Download Soal Ujian Sekolah (US) Kelas 6 Bahasa Indonesia Tahun Ajaran Baru

 Download Pdf Contoh Latihan Soal Ujian Sekolah  Download Soal Ujian Sekolah (US) Kelas 6 Bahasa Indonesia Tahun Ajaran Baru
Download Pdf Contoh Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Kelas 6 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran Baru 2017/2018. Bahan Soal Ujian Sekolah /US Kelas 6 SD berdasarkan kisi-kisi dan kurikulum 2013 (K13). Kumpulan soal ujian sekolah bahasa Indonesia ini dapat kalian download dengan format Pdf sebagai acuan atau bahan pembelajaran untuk persiapan menghadapi baik Ujian Sekolah US/UASBN maupun Ujian Nasional (UN).

Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD

Materi soal ujian sekolah didapat dari soal harian, soal try out, buku paket pelajaran bahasa Indonesia yang dapat kalian pelajari agar dapat membantu dalam menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia yang sebentar lagi akan dilaksanakan.


1. Perhatikan penggalan teks pidato berikut! 

Kemerdekaan yang sekarang kita rasakan bukanlah hadiah dan para penjajah. Kemerdekaan ini merupakan hasil perjuangan bangsa kita. Para pahiawan yang tetah berjuang ketika berperang, senantiasa mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara ini.

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan isi teks pidato tersebut adalah...... 

  • A. Oleh karena itu, marilah kita isi kemerdekaan dengan belajar sebaik-baiknya untuk kemajuan Indonesia 
  • B. Dengan demikian, kita tidak berhak mengejek usaha para pahlawan yang telah berkorban untuk Indonesia 
  • C. Pengorbanan para pahlawan tidak dapat dinilai dengan uang. Mereka berjuang secara sukarela 
  • D. Saat ini, sedikit pahlawan yang mengorbankan dirinya untuk kepentingan rakyat 


2. Paragraf yang berisi ide atau gagasan dengan dikuti alasan yang kuat untuk meyakinkan pembaca dengan isinya yang mengemukakan suatu pendapat yang diyakini disebut paragraf........
A. deskripsi
B. persuasi
C. naratif
D. argumentasi

3. Fitri tinggal di Bandung. Ia akan menelepon neneknya yang tinggat di Jakarta. Telepon neneknya adalah 6867189. Agar Fitri dapat menelepon neneknya, maka telepon yang dihubungi adalah.....
A. 6867189 (021)
B. (021)6867189
C. (021) (021) 6867189
D. 6867189 (021) (021)

4. Bacalah kedua teks berikut ini!

Teks 1 

Meski banyak proyek perbaikan jatan dilakukan, jumlah jalan rusak di Bandung masih cukup banyak. Bahkan beberapa jalan utama yang baru saja diperbaiki, ternyata kini rusak lagi.

Teks 2 

Saat ini ja[ur utama penghubung Gedebage - Ciparay rusak parah. Kerusakan ini cukup mengejutkan. Sebenamya jalur itu pernah mengalaini kerusakan yang sama dan diperbaiki pertengahan tahun 2017 silam. Namun kini kondisinya kembali rusak.

Persamaan tema kedua teks di atas adalah...... 

A. jalur utama jalan
B. perbaikan jalan utama
C. proyek perbaikan jatan
D. kerusakan jalan

5. Perhatikan pantun berikut ini!

Jalan-jalan ke Jakarta
Bertemu paman di depan pasar
Ujian sudah di depan mata
Mari kita tekun belajar
Pesan dan pantun tersebut adalah......

A. ujian sudah dekat
B. belajar dan ujian
C. akan ada ujian
D. mengajak tekun belajar

Bacalah cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 - 16! 

        Di kebun hidup seekor semut yang sangat sombong. Dia tinggal di sebuah pohon. Selain semut, di pohon itu juga ada seekor kepompong yang menggantung di dahan pohon. Semut selalu mengejek kepompong tersebut. Menurut semut, kepompong sangat bodoh karena hanya bisa menggantung di pohon dan tidak bisa bergerak, tidak sepenti dia yang bisa pergi kemanapun dia mau. Mendengar ejekan itu kepompong tidak manah, ia tetap sabar.

        Suatu hari, ketika semut berjalan-jalan di kebun, tiba-tiba tubuhnya masuk ke dalam genangan air. Lama kelamaan tubuhnya semakin tenggelam. Dia berteriak meminta tolong. Tiba-tiba ada seekor kupu-kupu menolongnya. Kupu-kupu itu mengatakan kalau semut tidak bisa bengerak dan genangan air tersebut karena tidak bisa terbang sepertinya. Ternyata kupu-kupu itu adalah kepompong yang dulu diejek oleh semut. Semut menasa malu akan kesombongannya. Akhirnya semut meminta maaf kepada kepompong yang kini sudah berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.

6. Bagaimana keadaan kepompong yang terus menerus diejek?
A. Membiarkan semut yang mengejeknya.
B. Tetap sabar dalam bertapa sebagai kepompong.
C. Berubah menjadi kupu-kupu yang etok rupanya.
D. Membuat malu atas kesombongan dan keelokannya.

20. Mengapa semut begitu sombong?
A. Semut sombong karena merasa dinmnya lebih baik dan yang lainnya.
B. Kesombongan semut dipicu oleh peritaku kepompong yang diam saja.
C. Semut tidak mengetahui bahwa ada yang [ebih balk dan dirinya.
D. Kupu-kupu tidak membuat semut sadar.

Untuk mendapatkan soal secara lengkap, silahkan kalian download  soal ujian bahasa Indonesia dalam versi pdf.
Download Pdf Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD

Catatan :

  • Untuk mengurangi ukuran download maka untuk lanjutan lembaran selanjutnya akan dipublish setelahnya.

Dukung Web/Blog Zona Soal agar selalu bisa menyajikan kumpulan soal ujian sekolah terbaru untuk menghadapi Ujian Sekolah (US) atau Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), seperti soal Tryout untuk tingkat sekolah dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bisa didownload versi pdf secara gratis.

Demikian uraian soal ujian sekolah (us) pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 6 sd dan mi tahun ajaran 2017/2018 yang dapat di download format pdf. Selamat Belajar