Selasa, 03 Maret 2020

Google Juga Pernah Typo | Kesalahan Ketik yang Dialami Google

Momod ads.id
Tentu pernah dengar istilah 'typo' kan?

Ya 'typo' adalah istilah untuk menyebut kejadian kesalahan pengetikan huruf yang tidak disengaja. Typo menjadi hal yang wajar dan dimaklumi jika tidak 'membahayakan' penulisnya. 

Selama 'typo' yang terjadi tidak mengubah makna tulisan ke arah yang negatif, biasanya 'typo' tidak akan dipersoalkan. 

Bayangkan, kalau 'typo' terjadi pada kata 'konyol'. Yang terjadi kesalahan adalah huruf y tapi tertekan t. Bisa sangat berbahaya. Parahnya, letak tombol y dan t saling berdekatan dan bersebelahan. Seperti indomarit dan alfamarit.

Nah, di Google yang berbahasa Indonesia juga terjadi. Ke-typo-an yang ada di Google bukannya yang salah ketik huruf, melainkan karena adanya kekurangan huruf.

Typo-nya Google ini ada pada halaman konfirmasi untuk pembuatan surel (email). Sudah saya tangkap layarnya, bergini penampakan kesalahan pengetikan Google Bahasa Indonesia.


Oke, bisa dibaca? Ketemu kesalahan pengetikannya di mana?

Jika kta jeli, maka kan kita ketahui. Susunan kalimat di atas mengalami kesalah pada kata 'penggunaannya'. Di halaman itu tertulis 'penggnaannya'. Tanpa huruf 'u' yang seharusnya ada di setelah huruf 'g' yang kedua.

Kesalahan ini berbeda dengan typo-nya kata 'konyol' di atas. Tentu tidak mungkin mengubah makna. Para pengguna Google yang hendak membuat surel juga tidak mungkin kesulitan memahami. Atau mungkin beberapa pengguna justru memang tidak memahami kesalahan pengetikan yang baru muncul.

Oh iya, tangkapan layar ini saya buat tanggal 26 Agustus 2018. Sekita pukul 15.00 WIB. Jika sudah tidak begitu penulisannya, bisa jadi sudah diperbaiki oleh Tim Google. 

Bukankah memang Google orangnya hebat-hebat.

Salam! 


 
close