Rabu, 04 Maret 2020

CIRI-CIRI TANAMAN HIAS YANG HARGANYA MAHAL

Momod ads.id
CIRI-CIRI TANAMAN HIAS YANG HARGANYA MAHAL





Tampilan tanaman hias yang harganya tinggi
Pada posting artikel sebelumnya telah saya bahas tentang ciri-ciri tanaman berkualitas. Untuk posting kali ini masih berkaitan yaitu Ciri-ciri tanaman hias harganya mahal. Sudah menjadi hukum dagang jika kualitasnya lebih tinggi harganya juga akan tinggi.


Batang tanaman berwarna merah terang
Adapun ciri-ciri tanaman yang mahal harganya yaitu:
1. Jumlah stok dipasaran sedikit, permintaan banyak. Tanaman hias kondisi seperti ini pernah terjadi pada tanaman hias Anthurium. Anthurium yang mendadak terkenal karena eksploitasi media yang berlebihan membuat para kolektor dan penjual dadakan berebut jenis tanaman ini hingga harga tanaman diluar harga rasional, suatu hal yang sulit di mengerti jika satu tanaman bisa menembus milyaran rupiah, nilai yang sangat fantastis dan benar-benar terjadi. Namun konsekuensinya pastilah ada yaitu pada saat masyarakat telah jenuh dengan pemberitaan tentang Anthurium, harganyapun terjun bebas ke harga semula, bahkan saat ini untuk menjual saja tidak mudah. Peristiwa ini setidaknya memberikan pelajaran kepada pedagang dadakan yang tidak dibekali pengetahuan yang cukup namun terjun ke bisnis Anthurium, akhirnya terhenti satu persatu karena kondisi yang semakin memburuk.
2. Tanaman hias spesies baru. Setiap tanaman hias yang dikenalkan dipasaran sudah pasti harganya akan di bandrol tinggi. Selain karena jumlahnya yang masih terbatas, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan riset hingga bertahun-tahun maka sudah selayaknya harganya akan tinggi. Namun tidak semua spesies baru dapat di jual ke pasaran. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menjaga kualitas dari tanaman hias yang ada, karena jika di paksakan maka akan berpengaruh pada nilai jual tanaman. Semakin banyak pembeli yang mengantri untuk membeli tanaman hias yang jumlahnya terbatas tersebut maka semakin tinggi pulalah harganya.

Dibalik daun juga berwarna merah terang
3. Tampilan Tanaman yang spesial. Walaupun dalam satu indukan, hasil anakan tidaklah sama. Hanya tanaman yang mempunyai karakter yang kuat yang akan mempunyai nilai jual tinggi. Karakter tersebut antara lain:
3.1 Bentuk daun kokoh dan rose set. Biasanya kriteria ini terdapat dalam tanaman aglaonema. Semakin tebal dan bergelombang permukaan daun maka nilai tanaman semakin tinggi.
3.2 Warna tanaman kuat dan kontras. Tanaman hias yang mayoritas dicari adalah tanaman dengan tampilan yang mencolok, baik dari warna daun, bunga ataupun batang mempunyai warna yang tajam. Biasanya warna yang disukai adalah warna merah.
3.3 Bentuk batang yang unik. Biasanya jenis tanaman ini merupakan hasil perlakuan bonsai seperti pada tanaman Adenium. Semakin unik bentuk batangnya maka semakin mahal harganya.
3.4 Bentuk mini dan bermanfaat. Saat ini tanaman hias Sansevieria mempunyai kelas tersendiri di masyarakat yaitu sebagai anti polutan, maka tanaman Sansevieria yang bentuknya mini namun mampu berfungsi sebagai anti polutan yang besar banyak dicari untuk ditempatkan di ruangan kerja. ditulis oleh ilmuflora.


 
close