Selasa, 03 Maret 2020

Melengkapi Istilah atau Kata atau Kalimat

Momod ads.id
Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan antar unsur-unsurnya, baik antargagasan utama dan gagasan penjelasnya, maupun antarkalimat-kalimatnya.
 Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan antar unsur Melengkapi Istilah atau Kata atau Kalimat
Dasar paragraf yang baik, tidak ada satu gagasan penjelas atau kalimat-kalimat yang menyimpang dari gagasan utamanya. Paragraf yang baik harus memenuhi kepaduan makna (Koherensi) dan kepaduan bentuk (Kohesi).

Kepaduan Makna (koherensi)
Kekompakan antargagasan yang ditemukan dalam kalimat yang satu dengan yang lainnya. Setiap kalimat memiliki hubungan timbal balik dan bersama-sama membahas satu gagasan utama.

Kepaduan Bentuk (kohesi)
Kepaduan makna berhubungan dengan isi. Kepaduan bentuk berhubungan dengan penggunaan bahasa. Oleh sebab itu, untuk menjalin kekoherensian suatu paragraf perlu didukung kata-kata dan kalimat-kalimat yang padu.

Salah satu bentuk kegiatan dalam melengkapi paragraf adalah melengkapi kalimat satu teks yang dirumpangkan atau dikosongkan. Melengkapi kalimat rumpang berarti harus jeli dan memahami maknanya. Selain memahami maknanya, unsur diksi atau pilihan kata harus diperhatikan agar kalimat itu bermakna. Ada beberapa. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, antara lain adalah memerhatikan kata atau kalimat sebelum dan sesudah dirumpangkan.