Materi Soal Ulangan Bahasa Indonesia Plus Kunci Jawaban Tingkat SMP

Materi soal ulangan bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban untuk tingkat kelas SMP yang berguna untuk menghadapi ujian nasional 2017. Adik-adik dapat mempelajarinya dengan latihan soal-soal dibawah ini yang sering mempunyai kesamaan dengan soal ujian nasional.

Materi soal ulangan bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban Materi Soal Ulangan Bahasa Indonesia Plus Kunci Jawaban Tingkat SMP

Bacalah teks berikut, kemudian adik-adik kerjakan soal nomor 1 s.d. 3 ! 
Pengemudi ojek berbasis aplikasi kerap mengangkut penumpang di sembarang tempat. Mereka tanpa mengindahkan rambu lalu lintas. Keberadaan mereka yang kerap mangkal di tempat tak semestinya dikeluhkan masyarakat. Khususnya pejalan kaki kalau kendaraan mereka park ir di trotoar. Pengemudi ojek online sebenarnya memiliki ciri khas terus berpindah atau mobile. Fenomena pengemudi ojek online yang berkumpul di suatu tempat perlu dipertanyakan. Makanya ojek online tidak perlu tempat mangkal.
1. Makna kata fenomena pada teks tersebut adalah …

A. komunitas masyarakat
B. kejadian yang luar biasa
C. keberadaan masyarakat
D. tempat yang tidak resmi

2. Pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ?

A. Bagaimana memesan ojek online ?
B. Mengapa ojek online tidak perlu tempat mangkal ?
C. Bagaimana caranya ojek online mencari penumpang ?
D. Mengapa masyarakat sangat membutuhkan keberadaan ojek online ?

3. Simpulan isi dari teks tersebut adalah ?

A. Pengemudi ojek online harus mempunyai surat-surat yang lengkap.
B. Masyarakat perkotaan sangat terbantu dengan keberadaan ojek online.
C. Keberadaan ojek online saat mencari penumpang perlu ditertibkan.
D. Pengelola ojek online harus menertibkan pengemudinya yang merugikan penumpang.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5 ! 
       ⁽¹⁾Fenomena bus tololet tengah menjadi isu hangat yang mendunia. ⁽²⁾Rupanya, hal itu menarik perhatian semua kalangan. ⁽³⁾Bahkan Menteri Perhubungan, Karya Sumadi berencana menggelar kompetensi bunyi klakson tololet. ⁽⁴⁾Lomba ini akan dikreasikan dengan musik lainnya bagi bus-bus atau truk-truk pengangkut barang.
         ⁽¹⁾Fenomena ini merupakan bagian dari kreativitas masyarakat. ⁽²⁾Ini bisa menjadi daya tarik agar masyarakat menyenangi kembali bus angkutan umum. ⁽³⁾Pemerintah tidak melarang terkait dengan tololet. ⁽⁴⁾Namun, pemerintah mengimbau agar hal itu dilakukan secara aman. (Media Indonesia, 23 Desember 2016)
4. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah …

A. tidak ada pelarangan tololet
B. tololet proses kreatif masyarakat
C. imbauan pemerintah atas tololet
D. bus angkutan umum digemari masyarakat

5. Kalimat utama paragraf pertama ditandai nomor …

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah teks berikut !
⁽¹⁾Berbagai kenaikan tarif di awal tahun 2017 membuat masyarakat semakin terbebani. ⁽²⁾Pasalnya, selain banyak komponen yang naik, ada yang kenaikannya 200% lebih. ⁽³⁾Pemerintah memandang perlu kenaikan ini untuk meningkatkan kualitas layanan. ⁽⁴⁾Bahkan beberapa tarif sudah lama tidak mengalami kenaikan. ⁽⁵⁾Biaya administrasi STNK dan BPKB sudah lama tidak mengalami kenaikan.
Pendapat yang menyatakan mendukung pada teks tersebut ditandai nomor ?

A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

7. Bacalah teks berikut !
         Cabai ternyata dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Itulah hasil penelitian Universitas Ruhr, Jerman. Hasil penelitiannya diterbitkan dalam Breast Cancer: Targets and Therapy. Penelitian dipimpin Hans Hatt dan Lea Weber. 
          Dalam cabai ditemukan bahan aktif yang disebut capsaicin—pada kultur sel SUM149PT. Capsaicin bermanfaat untuk menginduksi kematian dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Banyak sel tumor mati dalam jumlah lebih besar dan yang tersisa tidak dapat bergerak secepat sebelumnya. (Koran Sindo, 4 Januari 2017)
Ringkasan teks tersebut adalah ?

A. Universitas Ruhr menemukan obat anti kanker pada cabai capsaicin.
B. Cabai dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara karena mengandung capsaicin.
C. Cabai mengandung bahan aktif seperti capsaicin yang dapat membunuh sel kanker payudara yang masih tersisa.
D. Cabai dapat mengobati kanker payudara sehingga para peneliti Universitas Rohr, Jerman, meneliti bahan aktif.

8. Bacalah kedua teks laporan berikut !

                                                                       Teks 1
Pukul 06.00 peserta Orientasi Paskibra SMP Angsa Biru sudah tiba di lokasi. Setelah 30 menit mereka berbenah dan mempersiapkan diri upacara pembukaan dimulai. Pukul 08.45 upacara pembukaan selesai. Peserta diberi waktu 30 menit untuk istirahat. Setelah itu acara dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris dengan berbagai formasi.
                                                                       Teks 2
Kempa 18 dipilih sebagai lokasi untuk acara Orientasi Pramuka SMP Angsa Biru. Tempatnya cukup strategis dan mudah terlihat dari pintu utama masuk. Jaraknya kurang lebih 300 meter dari pos utama. Lokasinya nyaman, bersih, dan MCK-nya berfungsi dengan baik. Begitu pun aliran listrik mudah dijangkau. Akses jalannya pun baik.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …

Materi soal ulangan bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban Materi Soal Ulangan Bahasa Indonesia Plus Kunci Jawaban Tingkat SMP

9. Bacalah teks berikut !

              ⁽¹⁾Buku kumpulan sajak ini memuat 102 judul puisi. Penggunaan bahasa yang lugas, tetapi mengandung makna dalam, misalnya Bunga-bunga Di Halaman. Ini adalah gambaran kehidupan yang dikemukakan nampak ringan, tetapi dalam.
             ⁽²⁾Sapardi memang lihai mengeksploitasi alam ke dalam kertas. Alam sekitar seolah-olah berbicara dengan segala keluguan dan keikhlasannya.
             ⁽³⁾Buku ini memang agak sulit dipahami bagi mereka yang kurang mendalami seni sastra terutama puisi. Kata-kata harus dimakanai bukan yang dibunyikan karena simbol dari kata itu jauh lebih dalam.
            ⁽⁴⁾Buku ini ditulis pada kertas koran tetapi cover cukup bagus. Bahkan cover dengan gambar daun berjatuhan dan rinai air hujan sudah menggambarkan isi buku tersebut.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat ?

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

Nah adik-adik untuk materi soal ulangan bahasa indonesia lebih lengkkap lebih lengkap dapat di download DISINI dan KUNCI JAWABAN. Diperlukan koreksi ulang untuk semua jawaban agar adik-adik lebih mudah dalam latihan pembelajaran. Share yah guys !