Jaringan Wan : Pengertian, Fungsi, Perangkat Hardware, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Referensi Jaringan Wan

Teknologi komputer dari hari ke hari terus mengalami perkembangan yang significan, salah satu teknologi komputer yang paling banyak dipakai ketika ini yaitu teknologi jaringan, yaitu teknologi yang dipakai untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer lainnya untuk tujuan tertentu.

Berbicara mengenai jaringan komputer, sebetulnya bahan ini banyak dipelajari di smk jurusan teknik komputer jaringan (TKJ). Berdasarkan luas jangkauannya, jaringan komputer itu dibagi menjadi beberapa kategori yang meliputi:
  • WAN (Wide area network)
  • MAN (Metropolitan area network)
  • LAN (Local Area Network)
  • Internet (Jaringan komputer seluruh dunia)

Untuk artikel kali ini saya akan khususkan membahas mengenai jaringan WAN atau wide area network, apa yang saya akan uraikan di artikel kali ini meliputi pengertian, fungsi, perangkat hardware jaringan beserta fungsinya, laba dan kerugian jaringan wan dan juga pola dari jaringan wan.

Teknologi komputer dari hari ke hari terus mengalami perkembangan yang significan Jaringan Wan : Pengertian, Fungsi, Perangkat Hardware, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Referensi Jaringan Wan


Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda terutama para siswa smk ataupun guru mata pelajaran yang kebetulan sedang membutuhkan untuk menambah kajian bahan wacana jaringan WAN.


Pengertian Jaringan WAN

Menurut wikipedia jaringan wan yaitu Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang meliputi area yang besar sebagai pola yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau sanggup didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN dipakai untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu sanggup berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Atau

Wide Area Network (WAN) yaitu sebuah jaringan yang mempunyai jarak yang sangat luas, lantaran radiusnya meliputi sebuah negara dan benua. WAN memakai sarana akomodasi transmisi menyerupai telepon, kabel bawah bahari ataupun satelit.

Kecepatan transmisinya bermacam-macam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, hingga 625 Mbps (atau kadang kala lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, menyerupai jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Atau ada juga yang mendefinisikan
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang  jangkauannya meliputi kawasan geografis yang luas, seringkali meliputi sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh.  WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan saluran ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain.  Beberapa teknologi WAN antara lain yaitu Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.

Perangkat (Hardware) Utama Jaringan WAN

 WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa pribadi dimasukkan ke LAN maka diharapkan beberapa perangkat interface.
Perangkat–perangkat tersebut antara lain:

1. Router
LAN mengirimkan data ke Router, kemudian Router akan menganalisa menurut info alamat pada layer 3. Kemudian Router akan meneruskan data tersebut ke interface WAN yang sesuai menurut routing table yang dimilikinya.  Router yaitu perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan sanggup berpartisipasi dalam administrasi jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung kiprah dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol administrasi dan fleksibilitas.

2. CSU/DSU
Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai.  Untuk jalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) dibutuhkan. Keduanya sering digabung menjadi sebuah perangkat  yang disebut CSU/DSU.

3. Modem
Modem yaitu sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital.  Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal.  Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal bunyi analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan.  Pada sisi akseptor sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

4. Communication Server
Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote saluran ke LAN.  Communication Server mempunyai beberapa interface analog dan digital serta bisa melayani beberapa user sekaligus

Fungsi jaringan wan

Berikut ini yaitu beberapa fungsi dari sebuah jarignan WAN (Wide Area Network): yang dikutif di salah satu halaman situs dosen it (http://dosenit.com/jaringan-komputer/konsep-jaringan/fungsi-wan) :

1.Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu

Fungsi utama dari dibangunnya sebuah jaringan luas atau WAN yaitu untuk melaksanakan integrasi dan juga penggabungan dari jaringan LAN dan juga jaringan MAN, menjadi satu kesatuan jaringan yang utuh. Biasanya, fungsi ini akan sangat mempunyai kegunaan bagi sebuah perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang, di luar negeri dan juga diluar kota.

Dengan adanya jaringan WAN, maka setiap kantor cabang ataupun kantor perwakilan akan saling terhubung satu sama lain dengan sebuah jaringan komputer yang sangat luas. (baca juga: Jaringan LAN, MAN, dan WAN)

2. Mempermudah dan mempercepat arus info dan komunikasi

Fungsi berikutnya dari sebuah jaringan komputer WAN yaitu memudahkan dan juga mempercepat arus info dan juga komunikasi. Seperti pola sebuah komunikasi dari kantor cabang, perwakilan dan juga kantor pusat.

Dapat dibayangkan apabila kantor cabang yang berada di pulau Kalimantan, harus meminta info dari kantor pusat yang berada di pulau Jawa. Tanpa adanya jaringan terintegrasi WAN, maka tentu saja hal ini berjalan sangat usang dan juga sangat sulit. Karena itu, dengan adanya WAN setiap kantor cabang akan lebih cepat dan juga gampang dalam mengakses dan juga emmperoleh info dari kantor pusat.
Sponsors Link

3. Meningkatkan efisiesnsi perpindahan arus informasi

Dengan semakin mudahnya arus info dan juga transfer data akan lebih memudahkan info yang tiba dan keluar menjadi lebih cepat. Seperti komunikasi antar kantor cabang dan juga kantor perwakilan, maka sudah niscaya efisinsi waktu akan tercipta dan akan menjadi sangat baik.

Dengan meningkatnya efisisensi waktu yang dimiliki kantor dalam melakuakan transmisi data, maka hal ini kan menjadikan kinerja dan juga kemampuan perusahaan akan menjadi semakin baik dan juga semakin meningkat.

4. Menghemat biaya operasional

Penghematan dari biaya operasional pun akan menjadi lebih baik lagi. Hal ini tentu saja bekerjasama bersahabat dengan efisiensi waktu dan juga tenaga yang dihasilkan berkat adanya jarinan WAN ini.

Ayangkan saja apabila kantor cabang harus mengambil data dan juga info tanpa memakai jaringan WAN, maka bisa jadi staff dari kantor cabang tersebut harus pergi ke kantor pusat untuk memperoleh info yang dibutuhkan, yang pastinya biaya transportasi yang akan membengkak dan menjadikan pengeluaran perusahaan dari biaya operasional menjadi semakin bertambah.

5. Mencegah terjadinya miskomunikasi


Miskomunikasi juga biasanya sering terjadi apabila komunikasi dan juga penyampaian info dilakukan secara manual. Hal ini masuk akal saja lantaran insan memang mempunyai kecenderungan untuk salah dalam menafsirkan, sehingga bisa saja miskomunikasi tersebut sanggup mengganggu jalannya bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.

Disinilah jaringan WAN memegang fungsi dan juga peranan yang sangat penting bagi arus info dan juga proses komunikasi dari setiap kantor yang ada. Dengan memakai jaringan WAN sebagai media transmisi data dan informasi, maka insiden miskomunikasi akan sanggup diminimalisir bahkan dihilangkan. Hal ini disebabkan lantaran nantinya setiap user dan setiap kantor cabang juga perwakilan akan memperoleh info yang sama satu sama lain, lantaran berasl dari satu komputer induk atau server yang sama.

Mengakses serta memakai internet secara menyeluruh dengan jangkauan yang luas diharuskan memakai hardware jaringan seperti  jenis kabel jaringan komputer mana yang harus dipasangkan. Seperti pada kabel fiber optic, cara kerja fiber optik sebagai media transmisi menjadi salah satu pilihan yang sempurna untuk dipakai pada jaringan WAN, alasannya yaitu kabel fiber optic cukup stabil dalam melaksanakan file transfering yang baik.
Sponsors Link

6. Mendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasional

Fungsi WAN yang berikutnya yaitu sanggup mendukung operasionalitas dari perusahaan yang berskala multinasional dan juga internasional. Dengan adanya jaringan WAN pada sebuah perusahaan tersebut, maka segala bentuk acara operasional perusahaan sanggup berjalan denang lebih baik.

Meskipun jaringan WAN mempunyai banyak fungsi yang sangat mendukung acara operasional perusahaan, akan tetapi untuk mengimplementasikan sebuah jaringan WAN cukup sulit. Hal ini tentu saja disebabkan oleh kondisi geografis yang amat luas, yang meliputi multi nation atau banyak Negara.

Beberapa Negara mensyaratkan regulasi tertentu biar sebuah perusahaan bisa membangun jaringan yang terhubung dengan jaringan WAN, serta biaya pembangunan menara transmisi ataupun kabel jaringan bawah bahari yang mempunyai biaya investasi yang tidak sedikit.

Standar Jaringan WAN

WAN memakai OSI layer tetapi hanya fokus pada layer 1 dan 2. Standar WAN pada umumnya menggambarkan baik metode pengiriman layer 1 dan kebutuhan layer 2, termasuk alamat fisik, aliran data dan enkapsulasi.  Dibawah ini yaitu organisasi yang mengatur standar WAN.

Teknologi komputer dari hari ke hari terus mengalami perkembangan yang significan Jaringan Wan : Pengertian, Fungsi, Perangkat Hardware, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Referensi Jaringan Wan


Protokol layer 1 menjelaskan bagaimana menyediakan secara elektris, mekanis, operasi dan fungsi koneksi yang disediakan oleh service provider. Beberapa standar fisik dan konektornya digambarkan dibawah ini.

Teknologi komputer dari hari ke hari terus mengalami perkembangan yang significan Jaringan Wan : Pengertian, Fungsi, Perangkat Hardware, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Referensi Jaringan Wan


Data link layer menjelaskan bagaimana data dienkapsulasi untuk transmisi ke remote site, dan prosedur untuk pengiriman yang menghasilkan frame. Ada bermacam–macam teknologi yang dipakai menyerupai ISDN, Frame Relay atau Asynchronous Transfer Mode (ATM).  Protokol ini memakai dasar prosedur framing yang sama, yaitu High-Level Data Link Control (HDLC) atau satu dari beberapa variannya menyerupai Point to Point Protocol.

Kekurangan dan Kelebihan jaringan WAN

Jika dilihat dari fungsinya, sebetulnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama menyerupai LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan.

WAN intinya yaitu kumpulan LAN yang saling terhubung yang ada diberbagai lokasi. untuk menghubungkan jaringan LAN hingga membentuk jaringan WAN dibutuhkan sebuah device yaitu router.

Kelebihan jaringan WAN

Kelebihan dari jaringan wan yaitu sebagai berikut:
  • Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini sanggup memakai data yang sama.
  • Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga bisa menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di lakukan secara cepat.
  • Dapat menyebarkan resources dengan koneksi workstations.

Kekurangan WAN

Sedangkan kekurangan dari jaringan wan yaitu sebagai berikut:
  • Biaya operasional mahal  lantaran maintenanya sangat luas.
  • Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diharapkan juga sangat mahal.
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan sanggup mengganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap hacker atau bahaya dari luar lainnya.

Contoh Implementasi dan Penggunaan WAN

Untuk lebih memahami lagi megnenai implementasi dari WAN, maka berikut ini yaitu beberapa pola dan juga aplikasi dari jaringan WAN dalam kehidupan sehari-hari :

1. Internet

Internet merupakan salah satu pola nyata dan juga kasatmata dari sebuah jaringan WAN. Dengan adanya internet, maka setiap komputer akan saling terhubung satu sama lain di dalam sebuah jaringan yang sifatnya luas dan juga international. Dengan begitu setiap komputer, terutama komputer pribadi pun bisa saling terhubung satu sama lain dengan memakai jaringan internet, yang merupakan salah satu implementasi dari jaringan WAN ini.

2. Jaringan WAN yang diimplementasikan pada perusahaan nasional atau internasional


Sebagai sebuah perusahaan nasional atau international, maka masuk akal bahwa perusahaan tersebut mempunyai banyak kantor cabang dan juga kantor perwakilan di beberapa Negara berbeda. Untuk sanggup saling mengkoneksikan komputer di kantor pusat dan juga kantor cabang dan juga kantor perwakilan di beberapa Negara tersebut, maka digunakanlah pronsip dari WAN untuk sanggup mengkoneksikan komputer tersebut.

Contohnya misalnya:
  • Jaringan wan yang menghubungkan komputer antar gerai alfamart.

  • Jaringan yang menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang, contohnya untuk bank. Bank biasanya mempunyai kantor pusat dan juga kantor cabang yang tersebar di beberapa kota, untuk saling komunikasi data lewat jaringan, perusahaan tersebut harus mengimplementasikan jaringan wan.

Itulah bahan singkat terang dan padat terkait Jaringan WAN : pengertian, fungsi, perangkat hardware dan pola jaringan wan, semoga artikel di atas sanggup membantu apa yang sedang anda pelajari.