Ayat Kursi | Ayatul Kursi Arab Latin dan Terjemahannya

Ayat Kursi | Ayatul Kursi Arab Latin dan Terjemahannya ( Indonesia ) serta Khasiat, Manfaat, dan Keutamaan  yang terkandung di dalamnya

 Ayatul Kursi Arab Latin dan Terjemahannya Ayat Kursi | Ayatul Kursi Arab Latin dan Terjemahannya


Ayat Kursi, kalian pernah bertanya tidak apa Ayat Kursi itu, bagi orang yang beragama Islam, ketika kita masih kecil kita diajarkan dan dianjurkan membaca Ayat Kursi ketika hendak tidur oleh guru mengaji kita. Dan apakah kalian sudah memahami arti dari Ayat Kursi itu sendiri. Jika belum, saya selaku admin blog mengajak kepada sahabat muslimin mari kita sama-sama untuk mengingat dan mempelajari serta memahaminya.

Pengertian Ayat Kursi

Dikutip dari Wikipedia, "Ayat Kursi ( Ayatul Kursi / Ayat Singgasana) adalah ayat yang ke 255 dari Surah Al Baqarah. Disebutkan dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka'ab, ayat ini sebagai ayat yang paling agung dalam Al Quran, Yang berisi tentang tentang keesaan Tuhan dan kekuasaan Tuhan yang mutlak atas segala sesuatu dan menegaskan bahwa Dia tidak kesulitan sedikitpun dalam memeliharanya". Di tegaskan oleh Syeikh Abdurrahman Al-Sa'id : " Ayat Kursi ini termasuk ayat yang paling agung dan paling mulia, sebab mengandung perkara yang besar dan sifat-sifat Allah SWT yang mulia. Ketika kita selesai shalat, Ustadz atau imam Shalat biasanya membaca Ayat ini untuk wirid, ini bukti bahwa ayat ini sangat penting. Banyak hadits yang menjelaskan tentang tentang anjuran membaca Ayat yang agung ini sekitar 95 Hadits, namun disini saya saya sebagai admin akan sharing 1 Hadits saja berikut dibawah ini :

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ

قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ قَالَ

قُلْتُ { اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ } قَالَ فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا

( الْمُنْذِر رواه مسلم

Dari Ubay bin Ka’ab ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda : “Hai Abu Mundzir, tahukah kamu, ayat manakah di antara ayat-ayat al Quran yang ada padamu yang paling utama?” Abu Mundzir berkata : saya menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau bertanya lagi: “Hai Abu Mundzir, tahukah kamu, ayat manakah di antara ayat-ayat al Quran yang ada padamu yang paling utama?” Abu Mundzir berkata: Saya menjawab, “Allahu laa ilaaha illaa huwal Hayyul Qayyum” Abu Mundzir berkata : lalu beliau menepuk dadaku seraya bersabda : “Demi Allah, semoga dadamu dipenuhi dengan ilmu, wahai Abu Mundzir”. (H.R. Muslim).

Kenapa dinamakan Ayat Kursi ? Karena kata " Kursi " disebutkan dan ditujukan kepadaNya, Yang dikemukakan oleh Allah SWT dalam Firmannya :

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ

  مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ

عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَايَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
  
( البقرة : 255 )

Bacaan Ayat Kursi versi Latin

ALLAHU LAA ILAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU, LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM, LAHU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI, MAN DZAL LADZII YASYFA’U ‘INDAHU ILLAA BI IDZNIHI, YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM, WA LAA YUHIITHUUNA BI SYAIIN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A, WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA, WA LAA YA-UUDUHU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM. ( Q.S Al-Baqarah : 255 )

Terjemahan Ayat Kursi bahasa Indonesia


Allah, tiada Tuhan ( yang berhak disembah ) melainkan Dia, yang tetap Hidup, Yang kekal selama-lamanya mentadbirkan ( sekalian MakhlukNya ). Yang tidak mengantuk dan tidak Tidur. Yang memiliki segala yang ada di Langit dan yang ada di Bumi.Tidak ada satupun yang memberi Syafa'at (  pertolongan ) disisiNya melainkan dengan izinNya. Yang maha mengetahui apa yang ada dihadapan mereka dan apa yang ada dibelakang mereka, sedangkan mereka tidak mengetahui sesuatu pun dari ( kandungan ) Ilmu Allah melainkan apa yang Allah kehendaki ( memberitahu kepadanya ). Luasnya kursi Allah ( ilmuNya dan kekuasaanNya ) meliputi langit dan bumi, dan tiadalah menjadi keberatan kepada Allah untuk menjaga dan memelihara keduanya. Dan Dia  lah Yang Maha Tinggi ( derajat kemuliaanNya ), lagi Maha Besar ( kekuasaanNya ). ( Q.S Al-Baqarah : 255 )

Video Bacaan Ayat Kursi

video lantunan indah Ayat Kursi Muzammil Hasballah

Allah SWT menurunkan Ayat Kursi Kepada Rasuluulah SAW pada suatu malam setelah Hijrah. Menurut riwayat, beribu Malaikat menyertai sebagai penghantar saat diturunkannya Ayat Kursi, karena kebesaran dan kemuliaanya. Makanya Iblis dan Syetan menjadi gempar dan was-was, karena perjuangannya untuk menyesatkan manusia menjadi lebih sulit, khususnya badi seseorang yang sering mengamalkan Ayat ini. 

Khasiat dan manfaat membaca Ayat Kursi
  1. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi secara Istiqamah setiap kali setelah melaksanakan Shalat wajib, setiap pagi dan malam, masuk kerumah atau ke pasar, dengan izin Allah akan diamankan dari godaan Syetan dan dari kejahatan manusia serta binatang yang merugikan.
  2. Dalam Kitab Assarul Mufidah, diterangkan bahwa barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap hari sebanyak 18 kali, dengan izin Allah akan hidup berjiwa tauhid, dimudahkan rezekinya, dan dinaikan martabatnya.
  3. Seorang ulama Hindi mendengar dari guru besarnya Abi Lababah r.a, membaca Ayat Kursi sebanyak anggota sujud ( 7 kali ), Insya Allah akan ada dalam benteng pertahanan Rasulullah SAW.
  4. Diterangkan oleh Syeikh Al Bunni : "Barangsiapa membaca Ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya ( 50 kali ), lalu ditiupkan pada air hujan kemudian diminum, dengan izin Allah akalnya akan cerdas dan mudah untuk memahami pelajaran yang didapat".
  5. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai Shalat wajib, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya. Dan jika dibaca ketika hendak akan tidur, Insya Allah akan dijauhkan dari gangguan Syetan yang terkutuk.
  6. Diterangkan oleh Syeikh Al Bunni : "Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak hitingan hurufnya ( 170 Huruf ), Insya Allah pertolongan dalam menyelesaikan segala urusannya akan segera datang dan melapangkan fikirannya, di luluskan rezekinya, serta dihilangkan kedukaanya.
  7. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika akan tidur, Insya Allah, Allah akan menugaskan 2 Malaikat untuk menjaga tidurnya sampai dia bangun.
  8. Diterangkan oleh Abdurahman bin Auf, beliau apabila hendak masuk kerumahnya membaca Ayat Kursi pada 4 penjuru dan berharap dengan begitu menjadi penjaga dari kejahatan Syetan dan Iblis yang terkutuk.
  9. Diterangkan oleh Syeikh Bunni : "Barangsiapa yang takut terhadap serangan musuh, maka hendaklah membuat garis lingkaran dengan isyarat nafas dikiuti dengan membaca Ayat Kursi, kemudian masuk besama para jema'ahnya ke dalam garis lingkaran tersebut menghadap kearah musuh, dengan dikuti membaca Ayat Kursi sebanyak 50 kali atau 170 kali, dengan izin Allah musuh tidak akan melihat dan memudharatkannya.
  10. Diterangkan oleh Syeikh Kabir Muhyiddin Ibnu Arabi : "Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, dengan izin Allah pandangan rohaninya akan dibukakan, dihasilkan dari yang dimaksud, dan diberi pengaruh terhadap manusia. ( dari Kitab Khawasul Qur'an ).
  11. Sabda Rasulullah SAW : "Barangsiapa yang pulang kerumahnya dengan membaca Ayat Kursi, Allah akan menghilanhkan segala kefakiran didalam hatinya.
  12. Sabda Rasulullah SAW : "Umatku yang membaca Ayat Kursi pada pagi Jum'at, kemudia berwudlu dan shalat sunah 2 raka'at, Allah akan memeliharanya dari kejahatan Syetan dan kejahatan pembesar.
  13. Sebagaimana Allah SWT memelihara nabi Muhammad SAW, maka orang yang selalu membaca Ayat Kursi akan dicintai dan dipelihara olehNya.
  14. Seseorang yang suka mengamalkan Ayat Kursi, Insya Allah akan terhindar dari gangguan dan hasutan Syetan.
  15. Ayat kursi sebagai pembenteng dari pencuri yang akan memasuki rumah, maka hendaknya perbanyak membaca Ayat Kursi.
  16. Dengan selalu mengamalkan Ayat Kursi, Insya Allah akan diberikan keselamatan dalam perjalanan.
  17. Jika Ayat Kursi dibaca dengan Khusuk, Insya Allah jin dan Syetan akan terbakar.
  18. Jika kita menempati rumah baru hendaknya membaca Ayat Kursi sebanyak 100 kali, Insya Allah anda sekeluarga terhindar dari gangguan lahir dan bathin.
  19. Seseorang yang membaca Ayat Kursi setelah Shalat wajib, Insya Allah akan ada dalam perlindungan Allah sampai Shalat berikutnya.
  20. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika mrngalami kesulitan, Insya Allah pertolongan akan segera datang.
  21. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sebelum ketika hendak pulang kerumahnya, maka Allah SWT menugaskan 7000 Malaikat untuk memohon ampun dan mendo'akan orang tersebut.


Baca Juga :



Keutamaan membaca Ayat Kursi
  1. Membersihkan energi negatif dan mendatangkan energi posoitif terhadap diri anda.
  2. Membuka jalan Do'a ke Arsy Allah SWT.
  3. Menguatkan do'a yang kita panjatkan.
  4. Mewujudkan dan menarik hajat atau maksud tujuan kita.
  5. Membangkitkan kemampuan kekuatan bathin.
  6. Meningkatkan kepekaan bathin.
  7. Membuka pintu rezeki dari semua arah.
  8. Menemukan dan mendapatkan jodoh yang shaleh / shalehah
  9. Meningkatkan kecerdasan dalam belajar.

Dari Khasiat, manfaat dan keutamaan Ayat Kursi diatas, jika dipikirkan menurut logika dan akal anda, mungkin anda akan berfikir atau berkata "mungkinkah itu bisa terjadi ?". Coba anda ingat kembali ketika dulu anda sedang mempelajari ilmu Agama, banyak kisah Para ulama yang bisa berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain,  semacam Teleportasi, itu karena hati mereka bersih dan dalam membaca serta mengamalkan do'a dan Ayat Allah dengan khusuk, sehingga hal yang mustahil pun terjadi. Di zaman sekarang juga bukan tidak mungkin, jika kita mendapat  Ma'unah ( keajaiban dan kelebihan yang diberikan oleh Allah kepada seorang muslim yang baik / sejati ) dari Allah SWT. Maka tidak ada satupun yang mustahil bagi Allah SWT, Kun Fa Yakun ( jadilah maka jadi ).

Untuk memperbanyak amal ibadah kita dan mendapatkan Khasiat, manfaat dan keutamaan Ayat Kursi, maka mulai sekarang amalkan dan biasakan membaca ayat ini setiap hari. Alhamdulillah, sekian artikel tentang Ayat Kursi | Ayatul Kursi Arab Latin dan Terjemahannya saya Share, semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca dan mengamalkannya.