9. الجبار ( Ya Jabbar ) : Siapa saja yang sering membaca Yaa Jabbaar, dengan izin Allah, dirinya tidak akan dipaksa oleh siapapun untuk melakukan perbuatan yang tidak diinginkannya. Sehingga terlindung dari kekerasan,kekejian, serta kekejaman.
  10. المتكبر ( Ya Mutakabbir ) : Orang tua yang sering malafalkan Yaa Mutakabbir, maka dengan izin Allah akan diberikan keturunan yang Shaleh.
  11. الخالق ( Ya Khaliq ) : Barang siapa yang sering membaca Yaa Khaliq pada malam hari, Insya Allah, Allah akan menugaskan satu Malaikat untuk malakukan amal kebaikan untuk orang tersebut. Pada hari Hisab, pahala amal kebaikan sang Malaikat akan diberikan kepada orang itu.
  12. البارئ ( Ya Baari' ) : Perbanyaklah membaca Yaa Baari' untuk menambah amal kebaikan kita.
  13. المصور ( Ya Mushawwir ) : jika seorang Ibu ingin dikaruniai anak yang shaleh, hendaknya Ibu itu berpuasa selama tujuh hari, dan pada setiap hari ketika akan berbuka puasa, Ibu tersebut membaca Ya Mushawwir sebanyak 21 kali. Kemudian meniupkannya kedalam segelas air yang akan ia gunakan untuk berbuka Puasa. Maka dengan izin Allah akan dikarunia anak Shaleh
  14. الغفار ( Ya Ghaffaar ) : Siapa saja yang mengamalkan Yaa Ghaffaar secara berulang-ulang, dengan izin Allah dosa dan kesalahannya akan segera dihapuskan.
  15. القهار ( Ya Qahhar ) : Siapa saja yang membaca Ya Qahhar secara berulang-ulang, dengan izin Allah akan mendapatkan beberapa kelebihan. Jiwanya dan menaklukan hawa nafsu, hatinya tidak cenderung pada dunia dan batinnya akan merasa tenang. 
  16. الوهاب ( Ya Wahhab ) : Barang siapa yang membaca Yaa Wahhab setelah berdoa sebanyak 7 kali, maka insya Allah do'anya terkabul. Dan jika dibaca 100 kali setelah shalat malam dalam keadaan suci selama 3 hari, maka ketika kekurangan materi atau sedang membutuhkan sesuatu maka Allah SWT akan mencukupi kebutuhannya tersebut.
  17. الرزاق ( Ya Razzaaq ) : Siapa saja yang sering melafalkan Yaa Razzaaq, dengan izin Allah pintu rezekinya akan dilapangkan.
  18. الفتاح ( Ya Fattaah ) : Siapa saja yang ingin hatinya dibuka serta memperoleh kemenangan, maka perbanyaklah membaca Yaa Fattaah. Setelah selesai menunaikan shalat Shubuh, bacalah sebanyak 7 kali kemudian letakan tangan diatas dada, maka kegelapan di dalam hati akan segera sirna. Jika dibaca rutin akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan.
  19. العليم ( Ya 'Aliim ) : Siapa saja yang sering membaca Yaa 'Aliim, hatinya akan cemerlang dan mampu menyigkapkan cahaya Ilahi. Bacaan ini memiliki guna dan manfaat yang besar dalam mendapatkan ilmu dan menampakan hal-hal yang tersembunyi. membaca-Nya sebanyak 10 kali setiap selesai memunaikan Shalat, Insya Allah akan membuka hal-hal Ghaib.
  20. القابض ( Ya Qaabidhu ) : Siapa saja yang menuliskan Yaa Qaabidh diatas 50 makanan seperti buah, roti dan sebagainya, selama 40 hari, maka dengan izin Allah, dirinya tidak akan kelaparan, bahkan akan diberikan dan mendapatkan limpahan rezeki.
  21. الباسط ( Ya Baashitu ) : Siapa saja yang membaca Yaa Baashith 10 kali di waktu Fajar, setelah Shalat Shubuh dengan tangan terbuka ( telapak tangan menghadap ke atas ) kemudian mengusapkan tangannya kewajah, maka dengan izin Allah tidak akan bergantung kepada orang lain dan akan memperoleh kekayaan.
  22. الخافض ( Ya Khaafidh ) : Jika seseorang Puasa selama 3 hari, kemudian pada hari keempat membaca Yaa Khaafidh sebanyak 70 ribu kali, maka dengan izin Allah akan terbebas dari kejahatan musuh.
  23. الرافع ( Ya Raafi' ) : Jika seseorang membaca Yaa Raafi' setiap hari sebanyak 100 kali siang atau malam, maka Allah akan memuliakan orang tersebut serta diberikan kebaikan dan kekayaan.
  24. المعز ( Ya Mu'izz ) : Jika Yaa Mu'izz dibaca sebanyak 140 kali setiap malam senin dan Jum'at setelah Shalat Isya, maka hamba Allah akan menjadikan orang tersebut terhormat dimata orang lain. dan akan mempunyai rasa takut terhadap siapapun kecuali kepada Allah SWT.
  25. المذل ( Ya Mudzil ) : Siapa saja yang melafalkan Yaa Mudzil sebanyak 70 kali, Insya Allah akan dibebaskan dari gangguan orang yang iri kepadanya, dan dari orang yang ingin berusaha untuk mencelakainya.
  26. السميع ( Ya Samii' ) : Siapa saja yang membaca Yaa Samii' sebanyak 100 kali, setelah Shalat Dzuhur pada hari Kamis, tanpa berbicara kepada siapapun Insya Allah keinginannya akal dikabulkan oleh Allah SWT.
  27. البصير ( Ya Bashiir ) : Siapa saja yang mengamalkan Yaa Bashiir diantara Shalat jum'at dan Shalat Sunah setelahnya, maka Allah akan meninggikan derajatnya dimata orang lain.
  28. الحكم ( Yaa Hakam ) : Siapa saja yang membaca Yaa Hakam secara berulang-ulang pada malam hari, dengan izin Allah hal atau sesuatau yang tersembunyi akan dinampakan.
  29. العدل ( Ya 'Adl ) : Jika seseorang menuliskan Yaa 'Adl pada makanan dan kemudian memakannya, maka dengan izin Allah, orang lain akan mengikuti ucapan orang tersebut.
  30. اللطيف ( Ya Lathiif  ) : Jika seseorang mengamalkan dan membacanya secara berturut-turut setiap hari, maka Insya Allah akan didekatkan pada hasil, dihilangkan semua rasa sakit, dan semua kesulitan. 
  31. الخبير ( Ya Khabiir ) : Dengan membaca Yaa Khabiir secara berulang-ulang orang mempunyai kebiasaan buruk, Insya Allah akan dihilangkan kebiasaan buruk itu oleh Allah SWT.
  32. الحليم ( Ya Haliim ) : Untuk meredakan kemarahan dan mengetahui hal yang Ghaib, maka dianjurka untuk membaca Yaa Haliim setiap hari sebanyak 100 kali.
  33. العظيم ( Ya 'Azhiim ) : Anda akan dihormati oleh lain, jika sering membaca Yaa 'Azhiim.
  34. الغفور ( Ya Ghafuur ) : Seseorang yang mempunyai penyakit was-was dan ketika terserang penyakit demam, dengan membaca Ya Ghafuur, maka penyakitnya tersebut akan segera dihilangkan dan disembuhkan.
  35. الشكور ( Ya Syakuur ) : Siapa saja yang sedang bersedih kemudian membaca Yaa Syakuur sebanyak 41 kali lalu meniupkannya kedalam segelas air dan membasuh wajahnya, maka dengan izin Allah, orang tersebut akan dicukupi kebutuhannya.
  36. العلى ( Ya 'Aliy ) : Siapa saja yang sedang turun imannya, kemudian membaca Yaa 'Aliy secara berulang-ulang, maka insya Allah imannya akan meningkat serta peruntungannya membaik.
  37. الكبير ( Ya Kabiir ) : Siapa saja yang membaca Yaa Kabiir setiap hari sebanyak 100 kali maka akan diberikan penghormatan.
  38. الحفيظ ( Ya Hafiizh ) : Siapa saja yang membaca stiap hari Yaa Hafiizh sebanyak 16 kali, insya Allah akan terlindung dari segala musibah. Dan apabila dibaca sebanyak 998 kali, kemudia pergi ke tepat berbahaya, Insya Allah akan dijauhkan dari segala macam bahaya.
  39. المقيت ( Ya Muqiit ) : Seseorang yang mempunyai anak dengan perangai buruk, hendaknya membaca Yaa Muqiith secara berulang-ulangdan meniupkan ke dalam segelas air lalu meminumkannya ke anak tersebut, maka dengan seizin Allah anak tersebut akan berperangai baik.
  40. الحسيب ( Ya Hasiib ) : Baca Yaa Hasiib sebanyak 70 kali, Insya Allah akan dihindarkan dari rasa takut dirampok, diganggu dan sebagainya.
  41. الجليل ( Ya Jaliil ) : Untuk meambah pahala dan amal kebaikan perbanyaklah membaca Yaa Jaliil.
  42. الكريم (Ya Kariim) : Orang yang selalu mengamalkan dan membaca Yaa Kariim, dengan izin Allah akan diberi kemuliaan di dunia dan Akhirat.
  43. الرقيب ( Ya Raqiib ) : Siapa saja yang membaca Yaa Raqiib sebanyak 7 kali untuk dirinya, keluarga dan kekayaannya, dengan izin Allah semuanya itu akan ada dibawah perlindungan Allah.
  44. المجيب ( Ya Mujiib ) : Ketika hendak berdo'a, dengan disertai penyebutan Yaa Mujiib maka Insya Allah akan dikabulkan.
  45. الواسع ( Ya Waasi' ) : Siapa saja yang mendapatkan nafkah kemudian membaca Yaa Waasi' maka dengan izin Allah akan mendapatkan sumber nafkah yang layak.
  46. الحكيم ( Ya Hakiim ) : Orang yang biasa membaca Yaa Hakiim setiap hari, dengan izin Allah tidak akan mendapatkan kesulitan dalam pekerjaannya.
  47. الودود ( Ya Waduud ) : Dengan membaca Yaa Waduud sebanyak 1000 kali kemudian ditiupkan ke makanan atau minuman dan diberikan untuk dimakan oleh orang yang sedang bersengketa, maka dengan izin Allah, persengketaan tersebut akan selesai.
  48. المجيد (Ya Majiid) : Seseorang akan diberikan kemuliaan oleh Allah SWT jika sering membaca Yaa Majiid.
  49. الباعث ( Ya Baa'its ) : Seseorang yang membaca Yaa Baa'its secara berkali-kali, akan didatangkan rasa takut kepada Allah SWT.
  50. الشهيد ( Ya Syahiid ) : Orang tua yang memiliki anak yang nakal dianjurrkan membaca Yaa Syahiid, dengan izin Allah anak tersebut menjadi Shaleh.
  51. الحق ( Ya Haqq ) : Untuk orang yang kehilangan suatu barang atau apapun itu, dengan membaca Yaa Haqq secara berulang-ulang, dengan izin Allah Akan barang yang hilang itu akan segera ditemukan.
  52. الوكيل ( Ya Wakiil ) : Seseorang yang mempunyai ketakutan terhadap keburukan yang kan menimpanya, maka membaca Yaa Wakiil secara berulang-ulang Isya Allah akan selalu dalam perlindungan Allah SWT.
  53. القوى ( Ya Qawiyy ) : Siapa saja yang mempunyai musuh yang sangat kuat, sehinnga tidak mampu mengalahkannya, maka hendaknya mengucapkan Yaa Qawiyy secara berulang dengan tujuan agar tidak dizalimi, maka dengan izin Allah akan dibebaskan dari musuhnya tersebut.
  54. المتين ( Ya Matiin ) : Ketika mengalami kesulitan, hendaknya membaca Yaa Matiin, Insya Allah kesulitannya itu akan cepat hilang.
  55. الولى ( Ya Waliyy ) : Barang siapa yang sedang tertimpa musibah, dengan membaca Yaa Waliyy secara berulang, Insya Allah musibah tersebut akan segera berlalu.
  56. الحميد ( Ya Hamiid ) : Orang yang suka membaca Yaa Hamiid Insya Allah akan dicintai dan dihormati oleh otang lain.
  57. المحيى ( Ya Muhshiy ) : Bacalah Ya Muhshiyy setiap hari insya Allah di hari Pengadilan akhirat nanti akan bisa menjawab semua pertanyaan.
  58. المبدئ ( Ya Mubdiu ) : Bacalah Yaa Mubdiu secara berulang-ulang dan tiupkan keperut wanita yang sedang hamil, Insya Allah tidak akan mengalami hal yang tidak diinginkan seperti keguguran.
  59. المعيد ( Ya Mu'iid ) : Bacalah Yaa Mu'iid sebanyak 7 kali, Insya Allah keluaga yang jauh akan pulang kembali dengan selamat.
  60. المحيى ( Ya Muhyiy ) : Orang yang setiap hari membaca Yaa Muhyiy sebanyak 7 kali, Insya Allah segala beban berat dalam hidupnya akan segera hilang.
  61. المميت ( Ya Mumiit ) : Bacalah Yaa Mumiit secara berulang untuk mematahkan kekuatan musuh. Wallahu'alam.
  62. الحي ( Ya Hayyu ) : Seseorang yang rutin membaca Yaa Hayyu setiap hari setelah selesai Shalat sebanyak 18 kali, Insya Allah akan terhindar dari kematian mendadak dan rezekinya diperluas.
  63. القيوم ( Yaa Qayyuum ) : Perbanyaklah membaca Ya Qayyuum, Insya Allah akan terhindar dari segala kekurangan.
  64. الواجد ( Ya Waajid ) : Perbanyaklah membaca Yaa Waajid, Insya Allah akan dijadikan sebagai oarang yang pemurah.
  65. الماجد ( Ya Maajid ) : Perbanyaklah membaca Yaa Maajid, Insya Allah hatinya akan tercerahkan.
  66. الواحد ( Yaa Waahid ) : Orang yang membaca Yaa Waahid secara berulang kali dalam keadaan sendiri dan tenang, Insya Allah akan terhindar dari rasa was-was dan angan-angan.
  67. الاحد ( Ya Ahad ) : Dengan membaca Yaa Ahad sebanyak 100 kali, Insya Allah sejumlah rahasia akan terungkap.
  68. الصمد ( Yaa Shamad ) : Dengan membaca Yaa Shamad secara berulang kali Insya Allah akan di penuhi semua kebutuhannya.
  69. القادر ( Ya Qaadir ) : Seseorang yang sering memmbaca Yaa Qaadir Insya Allah hasrat dan keinginannya akan terkabul.
  70.  المقتدر ( Ya Muqtadir ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Muqtadir, Insya Allah akan dinerikan pengetahuan tentang kebenaran.
  71. المقدم ( Ya Muqaddim ) : Dengan membaca Yaa Muqaddim ditempat yang menakutkan dan meyeramkan, Insya Allah akan dihindarkan dari segala gangguan.
  72. المؤخر ( Ya Muakkhir ) : Dengan membaca Yaa Muakkhir setiap hari di dalam hati sebanyak 100 kali, Insya Allah hatinya akan dipenuhi kecintaan terhadap Allah SWT.
  73. الأول ( Ya Awwal ) : Seorang yang ingin dikaruniai seorang anak yang Shaleh, hendaknya membaca Yaa Awwal sebanyak 1000 kali selama 4 Jum'at. Wallahu'alam.
  74. الأخر ( Ya Akhir ) : Dengan sering membaca Yaa Akhir, Insya Allah hidup dan di akhir hayatnya akan baik.
  75. الظاهر ( Ya Zhaahir ) :  Dengan membaca Yaa Zhaahir sebanyak 15 kali setiap selesai Shalat Jum'at, Insya Allah cahaya Ilahi akan masuk kedalam hatinya.
  76. الباطن ( Ya  Baathin ) : Bacalah Yaa Baathin setiap hari sebanyak 3 kali, Insya Allah akan melihat kebenaran dalam berbagai hal.
  77. الوالي ( Yaa Waaliyy ) : Dengan membaca Yaa Waaliyy secara berulang kali, lalu meniupkan kerumahnya, Insya Allah rumahnya akan terjaga dari bahaya.
  78. المتعالي ( Ya Muta'Aalii ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Muta'Aalii, Insya Allah akan diberi banyak kebaikan.
  79. البر ( Ya Barr ) : Orang tua yang membaca Yaa Barr untuk anaknya, Insya Allah anaknya tersebut akan terhindar dari kemalangan.
  80. التواب ( Ya tawwaab ) : Dengan membaca Yaa Tawwaab secara berulang kali Insya Allah akan diterima tobatnya.
  81. المنتقم ( Ya Muntaqim ) : Jika berhadapan dengan musuh, dengan membaca Yaa Muntaqim secara berulang Insya Allah akan diberi kemenangan.
  82. العفو ( Ya 'Afuww ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa 'Afuww, Insya Allah akan diampuni semua dosanya.
  83. الرؤوف ( Ya Rauuf ) : Dengan membaca Yaa Rauuf secara berulang kali, Insya Allah akan mendapatkan keberkahan.
  84. مالك الملك ( Ya Malikul Mulki ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Malikul Mulki, Insya Allah akan mendapatkan martabat dan harga diri dimata manusia.
  85. ذو الجلال و الإكرام ( Ya Dzul Jalaa Li Wal Ikraam ) : Dengan rajin membaca Yaa Dzul Jalaa Li Wal Ikram, Insya Allah akan diberi Kekayaan. Wallahu'alam.
  86. المقسط ( Ya Muqsith ) : Perbanyaklah membaca Ya Muqsith, Insya Allah akan terhindar dari gangguan Syetan.
  87. الجامع ( Ya Jaami' ) : Untuk mempermudah dalam pencarian barang yang hilang, dengan membaca Yaa Jaami' secara berulang kali, Insya Allah barang tersebut akan segera ditemukan.
  88. الغنى ( Ya Ghaniyy ) : Dengan banyak membaca Yaa Ghaniyy, Insya Allah hatinya akan merasa cukup dan terhindar dari sifat serakah.
  89. المغنى ( Ya Mughnii ) : Siapa saja yang membaca Yaa Mughnii 10 kali selama 10 Jum'at, Insya Allah segala kebutuhannya akan tercukupi.
  90. المانع ( Ya Maani' ) : Dengan rajin membaca Yaa Maani' Insya Allah seseorang yang berumah tangga akan mendapatkan ketentraman hidup dalam rumah tangganya.
  91. الضار ( Ya Dhaarr ) : Dengan rajin membaca Yaa Dhaarr setiap malam Jum'at, Insya Allah kedudukan dan derajatnya akan ditinggikan.
  92. النافع ( Ya Naafi' ) : Dengan membaca Yaa Naafi' 4 hari brturut-turut, Insya Allah akan terhindar dari banyak gangguan.
  93. النور ( Yaa Nuur ) : Perbanyaklah membaca Yaa Nuur, Insya Allah akan mendapatkan cahaya karunia Batiniyah.
  94. الهادئ ( Ya Haadiy ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Haadiy, Isya Allah akan memiliki pengetahuan spiritual dan makrifat atau pengetahuan mengenai Allah SWT.
  95. البديع ( Ya Badii' ) : Seseorang yang membaca Yaa Badii'assamawaati Wal Ardh sebanyak 70 kali, Insya Allah segala kesulitan yang menimpa akan segala berakhir.
  96. الباقي ( Ya Baaqii ) : Apabila membaca Yaa Baaqii sebanyak 100 kali sebelum Matahari terbit, Insya Allah akan terbebas dari bencana dalam hidupnya, dan di Akhirat nanti.
  97. الوارث ( Ya Waarits ) : Perbanyaklah membaca Yaa Waarits, Insya Allah umurnya akan dipanjangkan.
  98. الرشيد ( Ya Rasyiid ) : Bacalah Yaa Rasyiid diantara waktu Shakat Maghrib dan Isya sebanyak 100 kali, Insya Allah segala persoalan akan cepat terselesaikan.
  99. الصبور ( Ya Shabuur ) : Bacalah Yaa Shabuur sebanyak 1000 kali, Insya Allah, Allah akan memberikan ilham berupa kesabaran terhadap segala kesusahandan bencana yang menimpanya.

Asmaul Husna (99 Nama Allah SWT)

ASMAUL HUSNA
No
Indonesia
Arab
Terjemahan
/
Allah
الله
Allah
1
Ar Rahman
الرحمن
Yang Maha Pengasih
2
Ar Rahiim
الرحيم
Yang Maha Penyayang
3
Al Malik
الملك
Yang Maha Merajai/Memerintah
4
Al Qudduus
القدوس
Yang Maha Suci
5
As Salaam
السلام
Yang Maha Memberi Kesejahteraan
6
Al Mu`min
المؤمن
Yang Maha Memberi Keamanan
7
Al Muhaimin
المهيمن
Yang Maha Pemelihara
8
Al `Aziiz
العزيز
Yang Maha Perkasa
9
Al Jabbaar
الجبار
Yang Memiliki Mutlak Kegagahan
10
Al Mutakabbir
المتكبر
Yang Maha Megah, Yang Memiliki Kebesaran
11
Al Khaaliq
الخالق
Yang Maha Pencipta
12
Al Baari`
البارئ
Yang Maha Melepaskan 
13
Al Mushawwir
المصور
Yang Maha Membentuk Rupa (makhluk-Nya)
14
Al Ghaffaar
الغفار
Yang Maha Pengampun
15
Al Qahhaar
القهار
Yang Maha Memaksa
16
Al Wahhaab
الوهاب
Yang Maha Pemberi Karunia
17
Ar Razzaaq
الرزاق
Yang Maha Pemberi Rezeki
18
Al Fattaah
الفتاح
Yang Maha Pembuka Rahmat
19
Al `Aliim
العليم
Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu)
20
Al Qaabidh
القابض
Yang Maha Menyempitkan (makhluk-Nya)
21
Al Baasith
الباسط
Yang Maha Melapangkan (makhluk-Nya)
22
Al Khaafidh
الخافض
Yang Maha Merendahkan (makhluk-Nya)
23
Ar Raafi`
الرافع
Yang Maha Meninggikan (makhluk-Nya)
24
Al Mu`izz
المعز
Yang Maha Memuliakan (makhluk-Nya)
25
Al Mudzil
المذل
Yang Maha Menghinakan (makhluk-Nya)
26
Al Samii`
السميع
Yang Maha Mendengar
27
Al Bashiir
البصير
Yang Maha Melihat
28
Al Hakam
الحكم
Yang Maha Menetapkan
29
Al `Adl
العدل
Yang Maha Adil
30
Al Lathiif
اللطيف
Yang Maha Lembut
31
Al Khabiir
الخبير
Yang Maha Mengenal
32
Al Haliim
الحليم
Yang Maha Penyantun
33
Al `Azhiim
العظيم
Yang Maha Agung
34
Al Ghafuur
الغفور
Yang Maha Pengampun
35
As Syakuur
الشكور
Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai)
36
Al `Aliy
العلى
Yang Maha Tinggi
37
Al Kabiir
الكبير
Yang Maha Besar
38
Al Hafiizh
الحفيظ
Yang Maha Memelihara
39
Al Muqiit
المقيت
Yang Maha Pemberi Kecukupan
40
Al Hasiib
الحسيب
Yang Maha Membuat Perhitungan
41
Al Jaliil
الجليل
Yang Maha Mulia
42
Al Kariim
الكريم
Yang Maha Mulia
43
Ar Raqiib
الرقيب
Yang Maha Mengawasi
44
Al Mujiib
المجيب
Yang Maha Mengabulkan
45
Al Waasi`
الواسع
Yang Maha Luas
46
Al Hakiim
الحكيم
Yang Maha Maka Bijaksana
47
Al Waduud
الودود
Yang Maha Mengasihi
48
Al Majiid
المجيد
Yang Maha Mulia
49
Al Baa`its
الباعث
Yang Maha Membangkitkan
50
As Syahiid
الشهيد
Yang Maha Menyaksikan
51
Al Haqq
الحق
Yang Maha Benar
52
Al Wakiil
الوكيل
Yang Maha Memelihara
53
Al Qawiyyu
القوى
Yang Maha Kuat
54
Al Matiin
المتين
Yang Maha Kokoh
55
Al Waliyy
الولى
Yang Maha Melindungi
56
Al Hamiid
الحميد
Yang Maha Terpuji
57
Al Muhshii
المحصى
Yang Maha Mengkalkulasi
58
Al Mubdi`
المبدئ
Yang Maha Memulai
59
Al Mu`iid
المعيد
Yang Maha Mengembalikan Kehidupan
60
Al Muhyii
المحيى
Yang Maha Menghidupkan
61
Al Mumiitu
المميت
Yang Maha Mematikan
62
Al Hayyu
الحي
Yang Maha Hidup
63
Al Qayyuum
القيوم
Yang Maha Mandiri
64
Al Waajid
الواجد
Yang Maha Penemu
65
Al Maajid
الماجد
Yang Maha Mulia
66
Al Wahiid
الواحد
Yang Maha Tunggal
67
Al Ahad
الاحد
Yang Maha Esa
68
As Shamad
الصمد
Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta
69
Al Qaadir
القادر
Yang Maha Menentukan
Yang Maha Menyeimbangkan
70
Al Muqtadir
المقتدر
Yang Maha Berkuasa
71
Al Muqaddim
المقدم
Yang Maha Mendahulukan
72
Al Muakkhir
المؤخر
Yang Maha Mengakhirkan
73
Al Awwal
الأول
Yang Maha Awal
74
Al Aakhir
الأخر
Yang Maha Akhir
75
Az Zhaahir
الظاهر
Yang Maha Nyata
76
Al Baathin
الباطن
Yang Maha Ghaib
77
Al Waali
الوالي
Yang Maha Memerintah
78
Al Muta`aalii
المتعالي
Yang Maha Tinggi
79
Al Barru
البر
Yang Maha Penderma
80
At Tawwaab
التواب
Yang Maha Penerima Tobat
81
Al Muntaqim
المنتقم
Yang Maha Pemberi Balasan
82
Al Afuww
العفو
Yang Maha Pemaaf
83
Ar Ra`uuf
الرؤوف
Yang Maha Pengasuh
84
Malikul Mulk
مالك الملك
Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta)
85
Dzul Jalaali Wal Ikraam
ذو الجلال و الإكرام
Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan
86
Al Muqsith
المقسط
Yang Maha Pemberi Keadilan
87
Al Jamii`
الجامع
Yang Maha Mengumpulkan
88
Al Ghaniyy
الغنى
Yang Maha Kaya
89
Al Mughnii
المغنى
Yang Maha Pemberi Kekayaan
90
Al Maani
المانع
Yang Maha Mencegah
91
Ad Dhaar
الضار
Yang Maha Penimpa Kemudharatan
92
An Naafii`
النافع
Yang Maha Memberi Manfaat
93
An Nuur
النور
Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya)
94
Al Haadii
الهادئ
Yang Maha Pemberi Petunjuk
95
Al Baadii
البديع
Yang Indah Tidak Mempunyai Banding
96
Al Baaqii
الباقي
Yang Maha Kekal
97
Al Waarits
الوارث
Yang Maha Pewaris
98
Ar Rasyiid
الرشيد
Yang Maha Pandai
99
As Shabuur
الصبور
Yang Maha Sabar

Semoga Asmaul Husna (99) [Artinya, Keutamaan dan Khasiat serta tulisan arab dan latin] ini bermanfaat dan mudah-mudahan dengan berdzikir dan membaca kita mendapatkan keutamaan dan pahala dari Allah SWT serta menjadi pribadi yang lebih baik karena selalu mengigat Allah itu Maha Besar dan maha segalanya, kita sebagai ciptaannya tidak ada apa-apanya dan tidak pantas untuk sombong. Tidak lupa juga bagi saudaraku yang membutuhkan bacaan Asmaul Husna bisa unduh disini Asmaul Husna.PDF . Sekian, semoga dengan membaca dan mengamalkan 99 nama-nama Allah yang baik dan indah ini, hidup kita menjadi terarah, lebih baik dan menjadi seorang muslim sejati yang selalu bersyukur dan berdzikir kepada Tuhan sang maha Pencipta.


 
close